Cara Mengurutkan Nomor di Excel: Panduan Lengkap untuk Pemula

20 Jul 2023 by kreditpintar, Last edit: 07 Jul 2023

Microsoft Excel merupakan salah satu program spreadsheet yang paling populer digunakan untuk mengelola data dan informasi dalam bentuk tabel. Salah satu fitur yang sangat berguna dalam Excel adalah kemampuannya untuk mengurutkan data. 

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengurutkan nomor di Excel dengan langkah-langkah yang mudah diikuti. Apakah Anda adalah pemula yang mempunyai kehendak untuk belajar dasar-dasar mengurutkan data numerik di Excel? Bila iya, maka Anda sudah datang ke tempat yang benar. Mari kita mulai!

Baca juga: Catat! Ini Rumus Excel Yang Paling Sering Dipakai

8 Cara Mengurutkan Nomor di Excel

1. Persiapan Data Anda

Sebelum Anda melangkah ke cara mengurutkan nomor di Excel, pastikan bahwa data yang ingin Anda urutkan berada dalam satu kolom atau rentang sel yang berdekatan. Misalnya, jika Anda ingin mengurutkan nomor pada kolom A, pastikan bahwa semua nomor tersebut berada dalam rentang sel A1:A10. Jika data Anda melibatkan kolom-kolom lain, pastikan untuk menyelaraskan kolom-kolom tersebut agar nomor-nomor yang sesuai tetap berada pada baris yang sama.

2. Pilih Data yang Ingin Diurutkan

Setelah data Anda siap, cara mengurutkan nomor di Excel berikutnya adalah memilih data yang ingin Anda urutkan. Anda dapat melakukannya dengan mengklik sel pertama yang berisi nomor dan menyeret kursor ke sel terakhir yang ingin Anda urutkan. Atau, Anda juga bisa menggunakan kombinasi tombol Shift + panah untuk memilih rentang sel dengan cepat.

3. Buka Menu Pengurutan

Setelah Anda memilih data yang ingin diurutkan, buka menu “Data” di bagian atas jendela Excel. Di bagian kanan menu, Anda akan melihat grup “Pengurutan & Filter”. Klik ikon pengurutan (biasanya berbentuk panah mengarah ke bawah) untuk membuka opsi pengurutan.

4. Pilih Kriteria Pengurutan

Setelah menu pengurutan terbuka, Anda akan melihat kotak dialog dengan beberapa opsi pengurutan. Pada opsi “Urutkan berdasarkan”, pilih “Kolom” dan pilih kolom yang berisi nomor yang ingin Anda urutkan. Misalnya, jika nomor berada dalam kolom A, pilih “Kolom A” dalam opsi ini.

5. Tentukan Jenis Pengurutan

Setelah Anda memilih kolom yang ingin diurutkan, cara mengurutkan nomor di Excel selanjutnya adalah menentukan jenis pengurutan yang ingin Anda gunakan. Pada opsi “Urutan”, pilih apakah Anda ingin mengurutkan data dari yang terkecil ke terbesar atau sebaliknya. Jika Anda ingin mengurutkan nomor secara menurun, pilih “Z ke A” atau “Tertinggi ke Terendah”.

6. Opsi Pengurutan Tambahan (Opsional)

Selain jenis pengurutan dasar, Excel juga menyediakan beberapa opsi pengurutan tambahan yang dapat Anda terapkan sesuai kebutuhan. Misalnya, jika data Anda memiliki baris judul atau Anda ingin mengurutkan berdasarkan beberapa kolom, Anda dapat memilih opsi-opsi tersebut di kotak dialog pengurutan.

7. Terapkan Pengurutan

Setelah Anda mengatur semua opsi pengurutan yang diperlukan, klik tombol “OK” untuk menerapkan pengurutan. Excel akan mengurutkan nomor sesuai dengan kriteria yang Anda tetapkan. Data Anda sekarang akan muncul dalam urutan yang diinginkan.

8. Verifikasi Hasil Pengurutan

Terakhir, pastikan untuk memverifikasi hasil pengurutan. Periksa apakah nomor telah diurutkan dengan benar sesuai keinginan Anda. Jika ada kesalahan atau perlu melakukan pengurutan lain, Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas.

Baca juga: Cara Membuat Grafik di Excel

Tips Mengurutkan Nomor di Excel

Setelah mengetahui cara mengurutkan nomor di Excel, berikut adalah beberapa tips untuk mengurutkan nomor di Excel secara efisien:

  1. Pastikan data Anda tersusun dengan rapi: Sebelum mengurutkan nomor, pastikan data yang ingin diurutkan berada dalam satu kolom atau rentang sel yang berdekatan.
  2. Gunakan menu pengurutan: Buka menu “Data” di Excel, kemudian pilih opsi “Pengurutan & Filter” dan klik ikon pengurutan. Ini akan membuka kotak dialog pengurutan.
  3. Pilih kolom yang berisi nomor: Dalam kotak dialog pengurutan, pilih kolom yang berisi nomor yang ingin Anda urutkan. Pastikan untuk memilih kolom dengan benar agar pengurutan berjalan sesuai keinginan.
  4. Tentukan jenis pengurutan: Pilih apakah Anda ingin mengurutkan nomor dari yang terkecil ke terbesar atau sebaliknya. Anda juga dapat memilih opsi pengurutan lainnya, seperti mengurutkan berdasarkan warna atau aturan khusus.
  5. Verifikasi hasil pengurutan: Setelah menerapkan pengurutan, pastikan untuk memeriksa hasilnya. Periksa apakah nomor telah diurutkan dengan benar sesuai dengan kriteria yang Anda tetapkan.
  6. Gunakan opsi pengurutan lanjutan: Jika perlu, Anda dapat memanfaatkan opsi pengurutan tambahan, seperti mengurutkan berdasarkan beberapa kolom atau mengabaikan baris judul.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat dengan mudah mengurutkan nomor di Excel dan mengorganisir data Anda dengan lebih efisien.

