3 Manfaat Telur Setengah Matang bagi Tubuh

07 Jul 2021 by Laruan

Mengkonsumsi telur setengah matang bagi sebagian orang sangatlah enak. Bahkan di Jepang, masyarakatnya terbiasa untuk mengkonsumsi telur mentah. Namun apa saja manfaat telur setengah matang bagi tubuh? Atau bahkan telur setengah matang berbahaya bagi tubuh? Berikut penjelasan lengkapnya.

Kandungan Gizi Telur 

Dalam satu butir ayam ternyata ada banyak nutrisi yang terkandung. Kandungan yang ada adalah protein, kalori, vitamin A, vitamin B2 (riboflavin), vitamin B12 (cobalamin), vitamin B5 (asam pantotenat), lemak, fosfat dan banyak lagi. Semua kandungan tersebut tentu sangat baik bagi tubuh. 

Akan tetapi tidak hanya kandungan vitamin yang bergizi, di dalam telur juga dapat terkandung bakteri Salmonella enteritidis yang buruk bagi tubuh. Bakteri tersebut dapat menginfeksi saluran pencernaan sehingga dapat menyebabkan diare, mual, muntah dan demam menggigil. 

Tidak perlu takut, bakteri salmonella yang terkandung dalam telur dapat mati dengan proses memasak yang benar. Jika telur matang maka bakteri yang adapun akan mati dengan sendirinya. Lalu bagaimana dengan telur setengah matang? Apakah ada manfaat telur setengah matang?   

Manfaat Telur Setengah Matang 

Tingkat kematangan telur sangatlah beragam, tergantung pada berapa lama Anda merebus telur

Tingkat kematangan telur sangatlah beragam, tergantung pada berapa lama Anda merebus telur. Pada umumnya telur yang matang perlu dimasak 10-15 menit pada air mendidih. Jika Anda ingin memasak telur setengah matang maka disarankan untuk tidak merebus telur lebih dari 8 menit pada air mendidih. 

Walaupun telur setengah matang memiliki resiko bakteri salmonella yang belum mati namun ternyata telur setengah matang juga memiliki manfaat lainnya. Berikut adalah manfaat telur setengah matang bagi tubuh:

  1. Mengandung kolesterol baik 

Telur memang mengandung kolesterol yang agak tinggi, terutama pada kuning telurnya. Para penderita kolesterol dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi kuning telur secara berlebihan. Namun tahukah Anda bahwa telur membawa kolesterol yang baik bagi tubuh? Manfaat telur setengah matang adalah menambah kolestrol akan tetapi kolesterol tersebut tidak mempengaruhi kolesterol dalam darah. 

Organ hati pada manusia pada umumnya memproduksi kolesterol yang cukup untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi 1 butir telur setiap hari maka kebutuhan kolesterol tubuh akan tercukupi sehingga organ hati tidak akan memproduksi kolesterol terlalu banyak. 

  1. Memiliki lebih banyak kandungan vitamin dan mineral 

Dibandingkan dengan telur matang sempurna, telur setengah matang memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Hal tersebut terjadi karena proses memasak yang memerlukan panas akan mempengaruhi beberapa vitamin yang terkandung dalam telur tersebut. 

Vitamin yang sensitif terhadap air dan panas adalah vitamin C dan vitamin B. Terutama vitamin B yang sangat sensitif terhadap panas, jika memasak telur terlalu lama maka kandungan vitamin B akan banyak berkurang. 

  1. Mengandung kolin 

Kolin adalah salah satu senyawa yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui karena kolin dapat membantu perkembangan sel dan berperan dalam menjaga kesehatan otak. 

Tidak hanya untuk ibu hamil dan menyusui, kolin juga diperlukan oleh semua kalangan. Kabar baiknya kolin dapat ditemukan dengan mudah di dalam kandungan nutrisi telur. Dalam satu butir telur, terdapat lebih dari 100 mg kolin. Sehingga dengan mengkonsumsi telur secara rutin dapat mencukupkan kandungan kolin yang diperlukan.  
Telur sangat baik bagi tubuh dan memiliki banyak manfaat yang bisa diperoleh. Tidak terkecuali telur setengah matang, manfaat telur setengah matang pun ada walaupun memiliki pro kontranya dengan telur matang sempurna. Meskipun begitu, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi telur secara rutin terlepas dari tingkat kematangannya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload