Cara Ngilangin Bruntusan Paling Efektif

04 Apr 2022 by Laruan, Last edit: 14 Jul 2022

Bruntusan merupakan salah satu masalah kulit pada wajah yang membuat banyak orang insecure, sebab tidak jarang orang-orang merasa bruntusan mengganggu tampilan wajah mereka. Karena itu tak heran jika banyak orang mencari cara ngilangin bruntusan yang tepat dan efektif. 

Cara Ngilangin Bruntusan Paling Efektif

Bruntusan adalah kondisi kulit wajah dimana permukaannya terasa tidak rata dan kasar, juga sering kali beberapa titik wajah memiliki lebih gelap dibanding area lainnya. Meskipun bruntusan terasa sangat mengganggu di wajah, faktanya, kondisi kulit ini dapat muncul di daerah tubuh lain seperti bahu, punggung, leher, dan area tubuh lainnya. 

Gangguan yang mempunyai nama ilmiah papules ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya dermatitis (peradangan pada kulit), perubahan hormonal pada tubuh, kondisi stress, alergi, keringat berlebih, hingga penggunaan produk kecantikan yang tidak cocok bagi kulit Sobat Pintar. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Produk Perawatan Kulit, Dijamin Wajah Jadi Glowing!

Kondisi kulit ini kerap ditemukan di area wajah lain yang rentan terkena keringat seperti dahi, hidung, dan dagu. Hal ini disebabkan oleh ekskresi keringat berlebih. Selain faktor tersebut, masalah kulit lain yang dapat dikategorikan sebagai bruntusan diantaranya komedo (penyumbatan pori-pori kulit oleh minyak dan sel kulit mati), jerawat, milia (kista kecil pada wajah yang tidak berbahaya), alergi, dan lainya.  

cara ngilangin bruntusan pada wajah

Cara Ngilangin Bruntusan Paling Efektif

Meskipun bruntusan tidak begitu beresiko pada kondisi kesehatan kamu, namun saat muncul di banyak area dalam wajah, terkadang dapat mengurangi kepercayaan diri. Oleh sebab itu, berikut beberapa cara ngilangin bruntusan pada wajah yang dapat kamu coba.

Membersihkan wajah dengan metode double-cleansing

Membersihkan wajah merupakan aktivitas rutin harian yang mesti kamu lakukan jika ingin menghindari bruntusan. Terlebih untuk Sobat Pintar yang sering beraktivitas di ruang terbuka dalam waktu yang lama. 

Sebab di ruang terbuka ada banyak polusi udara, asap kendaraan, paparan sinar matahari. Belum lagi make-up tebal yang digunakan seharian. Kamu wajib membersihkan wajah dengan metode double cleansing. 

Double-cleansing merupakan istilah yang berarti membersihkan wajah dengan lebih seksama dan telaten. Fungsinya untuk memastikan wajah sepenuhnya terlepas dari berbagai macam kotoran yang dapat memicu bruntusan. Metode double-cleansing yang bisa kamu terapkan adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan first cleaner

cara ngilangin bruntusan menggunakan metode double-cleansing bisa dimulai dengan menerapkan first cleaner yang bersifat oily untuk mengangkat kotoran di wajah. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan milk cleanser, makeup remover, ataupun micellar water. 

  1. Gunakan face wash

Tahap selanjutnya adalah menggunakan face wash, atau produk-produk pembersih wajah yang umum digunakan. Pada beberapa kasus bruntusan, sangat penting untuk memilih pembersih wajah yang lembut dan hypoallergenic, sehingga tidak menyebabkan alergi dan kulit kering. 

Mengoleskan tabir surya

Penggunaan tabir surya selalu menjadi tameng penangkal radikal bebas dan iritasi akibat paparan sinar matahari. Tentu saja, banyaknya aktivitas di luar ruangan membuat paparan sinar matahari menjadi resiko yang tidak terhindarkan. 

Yang lebih buruk, hal ini dapat memperparah kondisi bruntusan pada wajah. Oleh sebab itu, sangat penting menggunakan tabir surya saat melakukan aktivitas di dalam maupun di luar ruangan. 

Untuk kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan, tabir surya dapat membantu mencegah kondisi bruntusan menjadi lebih parah dan tentu saja mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan, bahkan kanker kulit. 

Sedangkan untuk kamu yang banyak melakukan aktivitas di dalam ruangan, tabir surya efektif untuk mencegah radiasi cahaya dari layar komputer merusak kulit. Sebab radiasi dari layar komputer dapat memberi pengaruh buruk pada wajah kamu. Usahakan untuk rutin mengoleskan tabir surya pada wajah kamu setiap 2-3 jam sekali. 

Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah salah satu metode perawatan untuk menghilangkan bruntusan dan sel-sel kulit mati pada wajah. Meskipun kamu telah berusaha menghilangkan kotoran wajah dengan metode double-cleansing saat membersihkan wajah, namun tentu saja ada satu atau dua titik yang terlewat, sehingga penumpukan kotoran disertai produksi sel-sel kulit mati pada wajah tentu memerlukan perawatan ekstra. 

Eksfoliasi kulit sangat efektif dalam mengangkat sel-sel kulit mati dan memperhalus kulit wajah kamu, loh. Namun tak perlu tiap hari, kamu cukup melakukan eksfoliasi sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. 

Baca juga: Mengatasi Kulit Kusam, Ternyata Mudah!

Terdapat dua jenis eksfoliasi yang bisa kamu gunakan, yakni eksfoliasi secara mekanis dan kimiawi. Eksfoliasi mekanik atau eksfoliasi fisik merupakan metode pengangkatan sel-sel kulit mati dengan scrub wajah tanpa bahan kimia. 

Sedangkan eksfoliasi kimia menggunakan bahan-bahan eksfoliator kimiawi seperti AHA, BHA, PHA, dan lainnya. Jika kulit kamu tergolong kulit sensitif, maka tidak disarankan menggunakan metode eksfoliasi mekanik sebab dapat memicu kemerahan dan iritasi.   

Selektif memilih skin care

Penggunaan skin care abal-abal juga dapat menjadi cikal-bakal terjadinya bruntusan pada wajah. Penggunaan skin care yang mengandung bahan yang tidak cocok dengan kulit kamu dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat, iritasi, komedo, dan masalah kulit lain yang dapat berakhir sebagai bruntusan. 

Kondisi kulit tiap orang yang berbeda-beda menyebabkan kamu harus ekstra hati-hati dalam memilih skincare. Seringkali, skin care yang cocok bagi kulit saudara atau teman kamu, justru tidak cocok dengan kulit kamu. 

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter ahli kulit untuk mengetahui jenis kulit dan pencetus alergi untuk dapat memilih kandungan produk skin care yang paling sesuai bagi kulit wajah kamu. 

Menghindari pencetus alergi

Selain penggunaan skin care, alergi dan iritasi wajah juga dapat menjadi cikal-bakal terbentuknya bruntusan yang sangat mengganggu. Karena kulit setiap orang berbeda-beda, maka tidak heran jika setiap orang memiliki kebutuhan kulit dan masalah kulit yang berbeda-beda, seperti riwayat eksim ataupun kulit sensitif pada hal-hal tertentu. 

Hal ini tentu saja dapat menjadi pemicu bruntusan, sehingga penting untuk mengidentifikasi agen allergen kamu. Beberapa orang juga bisa mengalami kulit kemerahan saat memakan aneka seafood, atau kacang-kacangan. 

Karena itu, sangat penting untuk mengidentifikasi produk yang menyebabkan alergi. Tidak hanya konsultasi dengan ahlinya, kamu juga dapat melakukan hal ini sendiri, dengan rutin memperhatikan konsumsi makanan dan kondisi kulit secara berkala. 

Menggunakan bahan-bahan alami 

cara ngilangin bruntusan yang terakhir adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Ini adalah salah satu alternatif yang sudah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu dan kerap menjadi inspirasi peneliti untuk menciptakan kandungan tertentu dalam skin care. 

Bahan-bahan alami ini bisa dengan mudah ditemukan di sekitarmu, seperti madu untuk mencerahkan kulit dan mengurangi bruntusan, es balok/ es batu untuk mengecilkan pori-pori pada wajah, atau lemon dengan kandungan asam yang cocok untuk mengurangi bruntusan pada penderita dengan kulit sensitif. 

Baca juga: Tidak Sulit, Begini Loh Tips Awet Muda yang Cepat Efeknya!

Namun perlu digaris bawahi bahwa penggunaan bahan-bahan alami ini juga tidak sepenuhnya aman, sebab penggunaannya tidak memiliki kadar/dosis yang pasti, serta kandungan lain dari bahan tertentu juga dapat berdampak buruk bagi kulit. 

Itulah beberapa cara ngilangin bruntusan pada wajah yang bisa kamu coba. Meskipun bruntusan dapat mengurangi kepercayaan diri, namun sejatinya kecantikan diri berasal dari dalam, dengan tetap mencintai diri sendiri dan terus berusaha mengembangkan kemampuan yang kamu miliki. 
Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download