Cara Memulai dan Menjalankan Bisnis Ikan Cupang Untuk Pemula

07 Feb 2021 by Andro
Ikan Cupang

Ikan cupang – Dunia bisnis memang tidak ada habisnya, hampir setiap orang berusaha keras untuk menciptakan sebuah bisnis, baik itu bisnis baru maupun bisnis yang sedikit mengalami modifikasi.

Orang benar-benar tidak pernah kehabisan ide untuk mencari cara dan peluang untuk mendapatkan keuntungan, keinginan semacam ini wajar. Artikel ini akan membagikan bagaimana cara berbisnis ikan cupang.

Mengapa ikan cupang? Nah, ikan ini sangat populer di kalangan masyarakat. Menurut para pecinta ikan, ikan hias ini memiliki tubuh yang lebih kecil, sirip yang sedikit lebih lebar, dan penuh warna yang indah.

Sekarang, saatnya mengikuti langkah-langkah bisnis ikan cupang. Berikut langkah-langkah yang harus dipersiapkan dalam proses budidaya ikan cupang yang sederhana, semoga dapat menjadi referensi bagi peluang usaha kecil di rumah.

Cara Memulai dan Menjalankan Bisnis Ikan Cupang

Pahami Ikan Cupang

Metode bisnis pertama ikan cupang adalah memahami mengenai ikan cupang ini. Jika anda ingin memulai bisnis ikan cupang, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa itu ikan cupang. Biasanya, ada cupang adu dan cupang hias.

Untuk ikan hias, masyarakat memeliharanya hanya untuk menghargai keindahan bentuk dan corak warna serta gerakannya. Untuk aduan, ini hanya digunakan sebagai game fighting. Terdapat laporan penelitian ilmiah bahwa terdapat 73 spesies ikan cupang di alam, namun hanya sebagian kecil saja yang diketahui secara luas dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Cara Membedakan Jenis Cupang

Metode bisnis cupang yang pertama adalah memahami perbedaan antara cupang. Perbedaan antara keduanya sangat jelas, sehingga Anda dapat mengenalinya sejak masih sangat muda.

Umumnya ikan aduan jantan memiliki gerakan yang lincah, sirip dan ekor yang lebar dan mengembang, warnanya sedikit lebih cerah, dan tubuh yang lebih besar, sedangkan ikan aduan betina memiliki gerakan yang lebih lambat, badan kecil, sirip dan ekor lebih pendek, serta warna agak kusam.

Jika Anda bisa membedakan kedua jenis cupang tersebut, maka langkah selanjutnya adalah mengawinkan keduanya, namun Anda harus memahami terlebih dahulu ciri-ciri cupang yang akan dipasangkan. Ikan cupang harus berumur minimal 4 sampai 8 bulan, mempunyai tubuh yang panjang, sirip yang panjang, warna yang cerah, dan dapat bergerak dengan cepat.

Cupang Bertelur

Metode usaha ikan cupang yaitu metode pemijahan. Pertama, anda harus menyediakan lokasi yang dapat digunakan sebagai tempat untuk cupang jantan dari botol plastik atau akuarium kecil berukuran 20 x 20 x 20 cm. Setelah cupang jantan siap, pisahkan cupang betina dengan cupang jantan.

Selain itu, jangan lupa sediakan tanaman air seperti kayambang. Sebagai informasi tambahan, cupang kawin dapat menghasilkan ribuan telur, telur ini akan menetas dalam waktu 24 jam setelah pembuahan.Karena kematian benih ikan cupang sangat tinggi, selama masa kawin cupang biasanya hanya dapat menghasilkan 30 telur. Hanya ikan aduan yang bisa bertahan hidup atau sehat.

Bagaimana Ikan Cupang Bertelur?

Pahami proses pemijahan. Sediakan akuarium sebagai tempat pemijahan dan isi dengan air setinggi 10-15 cm. Sebaiknya gunakan air sungai alami dan biarkan mengendap sebelum menambahkan ikan. Jangan gunakan air keran yang mengandung kaporit. Taruh di dalam tanaman air, tidak perlu terlalu lebat, akan menjadi tempat berteduh benih di masa depan.

Selanjutnya masukkan ikan cupang jantan yang siap kawin dan biarkan ikan jantan di dalam wadah selama satu hari. Jantan akan menghasilkan gelembung setelah pembuahan untuk menyimpan telur.

Makanan Ikan Cupang

Ketahui status makanan ikan. Kecuali ulat sutera dan jentik-jentik nyamuk, kutu air merupakan makanan terbaik untuk memberi makan cupang. Ini harus diberi makan 3 sampai 4 kali sehari. Cara mencarinya sangat sederhana, biasanya parit atau genangan air. Namun kini, bisa juga didapatkan secara luas di toko pakan ikan hias atau pasar hewan peliharaan.

Teknik Merawat Cupang

Karena memiliki daya tahan tubuh yang kuat, mereka bisa dipelihara di akuarium tanpa menggunakan aerator. Namun, tetap disarankan agar Anda selalu menganginkan air dan memasang filter yang bersih untuk menjaga kualitas air. Tujuannya agar perkembangan ikan cupang semakin sempurna, dan senantiasa dalam keadaan sehat.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah tidak memasukkan banyak ikan jantan dewasa ke dalam wadah atau akuarium. Agresivitas mereka akan mampu menyerang satu sama lain. Akibatnya, hal itu dapat berdampak buruk pada unit pendingin, dan pola warna tidak akan optimal.

Aplikasi Pinjaman Online Kredit Pintar

Dapatkan modal usaha melalui Kredit Pintar. Kredit Pintar adalah aplikasi pinjaman online terbaik, Anda hanya perlu memenuhi persyaratan KTP untuk mengajukan. Anda tidak perlu menggunakan NPWP untuk mendapatkan pinjaman tunai online, dan penggajian Anda bisa sampai Rp2,3 juta. Untuk pengguna terpilih yang memenuhi persyaratan, pembatasan bahkan dapat ditingkatkan.

Saat Anda membutuhkan dana cepat, Kredit Pintar menjadi pilihan yang tepat karena proses persetujuan yang cepat dan pinjaman akan langsung masuk ke rekening peminjam.

Kredit Pintar dengan aplikasi pinjaman online memberikan pinjaman online dengan cicilan bulanan dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Batas pinjaman adalah Rp 600.000 dan biaya harian 0,65%.
  • Pinjaman online sebesar 2,3 juta rupiah, jangka waktu maksimal 3 bulan, dan biaya harian 0,56%.

Apa saja syarat untuk meminjam uang melalui kredit pintar?

  • Warga negara Indonesia (WNI).
  • Usia minimal 22 tahun.
  • Usia maksimal 60 tahun.
  • Buka rekening bank atas nama Anda sendiri.
  • Memiliki KTP yang berlaku.

Keunggulan Aplikasi Pinjaman Online Kredit Pintar

Pinjaman online Kredit Pintar berlaku untuk seluruh wilayah di Indonesia. Selama syarat dan ketentuan peminjam terpenuhi, siapa pun dan di mana pun dapat meminjam uang tunai melalui aplikasi pinjaman online.

Layanan pinjaman online Kredit Pintar merupakan yang terbaik dan diberikan dalam bentuk aplikasi berbasis Android. Pengguna smartphone Android dapat mengaksesnya dengan sangat mudah dan efisien.

Meminjam uang dari Kredit Pintar cukup untuk mempersiapkan KTP. Calon debitur lainnya hanya perlu mengisi data pribadinya saat mengajukan pinjaman online tanpa payroll.

Cek Fungsionalitas Pengajuan Pinjaman Melalui Aplikasi Kredit Pintar.

  • Anda dapat menghubungi Layanan Pelanggan dengan menelepon (021) 5059-882, atau melalui email cs@kreditpintar.com untuk membatalkan pengajuan pinjaman Kredit Pintar Anda.
  • Jika pinjaman disetujui, proses peninjauan cepat 24 jam akan langsung mengalokasikan dana ke akun pribadi.

Demikianlah beberapa uraian tentang bagaimana memulai bisnis ikan cupang. Mulai dari memahami jenis hingga cara perawatan. Ini adalah bisnis yang relatif mudah dilakukan dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang, selain itu ikan ini memiliki keindahan tersendiri dan memiliki nilai jual yang tinggi, sehingga kesempatan untuk menghasilkan uang yang banyak ini tidak boleh terlewatkan.

Baca Juga:

Lebih Efisien Dengan Galaxy A01, Hp Samsung Untuk Belajar Online

Review Pinjaman Online Kredit Pintar 2021

mobile-closeKredit PintarDownload