Cara Mengambil Uang di ATM dengan Aman dan Mudah

22 Sep 2021 by Laruan

Anjungan tunai mandiri atau ATM merupakan mesin di mana Sobat Pintar bisa mengambil uang atau hanya memeriksa saldo di manapun mesin tersebut berada selama masih di dalam jaringan bank. Dengan adanya ATM, Sobat Pintar tidak perlu lagi mengantri di teller bank untuk bertransaksi. Namun, Sobat Pintar tetap harus waspada sebab cukup banyak kejahatan yang terjadi di ATM. Makanya, Sobat Pintar perlu tahu cara mengambil uang di ATM dengan aman, mudah, dan cepat.

Jaringan ATM saat ini sudah tersedia di berbagai lokasi selain bank. Contohnya di restoran, mal, pasa, bandara, dan lokasi strategis lainnya. Dengan ATM, Sobat Pintar bisa mengakses rekening Sobat Pintar dengan mudah dan bisa menjalankan transaksi seperti penarikan dana, pengecekan saldo, pembayaran tagihan, dan lain sebagainya.

Cara Mengambil Uang di ATM

Sebenarnya, saat bertransaksi melalui ATM cukuplah mudah. Namun ternyata masih banyak yang kesulitan memahami cara ambil uang di ATM. Bahkan masih ada yang tidak bisa melakukannya. Hingga akhirnya mereka kerap meminta bantuan dari orang yang lebih mengerti saat ingin memanfaatkan ATM.

Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui cara yang baik dan benar saat mengambil uang. Berikut langkah-langkah yang harus diketahui saat ingin mengambil uang di ATM dengan aman, mudah, dan cepat.

1. Kunjungi Gerai ATM Terdekat

Cara ambil uang di ATM yang pertama ialah kunjungi gerai ATM terdekat. Pastikan ATM tersebut berasal dari bank yang sama dengan jenis bank yang Sobat Pintar gunakan. Sebagai contoh, jika Sobat Pintar memiliki rekening di bank BCA, maka Sobat Pintar sebaiknya menarik uang secara tunai melalui ATM BCA.

Jangan lupa, pastikan mesin ATM yang akan Sobat Pintar gunakan itu dalam kondisi tidak eror atau dalam perbaikan. Dan pastikan lagi nominal pecahan yang bisa ditarik.

Umumnya, ada dua pecahan yang bisa ditarik melalui ATM yakni Rp50.000 dan Rp100.000. Selain itu, ada juga pecahan Rp20.000 namun biasanya hanya ada di sekitaran kampus.

Ada juga jenis ATM yang berbentuk seperti kubikel atau ATM drive thru yang lebih praktis lagi. Silakan pilih sesuai selera Sobat Pintar.

2. Cari Mesin ATM untuk Penarikan

Di gerai ATM biasanya ada dua jenis ATM yang tersedia yakni untuk penarikan dan untuk setoran. Jika Sobat Pintar ingin menarik uang di ATM tentu harus memilih ATM untuk penarikan. Namun, belakangan ini ATM untuk penarikan dan setoran sudah dijadikan di dalam 1 mesin ATM saja.

Jika Sobat Pintar pergi ke ATM yang berada di pusat perbelanjaan, usahakan untuk menggunakan ATM dari bank yang sama dengan tempat Sobat Pintar menyimpan uang. Sebab, di pusat perbelanjaan biasanya ada banyak jenis ATM dari berbagai bank yang ada.

3. Pilih Pecahan Uang yang Diinginkan

Bagi yang ingin menarik uang dengan pecahan nominal Rp50.000, pastikan menggunakan mesin ATM yang ada keterangan menyediakan nominal Rp50.000. Begitu juga saat ingin menarik dengan pecahan nominal lain.

Namun kini juga sudah tersedia ATM yang menyediakan kedua pecahan nominal tersebut. Tinggal senyamannya Sobat Pintar saja saat melakukan penarikan uang di ATM.

4. Masukkan Kartu ATM

Cara Mengambil Uang di ATM dengan Aman dan Mudah

Cara ambil uang di ATM berikutnya adalah masukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM. Sebagai informasi, tempat memasukkan kartu biasanya terletak di sebelah kanan atau pun di tengah mesin. Namun yang perlu diingat, bentuknya ialah berupa celah mendatar dengan ukuran selebar kartu ATM.

Masukkan kartu ATM dengan posisi yang tepat. Hal itu agar menghindari kartu ditolak atau paling parahnya bisa tertelan.

Jika kartu ATM Sobat Pintar tertelan, segera hubungi pihak bank sesuai dengan nomor yang tercantum di mesin ATM. Atau jika masih bisa, silakan langsung kunjungi bank pada jam kerja. Biasanya, dapat diproses langsung oleh bank bersangkutan.

5. Pilih Bahasa

Setelah memasukan kartu ATM dengan baik dan benar, Sobat Pintar akan diminta untuk memilih bahasa pengantar yang akan digunakan. Ada dua bahasa pengantar yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Silakan Sobat Pintar pilih salah satu.

Penting untuk diingat bahwa Sobat Pintar harus memilih bahasa yang benar-benar dikuasai. Hal itu untuk menghindari kesalahan seperti salah memencet tombol yang dapat menyebabkan kartu ATM nyangkut atau tertelan.

Setelah memilih bahasa pengantar yang diinginkan, mesin ATM akan melanjutkan proses ke selanjutnya yakni memasukkan PIN ATM.

6. Masukkan PIN ATM

Cara Mengambil Uang di ATM dengan Aman dan Mudah

Cara mengambil uang di ATM selanjutnya ialah memasukkan PIN ATM. PIN yang dimasukkan ialah PIN yang Sobat Pintar buat saat pertama kali menerima kartu dari bank. Namun, jika sudah pernah diganti, harap gunakan PIN terbaru tersebut untuk menghindari kartu ATM tidak dapat digunakan.

Ketikkan PIN di tombol yang disediakan. Pastikan memasukkan PIN dengan benar ya. Sebab, jika Sobat Pintar salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali, maka kartu ATM Sobat Pintar akan otomatis terblokir.

Jika terblokir, langkah mudah yang perlu dilakukan ialah menghubungi call center bank tersebut. Atau jika masih sempat, silakan kunjungi bank untuk mengaktivasi kartu ATM secara langsung. 

Tips tambahan, saat Sobat Pintar memasukkan PIN harap tutupi tombol yang Sobat Pintar pencet dengan satu tangan Sobat Pintar. Hal itu dilakukan untuk menghindari ada orang lain yang melihat PIN Sobat Pintar.

Kapan bansos cair di bulan September? Simak selengkapnya di sini

7. Masukkan Angka Nominal Penarikan

Setelah berhasil memasukkan PIN, cara mengambil uang di ATM selanjutnya akan muncul pilihan menu salah satunya ialah penarikan. Tekan tombol penarikan lalu pilihan nominal akan muncul di layar ATM.

Sebagai informasi, untuk minimal pengambilan uang di ATM itu Rp50.000 untuk ATM dengan pecahan Rp50.000 dan Rp100.000 untuk nominal pecahan Rp100.000.

Biasanya, di layar ATM sudah muncul pilihan nominal tergantung kelipatan dari nominal pecahan ATM tersebut. 

8. Pilih Penarikan Lain Jika Nominal yang Diinginkan Tidak Ada

Jika di daftar nominal yang muncul di layar tidak ada nominal penarikan yang Sobat Pintar inginkan, silakan pencet menu penarikan lainnya atau transaksi lainnya. Biasanya, menu ini ada di bagian bawah sebelah kanan layar. 

Selanjutnya, pilih menu penarikan tunai. Lalu masukkan jumlah nominal uang yang ingin diambil. Ketik angka nominal yang diinginkan secara manual.

9. Ambil Uang yang Keluar

Selanjutnya, mesin akan memproses permintaan transaksi yang Sobat Pintar lakukan. Beberapa saat kemudian sejumlah uang yang ingin Sobat Pintar tarik keluar dari mesin ATM melalui slot tempat keluarnya uang.

Slot tersebut biasanya terletak di bagian bawah dengan ukuran panjang lebih dari panjang uang. Nantinya uang yang keluar akan sesuai dengan nominal yang sudah Sobat Pintar tentukan sebelumnya.

Jika Sobat Pintar tidak yakin, silakan hitung terlebih dahulu uang yang Sobat Pintar tarik tersebut. Dan perlu diingat juga bahwa ada mesin ATM yang mengeluarkan kartu ATM terlebih dahulu daripada uangnya. Kami harapkan Sobat Pintar lebih teliti ya.

10. Ambil Struk Bukti Penarikan

Setelah selesai mengambil uang, biasanya Sobat Pintar akan mendapati notifikasi konfirmasi terkait mencetak struk bukti penarikan. Jika Sobat Pintar memilih untuk mencetaknya, tekan Ya. Namun jika tidak, cukup tekan Tidak. 

Namun, ada juga mesin ATM yang hanya menampilkan sisa saldo pada layar secara otomatis tanpa mengeluarkan struk bukti penarikan. 

11. Konfirmasi di Akhir Transaksi

Setelah struk diambil, akan muncul pesan di layar yang berisi akan melanjutkan transaksi lain atau tidak. Jika Sobat Pintar merasa sudah cukup, maka pilih posi Tidak untuk mengakhiri transaksi. Namun, jika masih ingin lanjut transaksi di mesin ATM tersebut, pilih opsi Ya.

Saat Sobat Pintar memilih untuk melakukan transaksi lagi, layar akan berpindah ke halaman awal. Sobat Pintar akan kembali diminta memasukkan kode PIN ATM seperti cara di atas. 

12. Ambil Kartu ATM

Langkah terakhir adalah mengambil kartu ATM di slot tempat Sobat Pintar memasukannya di awal. Namun, saat ini ada mesin yang mengeluarkan kartu ATM terlebih dahulu baru setelah itu uang yang Sobat Pintar tarik akan keluar.

Hal itu terjadi untuk mempercepat transaksi yang dilakukan di mesin tersebut. Apalagi jika ternyata ada banyak antrian di belakang Sobat Pintar.

Demikian cara menarik uang dari ATM dengan mudah, cepat, dan aman. Perlu diingat lagi, sebelum meninggalkan mesin ATM harap periksa ulang nominal uang yang diambil dan kartu ATM harus sudah di tangan Sobat Pintar

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Hindari jebakan penipuan online, simak selengkapnya di sini

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload