Cara Merebus Telur dengan Tingkat Kematangan Berbeda

10 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 17 Feb 2022

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memasak telur menjadi hidangan yang sedap. Namun, ada satu cara mudah yang pastinya bisa dilakukan oleh semua orang, yaitu dengan cara direbus. Cara merebus telur meskipun nampak mudah, ternyata jika dilakukan dengan durasi waktu yang berbeda juga bisa mempengaruhi tingkat kematangan dari telur.  

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\PIC\2\Cara Merebus Telur dengan Tingkat Kematangan Berbeda.jpg

Untuk itu, jika Sobat Pintar ingin menghasilkan masakan telur dengan tingkat kematangan tertentu, waktu dalam merebus telur harus diperhatikan dengan baik. Supaya lebih mengetahui tentang cara merebus telur sesuai dengan tingkat kematangan berbeda, berikut sudah ada penjelasan lengkap untuk setiap tahapannya. Yuk simak!

Persiapan dan Cara Merebus Telur

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\PIC\2\Persiapan dan Cara Merebus Telur.jpg

Dibandingkan dengan cara memasak telur yang lain, merebus telur diketahui jadi cara pengolahan telur yang paling menyehatkan. Ini dikarenakan kandungan vitamin, mineral, dan proteinnya bisa tetap terjaga. Oleh karena itu, cara merebus telur tidak bisa dianggap enteng. Jika tingkat kematangan terlalu tinggi, maka nutrisi dari telur bisa saja hilang. 

Sebelum mulai merebus telur dengan durasi waktu yang berbeda, ada beberapa langkah persiapan yang bisa dilakukan. Berikut cara lengkapnya.

Siapkan Panci dan Masukkan Air Sesuai Kebutuhan

Persiapan pertama dalam cara merebus telur tidak lain dengan menyiapkan peralatan seperti panci. Usahakan ukuran panci tidak terlalu kecil atau setidaknya sesuai dengan jumlah telur yang akan direbus. Dalam memasukkan air, pastikan jika air tersebut tidak terlalu sedikit dan bisa menutupi seluruh permukaan telur yang direbus. 

Baca juga: 3 Manfaat Telur Setengah Matang bagi Tubuh 

Jika telur tidak semuanya terendam dalam air saat direbus, maka akan membuat kematangan telur jadi tidak merata. Sehingga, ini harus diperhatikan jika ingin mendapatkan tingkat kematangan yang sama dan merata. 

Panaskan Air Hingga Mendidih

Pada tahap ini, Sobat Pintar bisa memulai memanaskan air hingga mendidih. Jangan memasukkan telur terlebih dahulu sebelum air mendidih. Memasukkan telur ke dalam panci di saat air masih belum mendidih membuat telur jadi lebih susah untuk dikupas. Jadi, akan lebih baik kalau menunggu hingga air benar-benar mendidih. 

Masukkan Telur dengan Perlahan

Saat air sudah mendidih, mulai masukkan telur secara perlahan. Berhati-hatilah dalam memasukkan telur karena bisa saja telur pecah saat terkena bagian bawah panci. Biasanya hal ini akan menyebabkan bagian putih telur keluar dan membuat bentuk telur tak lagi apik. 

Masak dengan Api Kecil Hingga Sedang

Dalam cara merebus telur, usahakan untuk menggunakan api yang tidak terlalu besar. Hal tersebut dilakukan supaya guncangan dalam telur tidak terlalu besar, hingga membuat telur pecah. Maksimal gunakan api sedang dan selanjutnya tetap perhatikan pula waktu perebusan untuk mendapat tingkat kematangan yang pas. 

Perbedaan Waktu dan Tingkat Kematangan Merebus Telur

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\PIC\2\Perbedaan Waktu dan Tingkat Kematangan Merebus Telur.jpg

Variasi waktu dalam merebus telur sangat berpengaruh dengan tekstur dan rasa dari telur itu sendiri. Beberapa orang menggunakan waktu merebus yang berbeda untuk mendapatkan tekstur dan rasa yang sesuai dengan selera mereka. Ada banyak macam waktu dalam cara merebus telur seperti yang bisa disimak berikut. 

4 Menit

Merebus telur dalam waktu 4 menit akan menghasilkan telur dengan tingkat kematangan putih telur yang matang. Tetapi, bagian kuningnya masih setengah matang. Biasanya tingkat kematangan telur ini digunakan sebagai lauk pendamping makan mie instan seperti ramen. 

5 Menit

Berbeda satu menit dengan sebelumnya, merebus telur hingga waktu 5 menit akan membuat hasil putih telur matang dan kuning telur masih cenderung encer. 

Baca juga: 3 Cara Membuat Kacang Telur dengan Mudah 

6 Menit

Dalam kurun waktu 6 menit, bagian kuning telur sudah agak lengket. Sedangkan, bagian putihnya sudah cukup keras. 

