Yuk, Kenali Cara Mengurutkan Abjad di Excel!

20 Jul 2023 by kreditpintar, Last edit: 07 Jul 2023

Program spreadsheet yang sangat terkenal di seluruh dunia adalah Microsoft Excel yang difungsikan oleh beragam individu dari berbagai bidang. Salah satu aspek yang sering dimanfaatkan pada Excel adalah kemampuannya untuk mengurutkan data.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara mengurutkan abjad di Excel secara efisien. Dengan menggunakan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat dengan mudah mengurutkan data dalam urutan abjad yang diinginkan.

Baca juga: Rumus Excel: Memahami Dasar-dasar yang Kerap Digunakan dalam Keseharian

Cara Mengurutkan Abjad di Excel

1. Persiapkan Data Anda

Langkah pertama dalam cara mengurutkan abjad di Excel adalah mempersiapkan data yang akan diurutkan. Pastikan data Anda berada dalam satu kolom dan tidak ada data yang terlewat atau terlebih. Misalnya, jika Anda ingin mengurutkan daftar nama, pastikan semua nama berada dalam satu kolom dan tidak ada celah kosong di antaranya.

2. Pilih Data yang Akan Diurutkan

Setelah data Anda siap, cara mengurutkan abjad di Excel selanjutnya adalah memilih data yang akan diurutkan. Anda dapat melakukan ini dengan mengklik dan menahan tombol kiri mouse pada sel pertama data yang ingin Anda urutkan, dan kemudian menyeret kursor mouse ke bawah untuk memilih sel-sel lainnya. Pastikan semua data yang ingin Anda urutkan termasuk dalam pemilihan.

3. Buka Menu “Sort & Filter”

Setelah Anda memilih data yang ingin diurutkan, langkah selanjutnya dalam mengurutkan abjad di Excel adalah dengan membuka opsi “Sort & Filter” di program Excel. Opsi ini dapat ditemukan di bagian atas layar, tepat di sebelah tab “Home” dan klik tanda panah berukuran  kecil yang terdapat di sebelah kanan opsi “Sort & Filter” guna membuka menu.

4. Pilih “A to Z” atau “Z to A”

Setelah menu “Sort & Filter” terbuka, Anda akan melihat dua opsi yang tersedia: “Sort A to Z” dan “Sort Z to A”. Opsi pertama akan mengurutkan data dalam urutan abjad dari A ke Z, sementara opsi kedua akan mengurutkan data dalam urutan abjad dari Z ke A. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Klik “OK” dan Lihat Hasilnya

Ketika Anda telah memilih pilihan yang diinginkan, tekan opsi “OK”. Excel akan segera melakukan pengurutan data sesuai dengan preferensi Anda. Anda akan segera melihat hasilnya langsung di lembar kerja. Apabila Anda memilih opsi “Urutkan A ke Z”, data akan diatur secara alfabetis dari A ke Z. Jika Anda memilih opsi “Urutkan Z ke A”, data akan diatur secara alfabetis dari Z ke A.

6. Mengurutkan Berdasarkan Kolom Lain

Selain cara mengurutkan abjad di Excel berdasarkan satu kolom, Excel juga menyediakan opsi untuk mengurutkan data berdasarkan kolom lain. Contohnya, bila Anda mempunyai list nama serta usia, Anda bisa saja mengurutkan data berdasarkan usia secara terpisah. 

Caranya cukup mudah. Pertama, pastikan data Anda tetap dipilih. Kemudian, pergi ke menu “Sort & Filter” dan pilih opsi “Custom Sort”. Anda akan melihat kotak dialog baru yang muncul.

Di kotak dialog “Custom Sort”, Anda akan melihat kolom yang memungkinkan Anda untuk memilih kolom lain sebagai kriteria pengurutan. Pilihlah kolom yang akan digunakan sebagai kriteria pengurutan kedua. Anda juga dapat memilih apakah Anda ingin mengurutkan kolom kedua secara menaik (A ke Z) atau menurun (Z ke A). Setelah memilih pengaturan yang diinginkan, klik tombol “OK” untuk melihat hasilnya.

Baca juga: Catat! Ini Rumus Excel Yang Paling Sering Dipakai

Fungi SORT

Fungsi SORT digunakan untuk mengurutkan konten atau data dalam rentang atau Array yang ditentukan secara otomatis. Dengan menggunakan fungsi ini, pengguna dapat mengurutkan data dengan mudah tanpa perlu menyalin rumus ke setiap baris atau kolom. Fungsi SORT termasuk dalam kategori fungsi Dynamic Array, sehingga pengguna dapat mengatur data dengan efisien tanpa menghabiskan waktu dan usaha yang banyak.

