Cara Mengatur Keuangan Yang Efektif Di Masa Pandemi

03 Feb 2021 by Andro
Pandemi virus corona

Pandemi virus corona memang telah memberikan dampak terhadap perekonomian yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Maka dari itu, sangat penting untuk setiap masyarakat saat ini mengetahui cara mengatur keuangan yang efektif. Baik yang masih single maupun yang sudah berkeluarga pasti sedang dilanda dengan berbagai kekhawatiran. Sebab, dampak negatif yang diberikan oleh virus corona (COVID-19) terhadap ekonomi saat ini. Banyak perusahaan yang harus memotong gaji dan merumahkan karyawannya.

Tak sedikit pula dari bisnis kecil yang harus gulung tikar sehingga mau tidak mau setiap orang harus tahu cara mengatur keuangan yang efektif dan benar dalam masa krisis yang belum jelas kapan akan berakhir. Anda mungkin juga sudah merasakan bahwa pandemi ini telah begitu membebani finansial dan ekonomi Anda. maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk melakukan cara mengatur keuangan di masa pandemi ini dengan efektif dan benar. Berikut ini cara-cara yang bisa Anda lakukan.

Mengevaluasi Sumber Penghasilan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan evaluasi atas sumber penghasilan yang Anda miliki saat ini. Apalagi bagi Anda yang memiliki penghasilan bulanan sebagai karyawan yang sedang mengalami pemotongan gaji. Salah melakukan evaluasi bisa-bisa akan membuat Anda terkena dampak yang lebih parah lagi.

Mengubah Pos Pengeluaran

Setelah mengevaluasi sumber penghasilan, maka perlu bagi Anda untuk mengubah  pos pengeluaran yang sesuai dengan sumber penghasilan. Jika biasanya Anda menggunakan pos penghasilan dengan pola kebutuhan hidup, tabungan, orang tua, dan hiburan. Saat bagi Anda untuk mengubah pos pengeluaran pada kondisi yang rawan ini, misalnya menyisihkan untuk Emergency Fund atau dana darurat. Danda ini bisa Anda sisihkan dari pos pengeluaran untuk hiburan.

Hindari Pembelian Produk dengan Sistem Cicilan

Mungkin Anda berencana untuk memiliki Handphone, TV, atau Motor yang umumnya bisa dibeli dengan cara kredit. Sebaiknya, Anda tunda dulu kebutuhan-kebutuhan tersebut. Kondisi pandemi seperti saat ini menuntut Anda untuk lebih berhemat dan bisa menyimpan lebih banyak uang. Meskipun Anda sudah memiliki tabungan dan cukup untuk membeli produk-produk tersebut, sebaiknya dijadikan sebagai simpanan dana darurat sampai dengan krisis akibat virus corona mereda.

Mencari Sumber Penghasilan Tambahan

Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan yang mengalami dampak krisis ekonomi, kemungkinan Anda akan mengalami pemotongan gaji bahkan bisa saja berisiko di PHK oleh perusahaan. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk memikirkan penghasilan tambahan. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan saat ini, misalnya melakukan bisnis rumahan atau menjadi freelancer yang menawarkan jasa secara online.

Mengganti Produk Konsumtif dengan yang Lebih Murah

Bagi banyak orang, kebutuhan produk FMCG memang memiliki selera tersendiri. Umumnya, perbedaan sedikit harga tidak menjadi masalah. Namun, saat ini sedikit uang akan sangat berarti bagi Anda. Sebaiknya, Anda mengganti produk kebutuhan konsumtif dengan produk serupa yang lebih murah. Misalnya, untuk kebutuhan sabun mandi. Jika ada produk yang lebih murah, tidak ada salahnya Anda mengganti produk sabun mandi Anda untuk saat ini.

Mengatur keuangan di masa kritis ini wajib Anda lakukan. Dengan mengikuti cara-cara di atas, maka Anda akan bisa mengatur keuangan dengan baik hingga masa krisis berakhir, meskipun tanpa kartu kredit. Namun, sebuah rencana belum tentu berjalan dengan maksimal. Ada saja kondisi yang bisa menyebabkan Anda harus mengeluarkan anggaran lebih besar. Apalagi anggaran tersebut harus segera tersedia dan tidak bisa ditunda. Misalnya ada anggota keluarga yang mengalami sakit dan uang darurat yang Anda miliki tidak mencukupi. Jika masalah ini terjadi, aplikasi pinjaman online bunga ringan tanpa agunan dan cicilan ringan bisa menjadi tempat pinjam uang yang menyediakan dana darurat langsung cair untuk Anda.

Kredit pintar merupakan aplikasi pinjaman online bunga rendah yang siap melayani kebutuhan dana darurat bagi Anda di masa pandemi ini. Dengan Kredit pintar, pinjam uang saat ini bisa dilakukan tanpa agunan dan tanpa kartu kredit. Jika Anda ingin mencari aplikasi pinjaman online bunga rendah dengan cicilan ringan pula, maka Kredit pintar akan menyediakannya untuk segera. Proses pengajuan Anda akan diverifikasi dengan cepat sehingga dana akan langsung cair setelah permohonan pinjaman Anda disetujui. Maka dari itu, untuk kebutuhan dana darurat di masa pandemi ini, pastikan Anda hanya pinjam uang dari Kredit pintar.

Baca Juga:

[Mudah] Begini Cara Mengajukan Pinjaman Kredit Pintar

Ternyata Begini Cara Mengatasi Rambut Rontok

mobile-closeKredit PintarDownload