Tips Menabung 5 Juta Setahun, Caranya Gampang!

02 Oct 2021 by Laruan, Last edit: 25 Nov 2021

Mempunyai tabungan membantu supaya punya manajemen keuangan stabil dan untuk mencapai hal tersebut Sobat Pintar wajib mengetahui tips menabung 5 juta setahun. Menabung adalah salah satu investasi sehingga membutuhkan cara tepat untuk konsep menabung supaya bisa rutin.

Membiasakan menabung sejak kecil justru merupakan kegiatan positif karena bisa membantu mengatur keuangan agar tetap stabil sekaligus bisa tidak membebani keuangan terutama pada saat banyak pengeluaran.

Tips Ampuh Rasakan Promo Shopee 9.9 2021

5 Cara Nabung Bisa Dapat 5 Juta Dalam Satu Tahun

Ada banyak metode unik supaya Sobat Pintar bisa menabung ketika sudah memperoleh gaji dari pekerjaan yang Sobat Pintar jalankan saat ini. Berikut adalah tips menabung 5 juta setahun yang bisa Sobat Pintar coba di rumah:

1. Mulai dengan Menabung Rp1.000

Cobalah untuk belajar investasi dengan modal sebesar Rp1.000 sebagai awal memulai belajar menabung sampai bisa memperoleh hingga Rp5.000.000 pada akhir tahun. Cara ini sangat sederhana karena Sobat Pintar bisa memulainya tepat pada tanggal 1 dengan menabung sebanyak Rp1.000.

Karena Sobat Pintar akan menabung di rumah, siapkan juga celengan atau wadah apapun dan biasakan untuk menabung secara rutin. Buat kegiatan menabung sebagai kegiatan mengasyikkan yaitu dengan mengajak si kecil, atau nabung bareng teman.

Jumlah uang yang harus Sobat Pintar tabung harus naik sesuai tanggal pada kalender. Jika pada tanggal 2 maka Sobat Pintar harus menabung sebanyak Rp2.000 sedangkan pada tanggal 31 harus menabung sebanyak Rp 31.000.

Kegiatan menabung seperti ini sangat mudah karena Sobat Pintar mengawalinya dengan nominal sangat kecil yaitu Rp1.000 pada tanggal 1 hingga nominal terbesar yaitu Rp 31.000 pada tanggal 31. Lakukan secara rutin supaya Sobat Pintar bisa memperoleh hingga Rp 496.000 pada akhir bulan.

Sedangkan pada bulan Februari di mana hanya terdapat 28 hari, maka Sobat Pintar akan memperoleh tabungan sebesar Rp406.000. Dari seluruh hasilnya, total uang yang Sobat Pintar kumpulkan selama 1 tahun bisa mencapai hingga Rp 5.738.000. Cara ini tergolong mudah bukan?

2. Nabung Pakai Tabel Produktif

Jika Sobat Pintar capek karena mempunyai keinginan menabung tapi tidak pernah terealisasikan dengan baik, Sobat Pintar bisa mencoba melakukan langkah selanjutnya untuk tips menabung 5 juta setahun yaitu dengan menabung sesuai nominal pada tabel.

Caranya terbilang mudah yaitu dengan memastikan tidak ada beban ketika ingin menabung. waktu terbaik yaitu ketika selesai memperoleh uang gaji untuk Sobat Pintar sisihkan dalam bentuk tabungan.

Untuk memulai, cobalah dengan metode tabel produktif. Caranya dengan menyediakan celengan dan buatlah tabel untuk memulai menabung supaya bisa menghasilkan hingga 5 juta dalam satu tahun.

Buat tabel dengan beberapa nominal uang yang harus Sobat Pintar tabung sesuai kemampuan. Buat 52 nominal uang dalam tabel tersebut sehingga Sobat Pintar bisa mempersiapkan uang sesuai nominal dalam tabel tersebut per minggunya.

Dengan total 52 Nominal uang pada tabel, Sobat Pintar akan belajar menabung per minggu. Pastikan bahwa 52 nominal tersebut jika dijumlahkan hasilnya adalah 5 juta. Sehingga dalam 52 minggu atau 1 tahun Sobat Pintar akan memperoleh sebesar Rp5.000.000.

Nominal bisa berbeda atau Sobat Pintar buat sama dan setelah menabung sesuai nominal setiap minggunya, coret sehingga Sobat Pintar bisa fokus pada nominal yang belum dicoret untuk menabung pada minggu berikutnya.

3.  Menabung Pecahan Rp20.000

Cara berikutnya, bisa dengan membiasakan diri menabung kapan saja melihat uang pecahan Rp20.000. Strategi tersebut terbilang unik bagi Sobat Pintar yang tidak pernah bisa membiasakan diri untuk menabung dengan nominal uang besar tetapi ingin mempunyai tabungan banyak pada akhir tahun. Cara tersebut terbilang mudah, Sobat Pintar tinggal membiasakan diri kapan saja mempunyai pecahan uang Rp 20.000.

