Resep Telur Gulung: Cara Mudah Masak Telur Di Rumah

08 Nov 2021 by Laruan

Telur adalah salah satu sumber makanan favorit yang dapat dimasak dengan berbagai cara. Telur dapat dijadikan sebagai menu utama, maupun sebagai pelengkap dari suatu menu makanan. Mulai dari resep telur gulung, dan resep olahan telur lainnya sangat mudah dimasak di rumah. 

Resep Telur Gulung Sederhana

Telur gulung merupakan salah satu olahan telur yang sering dijumpai di drama Korea. Bahan yang diperlukan untuk resep telur gulung cukup sederhana, yaitu telur, susu, wortel, bawang merah/bawang bombai, bawang daun, garam dan merica. 

Tahap membuat resep telur gulung sederhana adalah sebagai berikut:

  1. Pecahkan telur ke dalam mangkuk, tambahkan susu dan garam secukupnya. Kocok semua bahan hingga menyatu sempurna. Kemudian gunakan saringan halus untuk menghilangkan chalaza (bagian putih telur yang berbentuk tali dan tidak dapat menyatu) dan gumpalan. Adonan telur gulung tanpa gumpalan sangat membantu dalam resep telur gulung yang sukses. 
  2. Potong kecil bahan-bahan tambahan seperti wortel, bawang merah/bawang bombai, dan bawang daun, masukkan bahan-bahan tersebut kedalam adonan telur beserta merica secukupnya. Untuk bahan-bahan tambahan dapat divariasikan berdasarkan selera, seperti kol, bayam, dan lain-lain. 
  3. Olesi wajan dengan minyak sayur atau dengan menggunakan margarin, dan panaskan. Kemudian tuang setengah adonan telur, masak dengan menggunakan api kecil hingga setengah matang. Gulung telur dadar setengah matang tersebut dari arah kanan ke tengah wajan. Selanjutnya pindahkan gulungan telur setengah tadi ke bagian kanan wajan.
  4. Selanjutnya, pada setengah bagian wajan yang kosong tersebut, olesi kembali minyak sayur atau margarin. Tambahkan adonan telur tadi ke bagian wajan yang kosong atau di sebelah kiri, dan masak hingga setengah matang. Lanjutkan dengan menggulung dari bagian kanan ke tengah wajan, dan ulangi langkah tersebut hingga adonan telur habis. 
  5. Tahap terakhir adalah potong-potong telur gulung yang telah matang dengan ukuran sesuai selera. 

Saat pertama kali mencoba, resep telur gulung tersebut akan sulit dilakukan. Namun, jika telah mencoba beberapa kali dan terbiasa, akan lebih mudah untuk dilakukan. 

Variasi Olahan Dari Telur yang Mudah Dilakukan Dirumah

Selain resep telur gulung di atas, telur masih dapat diolah dengan beberapa cara lain. Bagi anda yang sudah bosan dengan olahan telur biasa, berikut adalah beberapa rekomendasi variasi olahan telur yang mudah dilakukan dirumah.

  1. Telur Rebus 

Merebus telur adalah cara paling sederhana dalam mengolah telur. Hanya memasukkan telur kedalam air, didihkan dengan api besar selama lebih kurang 10-12 menit. Telur rebus dapat dikonsumsi langsung, atau sebagai pelengkap makanan lain.

Selain itu, anda juga dapat membuat soft boiled egg, yaitu telur rebus setengah matang. Cara memasaknya adalah dengan terlebih dahulu mendidihkan air, masukkan telur dan biarkan selama lebih kurang 5 menit. 

Kelebihan soft boiled egg adalah kuning telur yang meleleh saat dibelah dan tentunya lebih creamy. Telur ini dapat dikonsumsi langsung dengan menambahkan sedikit merica atau garam untuk menghilangkan aroma amis telur. Soft boiled egg juga cocok dijadikan sebagai topping diatas roti bakar dan mie rebus hangat. 

  1. Telur Orak-Arik

Cara memasak yang satu ini juga sangat mudah dilakukan. Olesi wajan dengan minyak sayur atau margarin. Pecahkan telur kedalam wajan, dan kocok telur secara perlahan hingga bagian putih dan kuning telur bersatu.

Telur orak-arik dapat dibuat sesuai selera, yaitu telur orak-arik kering atau telur orak-arik basah. Telur orak-arik kering dapat dibuat dengan menggunakan api yang sedikit lebih besar, biasanya setelah dikocok telur akan berpisah menjadi bagian-bagian kecil.

Sedangkan telur orak-arik basah harus dimasak dengan menggunakan api yang sangat kecil, matikan kompor saat bagian putih dan kuning telur telah menyatu. Kelebihan telur orak-arik basah adalah tekstur yang lebih lembut dan seperti krim, yang dapat ditambahkan sebagai topping di atas roti bakar atau dapat dikonsumsi langsung dengan tambahan sedikit merica dan garam.

  1. Risol Telur

Resep telur yang satu ini wajib dicoba untuk variasi masakan dirumah. Pertama kali siapkan bahan-bahan yang diperlukan, seperti telur, kulit lumpia, potongan daging sapi/ayam, bawang merah/bawang bombai, daun bawang, garam dan merica. 

Langkah pertama adalah membuat telur orak-arik basah seperti yang telah dijelaskan di atas. Selanjutnya tumis bahan tambahan seperti daging dan bawang, campurkan sedikit garam dan merica sesuai selera. Campurkan telur orak-asik basah tadi dengan tumisan, aduk hingga merata menjadi adonan isian risol.

Langkah kedua adalah membungkus adonan isian risol kedalam kulit lumpia, hingga menjadi risol.

Langkah terakhir adalah menggoreng risol dengan menggunakan api besar agar kulit lumpia menjadi sedikit renyah. 

Risol dengan isian telur ini akan memiliki tekstur renyah dan kriuk di bagian luar, serta creamy dan lembut di bagian dalam. Menu ini juga dapat dijadikan sebagai cemilan atau menu sarapan yang mengenyangkan. 

  1. Nuggets Telur

Langkah pertama dalam membuat nuggets telur adalah memasukkan telur dalam mangkuk besar, kocok dengan campuran sedikit garam dan merica. Anda juga dapat menambahkan beberapa bahan campuran seperti potongan daging, udang, atau sayuran. 

Selanjutnya, kukus adonan telur tersebut selama lebih kurang 10 menit, atau pastikan seluruh bagian telur telah mengeras. Biarkan kukusan telur dingin sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. Setelah dingin, potong-potong hasil kukusan tersebut sesuai selera. 

Pada wadah terpisah, kocok telur dan siapkan tepung roti. Lumuri nugget telur yang telah dipotong tadi dengan kocokan telur secara merata, dan balurkan tepung roti. 

Tahap terakhir adalah panaskan wajan dengan minyak goreng, masukkan nugget telur kedalam wajan. Goreng hingga berwarna kekuningan dan tepung roti renyah. 

Manfaat Mengkonsumsi Telur

Setelah mengetahui cara memasak resep telur gulung dan aneka variasi olahan telur di atas, kita harus mengetahui juga manfaat dari mengkonsumsi telur. Berikut adalah beberapa manfaat dari mengkonsumsi telur:

  1. Kaya nutrisi, telur mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh. Dalam setiap butir telur dapat memenuhi kebutuhan vitamin A, B2, B5, B12, D, dan E, folat, omega-3 dan selenium. 
  2. Telur merupakan sumber protein hewani kualitas tinggi yang sempurna untuk tubuh. Protein dalam telur mengandung asam amino esensial untuk mendukung pertumbuhan, pemulihan dan pemeliharaan otot tubuh.
  3. Telur mengandung kolesterol baik, sehingga aman dikonsumsi bagi orang yang memiliki kelainan jantung.
  4. Telur kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang berguna untuk melindungi dan mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan penglihatan, seperti katarak dan gangguan pada retina mata.

Selain menjadi sumber makanan yang harganya murah dan mudah dimasak, telur juga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mulai dari resep telur gulung dan resep-resep olahan telur di atas, dapat menambah variasi anda dalam mengkonsumsi telur. Namun perlu dicatat, semua hal yang berlebihan akan berdampak buruk. Konsumsi telur 2-3 butir per hari, agar mendapatkan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
08 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload