Cara Menabung 1 Juta Per Bulan Untuk Anak Sekolah

22 Apr 2022 by Laruan, Last edit: 25 Apr 2022

Menabung penting untuk masa depan. Sejatinya, menyimpan uang bisa dimulai ketika menjadi pelajar. Untuk itu, penting untuk mengetahui cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah.

Cara Menabung 1 Juta Per Bulan Untuk Anak Sekolah

Menabung 1 juta per bulan bukan tidak mungkin meskipun anak masih sekolah. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk dapat menabung setiap bulannya. Hanya saja, ini akan membutuhkan komitmen yang kuat dari pelajar itu sendiri.

Baca juga: Tips Menabung 5 Juta Setahun, Caranya Gampang!

Cara Menabung 1 Juta Per Bulan Untuk Anak Sekolah

Berikut adalah beberapa cara menabung 1 juta Per Bulan Untuk Anak Sekolah:

Sisihkan Uang Saku Dari Orang Tua

Menyisihkan sebagian uang saku bisa menjadi salah satu cara menabung 1 juta per bulan untuk diterapkan oleh para pelajar. Meskipun itu cukup sulit, usahakan untuk menyisihkan sebagian uang saku per minggu.

Caranya yakni dengan membuat rencana pengeluaran setiap minggu, meminimalisasi konsumsi barang yang tidak begitu perlu, lalu sisihkan Rp200 ribu – Rp300 ribu pada awal minggu. Lakukan hal ini secara rutin dan konsisten pada minggu berikutnya sampai mencapai akumulasi Rp1 juta pada akhir bulan.

Melakukan Kerja Sampingan atau Freelance

Bekerja sebagai freelance atau kerja paruh waktu dapat dilakukan. Ini sudah menjadi salah satu pekerjaan sampingan yang sangat populer di kalangan pelajar dan mahasiswa. Selain menghasilkan pundi-pundi untuk ditabung, pekerjaan sampingan juga menjadi pengalaman kerja pada portofolio Anda.

Contoh pekerjaan freelance yang bisa Anda lakukan adalah menjadi barista, koki, waiters restoran, atau penjaga toko franchise. Jika Anda tertarik untuk menjadi freelancer, menjadi content writer, editor, atau desainer grafis bisa Anda coba.

Penghasilan bulanan dari pekerjaan sampingan biasanya berkisar Rp 700 ribu sampai Rp1.5 juta. Oleh karena itu, cara menabung 1 juta per bulan yang satu ini begitu menguntungkan jika Anda cakap membagi waktu dan multitasking.

Tentukan Target Tabungan Anda

Cara menabung 1 juta per bulan untuk pelajar berikutnya adalah dengan menetapkan target tabungan. Langkah ini sangat ampuh jika Anda juga menentukan tujuan dari target itu. Misalnya, Anda menargetkan tabungan sebanyak Rp 250 ribu setiap minggunya guna membayar UKT kuliah. Ini akan lebih memotivasi.

Untuk mencapai nominal tersebut, Anda bisa menyisihkan uang saku, melakukan pekerjaan sampingan, kemudian membuka bisnis sendiri. Target ini tidak hanya berfungsi sebagai alat kontrol pengeluaran, tetapi juga pemantik semangat untuk tetap menabung.

Cara Menabung 1 Juta Per Bulan Untuk Anak Sekolah

Membuat Catatan Keuangan Secara Rutin

Membuat catatan keuangan merupakan salah satu cara menabung 1 juta per bulan yang kadang disepelekan. Padahal, catatan mengenai pemasukan, pengeluaran, serta anggaran belanja akan memudahkan Anda dalam mengatur keuangan.

Manajemen keuangan yang baik dapat menghindarkan Anda dari sikap konsumtif serta boros. Dengan itu, rencana menabung 1 juta per bulan bisa terealisasikan.

Mengurangi Kebiasaan Belanja dan Nongkrong dengan Teman

Belanja atau nongkrong dengan teman begitu menyenangkan. Namun, jika aktivitas ini dilakukan begitu sering maka dapat menyebabkan pemborosan pengeluaran jadi Anda kesulitan untuk menabung.

Meski demikian, bukan berarti Anda mesti menghentikan kegiatan itu sepenuhnya. Jika ingin menabung, Anda dapat mengurangi intensitasnya, contohnya sekali atau dua kali dalam satu bulan. Lalu Anda dapat buat catatan belanja untuk dibawa ketika Anda pergi ke swalayan sehingga tidak mudah goyah untuk membeli barang yang tak diperlukan.

Investasi Profit Harian

Investasi menjadi salah satu trik menyimpan uang yang menarik. Anda bisa memilih investasi dengan profit harian sehingga dapat menabung 1 juta per bulan.

Beberapa jenis investasi yang bisa Anda pilih adalah sebagai berikut:

Saham

Cuma dengan modal sebesar Rp100 ribu, Anda telah bisa membeli saham di Bursa Efek Indonesia. Amati fluktuasi saham secara teratur agar Anda dapat memantau profit harian yang didapat.

Reksadana

Pergerakan saham yang sangat fluktuatif kadang tidak aman bagi investor pemula seperti Anda. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan reksadana. Cuma dengan modal awal Rp100 ribu, Anda bisa menikmati untung harian dengan risiko kecil.

Deposito Berjangka

Instrumen investasi ini bisa Anda pilih sebagai cara untuk menabung 1 juta per bulan karena semakin lama atau besar modal, bunga yang didapat juga makin besar. Untuk memulainya, Anda memerlukan modal sekitar Rp1 juta s/d Rp10 juta, tergantung aturan bank.

Membuka Rekening Khusus Untuk Menabung Bagi Anak Sekolah

Menyimpan uang di bank menjadi salah satu cara menabung 1 juta per bulan yang paling efektif. Dengan menempatkan uang pada rekening tabungan, selain aman, Anda akan menjadi lebih disiplin untuk mengatur pengeluaran.

Cara Menabung 1 Juta Per Bulan Untuk Anak Sekolah

Setoran awal tabungan pelajar pada umumnya juga sangat kecil, yakni mulai dari Rp5 ribu. Biaya administrasi rekening serta kartu debit yang dibebankan juga lebih kecil. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan bunga tabungan tanpa begitu banyak potongan.

Membangun Bisnis Sendiri

Bagi Anda yang belum cukup umur untuk melakukan pekerjaan part-time, membangun bisnis sendiri bisa menjadi salah satu solusi untuk menabung 1 juta per bulan. Beberapa bisnis yang dapat Anda lakukan adalah berjualan makanan, pakaian, aplikasi premium, maupun paket data.

Biasanya, bisnis-bisnis kecil ini bisa Anda mulai dengan modal hanya Rp50 ribu. Jangan lupa untuk menerapkan strategi marketing yang murah serta efektif sehingga keuntungan yang diperoleh semakin besar.

Baca juga: 7 Tips Menabung 1 Juta Per Bulan dengan Mudah

Membawa Bekal Sendiri Saat ke Sekolah

Salah solusi yang bisa Anda terapkan untuk mengurangi pengeluaran adalah mengurangi biaya makan. Anda dapat menyiasati dengan makan sarapan di rumah serta membawa bekal makan siang sendiri. Selain itu juga lebih sehat.

Apabila tidak ada kegiatan di sekolah sampai sore, itu artinya Anda tidak akan mengeluarkan uang sepeser pun sebagai biaya makan. Selain bekal, akan baik Anda juga membawa air minum putih sendiri sehingga lebih hemat serta menyehatkan.

Puasa Senin Kamis

Cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah berikutnya adalah rajin melakukan puasa berdasarkan ajaran agama yang dipercaya. Biasanya adalah puasa senin kamis. Dengan begitu, Anda tidak akan menghabiskan uang untuk biaya makan atau minum.

Tidak cuma menghemat pengeluaran, Anda juga bisa mendapatkan pahala karena sudah menjalankan ibadah. Jika  sedang kurang fit, maka Anda tidak harus memaksakan diri untuk menahan lapar serta haus karena kesehatan diri harus menjadi prioritas utama.

Cara Menabung 1 Juta Per Bulan Untuk Anak Sekolah

Mengurangi Kebiasaan Belanja yang Tidak Perlu

Anda memang harus mengeluarkan uang guna memenuhi kebutuhan sekolah atau keperluan lainnya. Cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah yang dapat Anda lakukan yakni dengan mengurangi budget untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Alangkah baiknya jika Anda membuat daftar belanja guna menulis apa saja barang yang diperlukan sesuai dengan bujet yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda dapat mengendalikan diri untuk tidak membeli barang secara serampangan.

Memanfaatkan Momen Promo serta Diskon

Ketika ada momen-momen spesial, supermarket atau marketplace sering mengadakan promo serta diskon. Barang-barang yang ada dalam daftar promo maupun diskon dapat dibeli dengan harga miring.

Anda bisa memanfaatkan kesempatan promo serta diskon guna mengurangi biaya belanja. Di satu sisi, Anda jangan sampai tergiur untuk membeli barang yang tidak penting sehingga uangnya bisa dialihkan untuk menambah tabungan.

Mengumpulkan recehan 

Meskipun terlihat sepele, tapi mengumpulkan uang receh dapat menambah pundi-pundi tabungan. Walakin mungkin jumlahnya tidak begitu banyak. Akan tetapi, cara menabung uang jajan 2000 dapat menghasilkan cukup uang. Jika dikumpulkan, uang receh dapat jadi banyak. Itu prinsip menabung sebagaimana peribahasa sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.

Cara Menabung 1 Juta Per Bulan Untuk Anak Sekolah

Mengurangi Kebiasaan Bepergian Saat Liburan 

Cara menabung selanjutnya yakni menahan diri agar tidak pergi liburan. Biaya untuk liburan memang tidak sedikit. Lebih mahal dibandingkan nongkrong di mall. Anda perlu biaya buat akomodasi, tiket masuk tempat wisata, hingga oleh-oleh.

Menggunakan Kendaraan Umum 

Anda dapat menggunakan kendaraan umum untuk berangkat ke sekolah maupun kampus selain naik ojek online. Anda dapat menggunakan TransJakarta ke tempat tujuan di hampir seluruh area di Jakarta hanya dengan Rp 3500. 

Itulah informasi mengenai cara menabung 1 juta untuk anak sekolah. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Menabung 1 Juta Per Bulan, Yuk Bisa Yuk.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download