Cara Menghapus History Google di Desktop dan Ponsel

18 Oct 2021 by Laruan, Last edit: 19 Oct 2021

Menggunakan Google secara tidak langsung data pencarian atau history yang dicari melalui mesin telusur tersebut tersimpan otomatis. Tentu saja terdapat cara mudah untuk menghapus history Google di Desktop dan Ponsel. Hal ini dilakukan agar orang tidak mengetahui data pencarian yang Sobat Pintar gunakan sebelumnya. 

Google menyimpan riwayat atau history semua pencarian yang Sobat Pintar lakukan saat masuk, mengikatnya ke akun Google Sobat Pintar. Sobat Pintar sekarang dapat dengan cepat menghapus history ini dari hasil pencarian Google daripada harus menuju ke dasbor Akun Google. 

Ingatlah bahwa Google menggunakan history penelusuran Sobat Pintar untuk mempelajari tentang Sobat Pintar, jadi menghapus history penelusuran akan membuat hasil penelusuran Sobat Pintar kurang dipersonalisasi.

Cara Menghapus History pencarian Google di Desktop

Simak cara mudah untuk menghapus history google melalui desktop dibawah ini.

  1. Untuk menghapus riwayat pencarian Google Sobat Pintar di desktop, klik Pengaturan> Data Sobat Pintar dalam pencarian di bagian atas halaman, tepat di bawah sisi kanan kotak pencarian. 
  2. Gulir ke bawah ke “Bagian Aktivitas Pencarian“. Untuk menghapus semua riwayat pencarian Google Sobat Pintar, klik tombol “Hapus semua aktivitas pencarian“. 
  3. Untuk menghapus waktu terakhir dari riwayat pencarian, klik tombol “Hapus menit terakhir“.

Cara Menghapus History Pencarian Google di Ponsel

Untuk menghapus data atau history pencarian Google melalui ponsel, Sobat Pintar bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Pada ponsel cerdas, sentuh tombol Menu di sudut kiri atas laman hasil penelusuran Google.
  2. Klik “Data Sobat Pintar dalam Pencarian.
  3. Gulir ke bawah ke bagian “Hapus aktivitas penelusuran Sobat Pintar” dan sentuh “Hapus satu jam terakhir” atau “Hapus semua aktivitas penelusuran“, bergantung pada jumlah latar belakang
  4. penelusuran yang ingin Sobat Pintar hapus.

Cara Menghentikan Google Untuk Mengambil History Pencarian

Tentu saja, Google akan terus mengambil riwayat pencarian bahkan setelah menghapusnya. Jika Sobat Pintar ingin mencegah Google melakukan ini, klik atau sentuh opsi “Aktivitas aplikasi dan aplikasi” di “Kontrol Google Awer” pada data di halaman pencarian.

Pada halaman Kontrol Aktivitas yang muncul, matikan penggeser “Aktivitas Web & Aplikasi”.

Dengan mengikuti beberapa langkah diatas, data pencarian atau history Sobat Pintar tidak akan bocor dan tidak diketahui oleh orang lain. 

Manfaat Menghapus History Google

Di era modern seperti sekarang ini, semua data bisa saja dibocorkan oleh orang lain. Sama halnya dengan data pencarian atau history Sobat Pintar di Google. Jika Sobat Pintar tidak menghapusnya kemungkinan besar data Sobat Pintar akan diketahui oleh orang lain.

Disisi lain, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan saat menghapus history Google. Untuk itu, silahkan simak beberapa manfaat menghapus History Google berikut ini.

  • Memperbarui data pencarian

Dengan menghapus data pencarian atau history di Google akan otomatis memberikan kemudahan bagi Google mencari informasi terbaru untuk Sobat Pintar. Dan jika Sobat Pintar jarang untuk menghapus history Google, maka sulit juga bagi Google mencari data terbaru untuk Sobat Pintar.

  • Tidak mudah di hack

Kemungkinan besar jika Sobat Pintar tidak menghapus data pencarian atau history di Google. Orang lain akan mudah mengambil data tersebut dan mengganti nama atau password dari akun Google Sobat Pintar.

  • Mempercepat pencarian

Ketika Sobat Pintar menghapus data history di Google akan membuat kecepatan pencarian semakin cepat. Beda hal lagi ketika data yang lama belum dihapus dan ini bisa membuat Google merespon lebih lama. 

Nah, demikian informasi mengenai cara mudah untuk menghapus history Google di Desktop ataupun ponsel. Dan ini memberikan fungsi yang sangat bermanfaat bagi keamanan data Sobat Pintar di mesin pencari.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
19 Oct 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download