Kesalahan yang Sering Terjadi

Saat mengurutkan nomor di Excel, ada beberapa kesalahan umum yang sering terjadi. Berikut adalah beberapa kesalahan yang perlu diwaspadai:

  1. Tidak memilih seluruh rentang data yang akan diurutkan: Pastikan Anda telah memilih seluruh rentang data yang ingin diurutkan. Jika hanya sebagian data yang dipilih, hasil pengurutan mungkin tidak akurat.
  2. Mengabaikan data terkait: Jika data nomor Anda terkait dengan kolom-kolom lain, pastikan Anda menyelaraskan kolom-kolom tersebut sehingga data yang sesuai tetap berada pada baris yang sama. Jika tidak, hubungan antara data dapat terputus setelah pengurutan.
  3. Salah memilih kolom atau rentang sel: Pastikan Anda memilih kolom yang tepat saat mengatur kriteria pengurutan. Salah memilih kolom dapat menghasilkan pengurutan yang tidak diinginkan.
  4. Tidak memperhatikan jenis data: Excel memiliki kemampuan untuk mengenali jenis data, seperti angka atau teks. Pastikan format kolom yang berisi nomor telah ditetapkan sebagai angka sebelum melakukan pengurutan. Jika tidak, hasil pengurutan dapat menjadi tidak benar.
  5. Tidak menggunakan opsi pengurutan yang tepat: Excel menyediakan berbagai opsi pengurutan, termasuk pengurutan berdasarkan kolom lain, pengurutan berdasarkan warna, atau pengurutan berdasarkan aturan khusus. Pastikan Anda memilih opsi pengurutan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  6. Tidak memverifikasi hasil pengurutan: Setelah menerapkan pengurutan, penting untuk memeriksa hasilnya. Periksa apakah nomor telah diurutkan dengan benar sesuai dengan kriteria yang Anda tetapkan. Jika ada kesalahan, mungkin perlu mengulangi langkah-langkah pengurutan.

Dengan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat mengurutkan nomor di Excel dengan lebih akurat dan menghindari ketidakcocokan dalam data yang diurutkan. Selalu periksa dan verifikasi hasil pengurutan untuk memastikan keakuratan dan konsistensi data Anda.

Fungsi SORT

Dalam Excel, fungsi SORT adalah salah satu fungsi yang berguna untuk mengurutkan nomor secara otomatis. Fungsi SORT mengurutkan dan mengembalikan nilai-nilai dalam rentang sel atau array berdasarkan kriteria yang ditentukan.

Berikut adalah contoh penggunaan fungsi SORT untuk mengurutkan nomor di Excel:

Urutan Ascending (dari terkecil ke terbesar)

=SORT(A1:A10)

Contoh di atas akan mengurutkan nomor dalam rentang sel A1 hingga A10 secara ascending (dari terkecil ke terbesar).

Urutan Descending (dari terbesar ke terkecil)

=SORT(A1:A10, -1)

Dalam contoh ini, nomor dalam rentang sel A1 hingga A10 akan diurutkan secara descending (dari terbesar ke terkecil) dengan menggunakan argumen -1.

Fungsi SORT juga dapat digunakan untuk mengurutkan data berdasarkan kolom atau rentang sel yang lebih kompleks. Misalnya, Anda dapat menggabungkan fungsi SORT dengan fungsi lain, seperti IF atau VLOOKUP, untuk mengurutkan nomor berdasarkan kondisi atau dengan mengacu pada nilai di kolom lain.

Perlu diketahui bahwa fungsi SORT menghasilkan urutan baru dalam sel-sel yang diberikan tanpa mempengaruhi data asli. Jadi, jika Anda ingin mempertahankan urutan yang dihasilkan, Anda dapat menyalin hasil pengurutan ke sel atau kolom lain.

Dengan menggunakan fungsi SORT, Anda dapat mengurutkan nomor dengan lebih fleksibel dan menyesuaikan pengurutan berdasarkan kebutuhan Anda.

Baca juga: Rumus Excel: Memahami Dasar-dasar yang Kerap Digunakan dalam Keseharian

Itulah panduan lengkap tentang cara mengurutkan nomor di Excel. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengurutkan data numerik dalam spreadsheet Anda. Excel menyediakan banyak opsi pengurutan yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, cobalah eksplorasi lebih lanjut dan manfaatkan keahlian Excel Anda untuk mengatur data dengan lebih efisien. Selamat mencoba!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
07 Jul 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download