Cara Setor Tunai BCA di ATM

12 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 24 Feb 2022

Hampir seluruh bank saat ini telah menyediakan layanan setor tunai melalui mesin ATM yang tersebar di berbagai tempat. Salah satu bank yang menyediakan layanan ATM dan memiliki banyak nasabah yakni BCA (Bank Central Asia). Melalui artikel ini, akan dijelaskan cara setor tunai di ATM BCA. Yuk simak sampai akhir!

Baca juga: Butuh Pinjaman Online Bunga Kecil? Pilih Kredit Pintar!


Jenis-Jenis ATM

Sebelum membahas mengenai panduan setor tunai ATM BCA, terlebih dahulu harus kita ketahui jenis-jenis ATM. Berdasarkan layanan yang disediakannya, ATM dibedakan menjadi:

1. ATM Tunai

Sesuai dengan namanya, ATM tunai merupakan mesin ATM yang fungsinya adalah untuk melakukan penarikan sejumlah uang. Jenis ATM ini merupakan salah satu yang paling sering kita temui. Biasanya, ATM tunai terdiri dari opsi pecahan Rp50.000 dan Rp100.000. ATM dengan opsi pecahan Rp50.000 artinya mesin tersebut hanya bisa mengeluarkan pecahan lima puluh ribu, begitu juga dengan opsi pecahan Rp100.000.

2. ATM Nontunai

ATM nontunai adalah mesin ATM yang disediakan untuk melakukan transaksi nontunai. Artinya, mesin ini tidak dapat digunakan untuk menarik uang. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan dengan mesin atm jenis ini, misalnya transfer, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, tiket, e-money, dan sebagainya. 

3. ATM Setor Tunai

ATM setor tunai adalah jenis ATM yang dapat digunakan untuk melakukan penyetoran sejumlah uang ke rekening. Dengan adanya jenis ATM ini, kamu tidak perlu repot datang ke bank untuk melakukan setor tunai.

Cara Setor Tunai BCA

Bank Central Asia (BCA) adalah sebuah bank swasta yang didirikan pada 21 Februari 1957. Dengan jumlah nasabah mencapai lebih dari 28 juta, BCA menjadi salah satu bank swasta terbesar di Indonesia. Sebagaimana data yang tertera pada laman resmi BCA, bank ini memiliki total aset hingga 1.228T dengan total kredit mencapai 637T, 1.242 kantor cabang, dan 18.034 mesin ATM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berdasarkan penjelasan tentang jenis-jenis ATM di atas, salah satu jenis mesin ATM yang banyak tersedia di tempat umum adalah ATM setor tunai. BCA sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia tentu juga menyediakan layanan mesin ini. ATM setor tunai disediakan agar nasabah tidak perlu repot mengantri di bank untuk menyetor sejumlah uang. 

Baca juga: Jenis Aplikasi Kredit Online untuk Segala Kebutuhan

Terdapat dua cara setor tunai BCA, yakni setor dengan kartu dan setor tanpa kartu.

1. Setor Tunai Menggunakan Kartu

Setor tunai menggunakan kartu merupakan cara yang paling umum dilakukan oleh nasabah. Untuk melakukan setor tunai dengan cara ini, pertama-tama kita perlu mencari ATM yang menyediakan layanan setor tunai terlebih dahulu.

Untuk menemukannya cukup mudah, biasanya pada mesin ATM tertera informasi terkait apakah mesin tersebut dapat melakukan setor tunai atau tidak. Jika mesin yang kamu temukan memiliki layanan setor tunai, maka langkah selanjutnya ialah memasukkan kartu ATM dan menekan pin.

Pada layar akan muncul beberapa menu, pilih menu bertuliskan “setor tunai”. Tidak lama kemudian, mesin akan melakukan proses untuk membuka tempat meletakkan uang. Uang yang dapat disetor hanyalah pecahan Rp50.000 dan Rp100.000. Untuk menghindari kegagalan transaksi, pastikan uang yang disetor telah ditata dengan baik dan jangan sampai ada yang terlipat. Selain itu, uang yang disetor juga sebaiknya merupakan uang dengan kondisi baik.

Setelah uang dimasukkan, pada layar akan tertera nominal yang disetor. Pastikan jumlah yang tertera sama dengan jumlah uang yang kamu masukkan, ya! Jika sudah cocok kamu dapat tekan menu “next/selanjutnya” dan mesin ATM akan melakukan proses penyetoran ke rekeningmu. Jangan lupa mengecek saldo setelah melakukan proses transaksi, ya!

Jika kamu ingin melakukan penyetoran tunai ke rekening lain, kamu dapat memasukkan rekening tujuan dan menekan opsi “benar” lalu akan muncul informasi terkait nama, nomor rekening, dan nominal yang disetor. Pastikan semuanya sudah benar sebelum melakukan konfirmasi.

2. Setor Tunai Tanpa Kartu

Metode lain yang dapat dilakukan untuk melakukan setor tunai yakni setor tunai tanpa kartu. Pertama-tama, kamu harus memiliki aplikasi mobile banking (m-BCA) dan mendaftarkan rekeningmu terlebih dahulu. Adapun aplikasi dapat kamu unduh melalui Playstore.

Setelah masuk m-BCA, pilih menu “cardless” yang tertera pada layar ponsel. Di bagian “cardless”, kamu akan menemukan pilihan “setor tunai” yang bisa kamu klik. Jika sudah meng-klik menu tersebut, pada layar ponsel akan muncul pilihan apakah kamu akan melakukan setor ke rekening sendiri atau rekening lain.

Apabila kamu hendak melakukan setor tunai ke rekening pribadi, pilih opsi “rekening sendiri” lalu tekan “OK”. Aplikasi kemudian akan mengarahkan kamu untuk memasukkan pin. Setelah proses selesai dilakukan, kamu akan mendapat kode transaksi. Jangan lupa dicatat atau di-screenshoot, ya!

Langkah selanjutnya adalah mencari ATM terdekat yang dapat melakukan layanan setor tunai. Jika sudah kamu temukan, pilih opsi “cardless” lalu masukkan nomor telepon yang telah terdaftar di akun m-BCA. Setelah itu, ketikkan kode transaksi yang kamu dapat di m-BCA. ATM akan mengarahkanmu ke halaman konfirmasi berisi nominal uang yang kamu setor. Pilih “setor” dan tunggu beberapa saat hingga transaksi dinyatakan berhasil.

Selain dua cara setor tunai BCA di atas, kamu juga bisa melakukannya melalui bank, hanya saja metode tersebut dinilai kurang efektif karena nasabah harus antre dan tidak dapat dilakukan di luar jam/hari kerja.

Dalam melakukan setor tunai, kamu juga perlu memperhatikan beberapa tips, antara lain memastikan lokasi ATM berada di tempat yang aman, memperhatikan mesin apakah ada tambahan alat yang mencurigakan atau tidak, memperhatikan keyboard dan memastikan kondisinya tidak terbuka, serta memastikan mesin ATM tidak mengandung skimmer dengan cara menggoyang-goyangkan mulut ATM (tempat keluarnya uang). Hal-hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari kemungkinan adanya penipuan.

Nah, demikian tadi serangkaian cara setor tunai BCA. Pastikan setiap langkah yang dilakukan, baik pada metode “dengan kartu” maupun “tanpa kartu” sudah benar dan jangan sampai ada step yang terlewat, ya! Jika terjadi gangguan atau kendala lainnya, segera hubungi call center BCA. Selamat mencoba! 

Baca juga: Cara Membuat Paspor: Cara, Prosedur, dan Biaya

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
24 Feb 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download