Cara Menabung 20 Juta dalam 1 Tahun

04 May 2022 by Laruan, Last edit: 09 May 2022

Cara menabung 20 juta dalam 1 tahun memang terdengar mustahil, terutama bagi mereka yang masih punya banyak pengeluaran wajib.

Namun dengan niat dan konsistensi tinggi, uang 20 juta pasti bisa terkumpul dalam waktu 1 tahun. Jika Anda merasa punya banyak pengeluaran wajib sehingga tidak memungkinkan untuk menabung 20 juta dalam satu tahun, Anda bisa mencoba untuk menambah pendapatan dengan mencari pekerjaan sampingan. 

Cara Menabung 20 Juta dalam 1 Tahun

Kini ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan secara online seperti menjadi graphic designer, desainer web, atau content writer, yang bisa dilakukan di luar jam kantor. Apalagi saat ini Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan jasa yang Anda tawarkan.

Baca juga:  Daftar 10 Tempat Jual Beli Emas yang Terpercaya

Saving Challenge

Ada cara khusus yang bisa kita lakukan agar kita mampu menabung sebanyak 20 juta dalam satu tahun. Salah satu cara menabung 20 juta dalam 1 tahun adalah dengan melakukan saving challenge.  

Saving challenge dilakukan dengan membuat komitmen untuk menabung rutin setiap minggu dengan jumlah tertentu hingga tercapai 20 juta dalam satu tahun. Saving challenge bisa dilakukan secara mingguan, harian, atau bulanan.

1. Saving challenge mingguan

Cara menabung 20 juta dalam 1 tahun secara mingguan bisa dengan menentukan berapa nominal yang kita tabung setiap minggunya. Kita buat tabel yang berisi nominal lalu memberi warna khusus jika kita sudah menabung di hari itu.

Lalu bagaimana cara menabung 20 juta dalam 1 tahun dengan saving challenge mingguan? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan kertas dan alat tulis
  2. Lalu gambar 52 kotak kecil. Setiap kotak nantinya berisi nominal yang akan ditabung.
  3. Lalu tulis setiap nominal yang harus ditabung, mulai dari nominal terkecil Rp 20 Ribu sampai nominal terbesar Rp 1 juta.
  4. Tulis nominal terkecil pada minggu dimana Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak. Sementara itu, Anda bisa menulis nominal terbesar di minggu-minggu Anda mendapatkan bonus, gaji atau pemasukan tambahan.
  5. Saat menulis nominal, hitung kembali apakah semua nominal yang tertulis di kotak tersebut jika ditambahkan telah mencapai total Ro 20 juta.

Nah itulah cara menabung 20 juta dalam setahun dengan cara saving challenge mingguan, Setiap selesai menabung, Anda bisa menandai kotak tersebut dengan warna khusus.

Cara Menabung 20 Juta dalam 1 Tahun

2. Menabung harian

Selain cara menabung 20 juta dalam 1 tahun seperti di atas, Anda juga bisa melakukan saving challenge secara mingguan. Cara ini dilakukan dengan rutin menabung Rp 55 ribu setiap minggunya.

Nominal tersebut didapatkan dari membagi RP 20 juta dengan jumlah hari dalam setahun, yakni Rp 20 juta : 365 = Rp 54.794. Nominal tersebut kita bulatkan menjadi Rp 55 ribu. Jika dihitung kembali, dengan nominal Rp 55 sehari kita bisa mendapatkan uang Rp 20.075.000 dalam setahun.

3. Menabung bulanan

Anda juga bisa langsung menabung secara bulanan untuk mendapatkan 20 juta dalam setahun. Jika ingin menabung bulanan, total uang yang harus Anda tabung setiap bulan sekitar Rp 1.670.000.

Nominal ini kita dapatkan dari membagi Rp 20 juta dengan jumlah bulan dalam setahun, yakni Rp 20 juta : 12 = Rp 1.666.000 lalu kita bulatkan menjadi Rp 1.670.000. Jadi, dalam setahun kita bisa memiliki tabungan sebesar Rp 20.040.000.

Baca juga: Tabungan Emas Pegadaian, Mudah dan Untung

Cara Menabung 20 Juta dalam 1 Tahun

Tips menabung 20 juta dalam setahun

Semua cara di atas tidak akan berguna jika kita tidak konsisten dan disiplin dalam menabung, Agar konsisten dan disiplin dalam menabung, kita bisa menerapkan tips berikut:

1. Buat rekening khusus

Jangan campurkan rekening pemasukan dengan tabungan karena itu hanya akan membuat uang tabungan terpakai untuk pengeluaran sehari-hari. Anda bisa membuat rekening khusus tanpa kartu ATM atau terkoneksi dengan internet banking dan mobile banking agar uang tabungan Anda tidak mudah diambil. 

Anda juga bisa meletakan uang tabungan Anda di instrumen investasi seperti reksadana pasar uang. Cara ini juga membantu agar Anda tidak mudah tergoda untuk mengambil saldo tabungan.

2. Buat laporan keuangan pribadi

Membuat laporan keuangan akan membantu Anda untuk mengetahui apa saja sumber pemasukan dan kemana saja uang keluar. Jika ada pos pengeluaran yang tidak penting, Anda bisa mengalihkannya untuk hal lain. 

Setiap awal bulan Anda juga disarankan untuk membuat rencana keuangan pribadi, Nantinya, rencana keuangan tersebut berfungsi sebagai rem atau kendali atas pengeluaran yang tidak penting.

Baca juga: Serba Serbi Emas Antam dan Tata Cara Jual Belinya

3. Simpan tabungan di lokasi tersembunyi

Jika Anda malas membuat rekening tabungan di bank, Anda juga bisa mencoba menabung dalam toples transparan. Melihat jumlah uang yang menumpuk di toples transparan akan membuat kita lebih bersemangat untuk menabung.

Namun, setelah selesai menabung jangan lupa letakan toples transparan tersebut di tempat yang tidak terlintas di benak agar Anda tidak tergoda untuk memakai uang tersebut. Cara ini juga menjamin keamanan tabungan Anda dari pencurian.

4. Kumpulkan uang kembalian saat berbelanja

Ketika belanja di toko, minimarket, atau warung kelontong, pasti Anda sering mendapatkan kembalian receh. Meski receh, kumpulkan saja yang tersebut lalu masukan dalam tabungan harian. 

Cara ini akan membantu Anda untuk mengawali hidup hemat. Dimulai dari mengumpulkan kembalian receh saat belanja, lama-lama jumlah tersebut akan semakin banyak.

5. Alokasikan uang di awal bulan

Saat mendapatkan gaji, langsung saja alokasikan untuk menabung, Jangan tunggu sampai ada uang sisa. Kita mesti tergoda untuk membeli hal-hal konsumtif saat ada uang sisa. 

Karena itu, sebaiknya kita langsung saja mengalokasikan uang tabungan saat hari pertama menerima gaji atau mendapatkan pemasukan. Dengan cara ini, mindset kita otomatis terbentuk untuk rutin menabung setiap bulannya.

Itulah cara menabung 20 juta dalam 1 tahun dan tips agar kita komitmen menabung. Menabung adalah hal penting untuk masa depan. Selain itu, rutin menabung juga akan membantu kita menghindari hal-hal yang hanya bersikap konsumtif. 

Menabung juga membantu kita terhindar dari hutang ketika ada keperluan mendadak di masa depan. Hidup tanpa hutang akan membuat kita lebih tenang, bukan?

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download