8 Menit

Pada menit kedelapan, sebenarnya telur sudah bisa dikatakan matang. Akan tetapi, pada bagian kuning telur masih agak lengket dan warnanya cenderung keemasan. Bisa dikatakan kalau kuning telurnya masih cukup lunak. Lalu, untuk putih telurnya sudah cukup keras. 

10 Menit

Saat waktu 10 menit, tekstur kuning telurnya sudah agak keras. Namun, pada bagian tengahnya masih cenderung sedikit lunak. 

12 Menit

Pada waktu 12 menit, kondisi telur hampir matang dengan kuning telur yang sudah cukup keras, begitu juga dengan putih telurnya. 

14 Menit

Di menit yang keempat belas, kondisi telur sebenarnya sudah dikategorikan sebagai benar-benar matang. Ciri-cirinya terlihat pada bagian telur putih yang keras dengan warna kuning telur pucat. Untuk teksturnya kering dan renyah. 

Setelah mengetahui perbedaan waktu dalam cara merebus telur yang tepat, maka proses berikutnya adalah mengangkat telur yang sudah masak. Sobat Pintar bisa memilih memindahkan ke wadah yang sudah berisi es batu. Ini dilakukan untuk membuat telur jadi lebih cepat dingin, sehingga lebih cepat untuk dikonsumsi. 

Cara Konsumsi Telur Selain direbus

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\PIC\2\Cara Konsumsi Telur Selain direbus.jpg

Selain cara merebus telur seperti di atas, Sobat Pintar juga masih bisa menyantap masakan telur dengan cara lainnya. Misalnya dengan cara mengukus, memanggang, dan menggunakan panci presto. Hasilnya tidak akan kalah dengan telur rebus, karena tekstur yang didapatkan juga tidak jauh beda. 

Cara Konsumsi Telur dengan dikukus

Memasak telur dengan cara dikukus bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut.

  1. Siapkan panci kukusan dan isi dengan air sebanyak 16 hingga 32 ml air. 
  2. Panaskan air hingga mendidih.
  3. Letakkan telur dalam wadah kukusan, hati-hati dalam menaruh telur supaya tidak sampai pecah, kemudian tutup panci.
  4. Kukus selama 5 sampai 6 menit jika ingin mendapatkan telur dengan hasil setengah matang.
  5. Jika ingin mendapatkan hasil yang matang penuh, kukus selama 12 menit. 
  6. Setelah waktu mengukus selesai, angkat telur dan dinginkan di wadah yang sudah diberi es batu. 

Cara Konsumsi Telur dengan dipanggang

Cara satu ini bisa dibilang tidak terlalu populer, namun justru bisa jadi cara yang tak kalah sedap untuk menyantap telur. Caranya bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut.

  1. Panaskah terlebih dahulu oven dengan suhu 180°C. 
  2. Gunakan loyang muffin untuk lebih memudahkan. Masukkan satu telur di setiap bundaran loyang. 
  3. Untuk mendapat tekstur kuning yang encer dan lembut, usahakan untuk memanggangnya dalam waktu 22 menit.
  4. Jika ingin mendapatkan kematangan penuh, maka waktu memanggang bisa dimaksimalkan hingga 30 menit.
  5. Apabila sudah matang sesuai selera, angkat telur dan rendam di wadah yang sudah berisi es batu.

Baca juga: Resep Telur Gulung: Cara Mudah Masak Telur Di Rumah 

Cara Konsumsi Telur dengan Menggunakan Panci Presto

Ada satu lagi cara yang bisa digunakan oleh Sobat Pintar dalam memasak telur dengan tingkat kematangan yang tak jauh beda dari telur rebus. Caranya bisa dilakukan dengan panci presto dengan tahapan berikut.

  1. Siapkan panci presto dan isi air secukupnya.
  2. Masukkan wadah kukusan, taruh telur dalam wadah tersebut, dan jangan lupa untuk menutup panci dengan rapat.
  3. Jika ingin mendapatkan telur setengah matang, masak dengan tekanan rendah dalam kurun waktu 2 hingga 4 menit.
  4. Apabila ingin telur yang benar-benar matang, masak hingga 7-8 menit. 
  5. Saat tingkat kematangan sudah didapatkan, lepaskan katup tekanan dari panci presto, dan biarkan uapnya keluar.
  6. Buka tutup panci, pindahkan telur ke wadah yang sudah diisi dengan air es. 

Nah, bagaimana mudah bukan cara merebus telur dengan tingkat kematangan yang berbeda? Cara di atas pastinya sangat simple dan bisa dilakukan dengan beberapa langkah saja. Dengan mengonsumsi telur dengan tingkat kematangan yang tepat, pastinya bisa membantu Sobat Pintar mendapatkan nutrisi yang sesuai.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
17 Feb 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download