Cara Menghilangkan Daki yang Ampuh dan Cepat

06 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 06 Jul 2022

Munculnya daki pada bagian tubuh, khususnya badan dan leher, dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman dan menurunkan rasa percaya diri. Seringkali, kita terlalu fokus dan sibuk beraktivitas hingga lupa merawat diri hingga tuntas. Oleh karena itu, penting untuk membuat jadwal khusus untuk perawatan diri agar tubuh tetap sehat, terawat, dan tentunya terhindar dari daki. Ini dia Cara Menghilangkan Daki.

Cara Menghilangkan Daki

Baca Juga: Rekomendasi Sereal untuk Diet

Bagi kalian yang penasaran cara menghilangkan daki yang ampun dan permanen, mari simak ulasan berikut ini!

Apa Itu Daki?

Pada dasarnya, daki adalah kotoran yang berasal dari udara atau lingkungan yang menempel pada kulit. Kotoran ini terdiri dari sel kulit mati, minyak (sebum), serta keringat yang menumpuk di atas kulit. Selain itu, kotoran-kotoran tersebut juga dapat tersebar ke seluruh bagian tubuh.

Biasanya, daki muncul di daerah-daerah lipatan pada tubuh, seperti leher, ketiak, dan selangkangan. Hal ini disebabkan area-area tersebut cenderung lebih sulit dibersihkan maupun lebih mudah terlewat saat dibersihkan. Namun, tentunya banyak cara menghilangkan daki yang efektif.

Penyebab Timbulnya Daki

Munculnya daki pada tubuh dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor yang paling umum biasanya adalah keringat, sel kulit mati, dan juga minyak (sebum) sebagaimana telah disebutkan sebelumnya. Keringat yang menumpuk akan membentuk semacam plak berwarna hitam atau cokelat yang sulit dibersihkan. Penumpukan keringat atau sel kulit mati ini nantinya tidak hanya akan menyebabkan daki, tetapi juga sisik pada kulit.

Kemudian, pada kasus yang lebih parah, daki dapat juga disebabkan oleh dermatitis neglecta (DN). Dermatitis neglecta sendiri adalah kelainan kulit yang disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan kulit. Kondisi juga dapat disebabkan oleh keringat yang dibiarkan menumpuk terlalu lama atau tidak dibersihkan dengan tuntas.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan tubuh. Selain mandi secara rutin minimal dua kali sehari, Anda juga perlu memastikan bahwa tubuh dibersihkan secara tuntas dan tidak ada kotoran yang masih tersisa menempel. Lalu, bagaimana cara menghilangkan daki? 

Cara Membersihkan Daki Secara Tuntas dan Cepat

Baca Juga: Tips dan Trik Kamar Mandi Sederhana Tapi Bersih

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membersihkan daki secara tuntas dan cepat:

  1. Mandi Dua Kali Sehari

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, agar tubuh senantiasa bersih maka penting untuk menyempatkan waktu mandi minimal dua kali sehari. Apalagi, jika Anda tinggal di negara dengan cuaca tropis seperti Indonesia, debu dan kotoran akan lebih mudah menempel. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan tubuh dengan mandi lebih sering daripada jika Anda tinggal di negara dengan cuaca yang cenderung dingin.

  1. Menggunakan Scrub Saat Mandi

Salah satu cara paling ampuh untuk membersihkan daki dan kotoran yang menumpuk pada kulit adalah dengan menggunakan scrub saat mandi. Scrub sangat bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang biasanya sulit dihilangkan menggunakan sabun dan tangan saja. Anda dapat menggunakan scrub secara selang-seling dalam seminggu.

  1. Menggunakan Pelembab Pada Tubuh

Untuk memiliki kulit yang bersih dan fresh, Anda dapat mengaplikasikan pelembab pada tubuh sesudah mandi. Pelembab memiliki kandungan antioksidan yang bisa mencerahkan kulit dan membuat kulit terasa segar dan tentunya lebih bersih. Selain itu, pelembab juga dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru sehingga efektif sebagai cara menghilangkan daki.

  1. Mengelap Tubuh Saat Berkeringat

Jika Anda berkeringat sesudah beraktivitas, jangan lupa untuk selalu mengelap tubuh Anda, ya. Hal ini dilakukan agar keringat tidak menumpuk. Anda dapat menggunakan handuk yang bersih atau tisu untuk mengelap keringat pada tubuh. Selain itu, Anda juga disarankan menyeka bagian tubuh yang kotor dan penuh debu sehabis beraktivitas.

  1. Mengeksfoliasi Kulit dengan Bahan-Bahan Alami 
  2. Kopi

Kopi adalah salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk perawatan kulit, termasuk cara menghilangkan daki. Kandungan-kandungan dalam kopi memang dikenal ampuh dalam membersihkan sel-sel kulit mati. Tak hanya itu, beberapa studi menunjukkan bahwa kandungan kafein dalam kopi juga bermanfaat untuk mengurangi tampilan selulit, lho.

  1. Brown Sugar

Brown sugar atau gula pasir cokelat juga dapat menjadi bahan alami yang mampu mengeksfoliasi kulit dengan baik. Bahan alami ini juga memiliki berbagai kandungan yang dikenal baik untuk merawat kulit agar tetap cerah. Untuk menghilangkan daki menggunakan bahan ini, Anda dapat mencampurkannya dengan minyak kelapa atau zaitun untuk hasil yang lebih maksimal.

  1. Madu dan Gula

Kombinasi kedua bahan ini memiliki bahan-bahan antibakteri yang baik untuk merawat tubuh, khususnya menghilangkan daki yang menempel. Selain itu, gula dan madu juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari sinar UV matahari. Namun, Anda perlu hati-hati saat menggunakan campuran bahan ini untuk eksfoliasi dengan tidak menggosok kulit terlalu kasar karena dapat menyebabkan iritasi.

Rekomendasi Produk untuk Hilangkan Daki 

Cara Menghilangkan Daki

Baca Juga: 5 Rekomendasi Produk Skincare untuk Pemula Terbaik

Selain menggunakan bahan-bahan alami, Anda juga dapat menghilangkan daki secara tuntas dengan menggunakan beberapa rekomendasi produk berikut:

  1. Vyliner Spray

Vyliner Spray adalah produk pembersih daki yang memiliki formula yang lembut dan mampu merontokkan daki yang membandel pada kulit. Selain itu, produk ini juga memiliki manfaat mencerahkan kulit setelah rutin digunakan. Produk ini membanderol harga mulai dari Rp 52.800 di marketplace.

  1. Viva Peeling Cream

Viva Peeling Cream adalah produk eksfoliasi yang memiliki butiran scrub lembut sehingga cocok untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menempel pada tubuh. Selain itu, scrubnya yang lembut juga dijamin tidak akan mengiritasi kulit Anda saat digunakan. Anda dapat membeli produk ini mulai dari Rp 27.500 saja.

  1. Hanasui SPA Peeling Gel

Hanasui SPA Peeling gel bermanfaat untuk Anda yang ingin mendapatkan kulit cerah, lembut, dan elastis. Produk ini hadir dalam bentuk gel dan mengandung kandungan lumpur alam dan garam mineral yang mampu membersihkan kulit secara maksimal. Produk ini dijual mulai dari harga Rp 16.599.

  1. Poli Ekstrak Cream

Poli Ekstrak Cream adalah produk yang kaya akan kandungan whitening complex, glycolic acid, dan palmytoyl. Kandungan-kandungan tersebut berkhasiat untuk membantu regenerasi kulit agar kulit tetap sehat, kenyal, dan lembut. Jika Anda tertarik membeli, produk ini dijual mulai dari harga Rp 90.880.

  1. Ershali Peeling Spray Nasa

Ershali Peeling Spray Nasa adalah produk yang mampu membersihkan dan menjadikan kulit tampak halus. Produk ini dapat menghilangkan pigmentasi dan meremajakan kulit dari dalam. Produk ini dibanderol mulai dari harga Rp 120.000.

Demikian ulasan singkat mengenai cara menghilangkan daki pada kulit. Selain membangun kebiasaan perawatan kulit yang baik secara rutin, Anda juga dapat membersihkan daki dengan menggunakan berbagai campuran bahan alami maupun produk-produk khusus yang dirancang untuk membersihkan daki dan mengangkat sel-sel mati serta kotoran pada kulit.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
06 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download