Ada empat contoh penggunaan fungsi SORT dengan menyertakan argumen sort_index-nya. Fungsi SORT digunakan untuk mengurutkan data berdasarkan kolom pertama dengan rumus =SORT(A3:C11, 1). Dalam rumus tersebut, angka 1 menunjukkan argumen sort_order yang menentukan kolom 1 sebagai acuan pengurutan data di Excel. Untuk mengurutkan data berdasarkan kolom kedua, rumus yang digunakan adalah =SORT(A3:C11, 2). 

Contoh ketiga menggunakan kolom ketiga sebagai acuan pengurutan data dengan rumus =SORT(A3:C11, 3). Sedangkan contoh terakhir menggunakan dua kolom sebagai acuan pengurutan data di Excel dengan rumus =SORT(A3:C11, {2;1}) yang ditulis dalam tanda kurung kurawal “{…}”.

Argumen Sort_Order Fungsi SORT Excel

Pilihan pengurutan dalam fungsi SORT Excel dapat ditentukan menggunakan argumen sort_order. Argumen ini memungkinkan Anda untuk mengatur apakah pengurutan akan menggunakan urutan menaik (ascending) atau menurun (descending). Nilai defaultnya adalah ascending. Gunakan angka 1 untuk ascending (A to Z) dan -1 untuk descending (Z to A).

Apa itu Ms. Excel?

Microsoft Excel merupakan sebuah software spreadsheet yang telah dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Excel termasuk ke dalam salah satu aplikasi produktivitas yang sangat terkenal dan sering digunakan secara luas di seluruh dunia. Tujuan utama dari program ini adalah untuk membantu pengguna dalam mengatur, menghitung, dan menganalisis data dalam berbagai format seperti tabel, grafik, dan rumus matematika.

Excel memiliki berbagai fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengatur dan memanipulasi data dengan efisien. Terdapat fitur utama yang dimiliki oleh Excel, yakni:

Spreadsheet

Excel menggunakan format spreadsheet, yaitu kumpulan sel yang terorganisir dalam baris dan kolom. Setiap sel dapat berisi teks, angka, formula, atau fungsi.

Formula dan Fungsi

Excel memiliki beragam rumus dan fungsi matematis yang dapat digunakan untuk melakukan perhitungan otomatis. Pengguna dapat membuat rumus yang menggabungkan data dari berbagai sel, melakukan operasi matematika, logika, statistik, dan banyak lagi.

Grafik

Excel menyediakan berbagai jenis grafik yang memungkinkan pengguna untuk memvisualisasikan data dengan lebih baik. Pengguna dapat membuat grafik batang, grafik garis, grafik lingkaran, dan grafik lainnya untuk mewakili data secara visual.

Format dan Tampilan

Excel memungkinkan pengguna untuk mengatur tampilan data dengan memodifikasi format sel, mengatur lebar kolom, menambahkan warna, dan menggabungkan sel. Hal ini membantu meningkatkan kejelasan dan estetika lembar kerja.

Filter dan Sortir

Excel memungkinkan pengguna untuk menyaring dan mengurutkan data berdasarkan kriteria tertentu. Ini memudahkan pengguna dalam menemukan dan menganalisis data dengan cepat.

Analisis Data

Excel menyediakan berbagai alat analisis data yang berguna, seperti penghitungan statistik, pemrosesan pivot, dan alat solver. Ini memungkinkan pengguna untuk melakukan analisis lebih mendalam dan mengambil keputusan berdasarkan data yang ada.

Kolaborasi

Excel memungkinkan pengguna untuk bekerja secara bersama-sama dalam waktu nyata dengan fitur kolaborasi seperti berbagi file, komentar, dan pelacakan revisi. Ini mempermudah kerja tim dalam mengelola data dan proyek bersama.

Microsoft Excel digunakan dalam berbagai bidang, termasuk keuangan, akuntansi, sumber daya manusia, analisis data, dan banyak lagi. Dengan fleksibilitas dan kemampuannya yang kuat, Excel membantu pengguna dalam mengatur, menganalisis, dan mengolah data dengan efektif dan efisien.

Baca juga: Cara Membuat Grafik di Excel

Mengurutkan abjad di Excel adalah tugas yang penting dalam mengelola data. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah mengurutkan data dalam urutan abjad yang diinginkan. Penting untuk memastikan data Anda telah disiapkan dengan benar sebelum melanjutkan ke proses pengurutan. 

Excel menawarkan berbagai fitur pengurutan yang dapat membantu Anda dalam mengetahui cara mengurutkan abjad di Excel berdasarkan kriteria yang berbeda, termasuk mengurutkan berdasarkan kolom lain. Dengan menggunakan fitur-fitur ini, Anda dapat memanfaatkan kekuatan Excel untuk mengatur dan menganalisis data Anda secara efisien.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
07 Jul 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download