Hanya membutuhkan 250 lembar pecahan uang Rp 20.000 sehingga Sobat Pintar bisa menghasilkan uang 5 juta dari tabungan tersebut. 250 lembar uang pecahan ini bisa Sobat Pintar peroleh dengan mudah, karena dalam satu tahun terdapat 365 hari.

3. Menabung Per Minggu

Menabung menggunakan metode ini butuh niat dan komitmen tinggi. Sepintas, memang tampak mudah, tetapi tentu saja membutuhkan konsistensi supaya Sobat Pintar rutin menabung setiap hari agar berhasil memperoleh uang hingga 5 juta. Cara menabungnya terbilang sederhana, yaitu pada minggu pertama bisa menabung sedikitnya Rp.1.000. Jika terdapat tiga hari minggu pertama di Kalender, maka tanggal 1-3 artinya harus menabung sebanyak Rp.3000.

Jika menabung pada minggu kedua dengan terdapat 7 hari minggu, maka harus menabung Rp14.000. Lakukan cara ini secara terus menerus sampai akhir tahun dan Sobat Pintar bisa memperoleh hasil bahkan lebih dari 5 juta rupiah.

4. Atur Automatic Debit Ke Rekening Yang Digunakan Untuk Menabung

Selain menggunakan celengan di rumah, Sobat Pintar juga dapat menabung sehingga memperoleh 5 juta dalam waktu 1 tahun dengan cara mengatur automatic debit pada rekening tabungan. Menabung menggunakan metode transfer otomatis terbukti sebagai cara paling efektif menurut ahli keuangan Farnoosh Torabi.

Ia juga menyebutkan bahwa 10% gaji sebaiknya langsung Sobat Pintar transfer ke rekening tabungan menggunakan cara auto debet. Cara ini efektif karena Sobat Pintar tidak akan lupa untuk menabung sekaligus mencegah supaya Sobat Pintar tidak tergoda belanja sebelum menabung.

Salah satu hal terbaik yang Sobat Pintar lakukan adalah dengan cara menetapkan berapa nominal transfer dan setiap tanggal berapa Sobat Pintar akan melakukan transfer tersebut secara rutin. Dengan mengalihkan sebesar 10% dari gaji total maka Sobat Pintar akan belajar disiplin menabung secara mudah.

5. Mulai Menabung Dengan Nominal Terkecil

Clark Howard adalah seorang konsumen yang memberikan saran agar Sobat Pintar menabung dengan jumlah nominal terkecil. Cara seperti ini membutuhkan komitmen karena Sobat Pintar harus melakukan kebiasaan tersebut secara rutin. Hal ini sangat efektif Jika Sobat Pintar ingin menabung dan memperoleh uang tabungan hingga 5 juta per tahun dari kebiasaan menyisihkan uang dalam jumlah nominal kecil.

Kalau Sobat Pintar belum terbiasa untuk mengalokasikan tabungan sebesar 20 atau 10% dari gaji total, cobalah untuk memulai dengan menyisihkan gaji sebesar 2% saja. Kemudian, latih dengan cara menabung dengan meningkatkan presentasi hingga bisa naik sampai 20% dari gaji total. Menurut Howard, seseorang yang baru pertama kali bekerja harus mampu bertahan menggunakan setengah gaji karena tidak punya banyak tanggungan ataupun pengeluaran.

Sekarang Sobat Pintar sudah tahu bagaimana melakukan investasi dengan tips menabung 5 juta setahun. Menabung merupakan cara mengelola uang dengan tujuan supaya Sobat Pintar mempunyai dana cadangan di masa depan. Tabungan juga punya fungsi penting untuk menjamin kestabilan keuangan sekaligus membantu supaya Sobat Pintar bisa mengetahui prioritas keuangan.

Jika Sobat Pintar baru pertama bekerja dan sudah mulai memperoleh penghasilan, aktivitas menabung adalah hal penting untuk menciptakan kebiasaan supaya dapat menggunakan uang tabungan tersebut untuk kepentingan sesuai kebutuhan di masa depan. Kunci utama keberhasilan menabung adalah konsistensi sehingga Sobat Pintar bisa menggunakan berbagai metode di atas untuk mulai belajar menabung dari sekarang. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Dengan menabung, tentunya berbagai tujuan yang telah terencana bisa tercapai dengan lebih mudah.

Namun, kalau Sobat Pintar punya keperluan mendadak, andalkan saja pinjaman dari Kredit Pintar yang telah terdaftar dan diawasi OJK.

Ketahui Berbagai Fintech Lending Yang Terdaftar di OJK

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload