Cara Membuat Thumbnail Youtube yang Menarik

23 Nov 2021 by Laruan

Siapa sih yang nggak suka nonton Youtube? Situs yang bisa diakses di PC dan handphone, baik pengguna android atau iOs, ini semakin memudahkan para pengguna untuk mengaksesnya. Dengan adanya Youtube, sepertinya apa pun yang sedang kita ingin tahu atau ingin cari bisa kita temukan di sana. Dari resep masakan hingga cara memasang keramik bisa kita temui di Youtube. 

Cara Membuat Thumbnail Youtube yang Menarik

Selain memudahkan para penggunanya untuk mencari video yang diinginkan, Youtube juga mempermudah para penggunanya untuk jadi pembuat konten dan mengunggahnya ke Youtube. Oleh karena itu lah video yang bisa kita saksikan di Youtube ada beragam macamnya.

Sebelum mengunggah video ke Youtube, Sobat Pintar lebih baik mencari tahu terlebih dahulu mengenai fitur-fitur apa saja yang ada, agar video yang kita unggah dapat menarik penonton. Salah satunya adalah dengan membuat thumbnail video yang menarik. 

Apa itu thumbnail video Youtube?

Thumbnail video merupakan gambaran singkat video Sobat Pintar yang bisa dilihat ketika sedang melihat-lihat video di Youtube. Setelah video selesai diunggah, Sobat Pintar bisa memilih tiga opsi thumbnail yang otomatis direkomendasikan oleh Youtube. Sobat Pintar juga bisa mengupload video thumbnail buatan sendiri jika akunnya sudah terverifikasi.

Cara membuat thumbnail video Youtube:

1. Login ke Youtube Studio

2. Di menu sebelah kiri, pilih Konten

3. Pilih video dengan cara klik thumbnail-nya

4. Pilih thumbnail yang ada kemudian klik Simpan

Memang jika dilihat dari cara membuat thumbnail video Youtube tersebut rasanya mudah dilakukan, padahal ketika pelaksanaannya ternyata lebih rumit daripada yang terlihat. Karena kita harus pintar-pintar memilih thumbnail video agar video yang kita unggah bisa menarik banyak penonton.

Salah satu cara membuat thumbnail video Youtube adalah dengan menggunakan aplikasi. Berikut beberapa aplikasi atau situs yang bisa Sobat Pintar kunjungi untuk membuat thumbnail video yang lebih menarik.

Tools untuk Membuat Thumbnail Video Youtube

  1. Canva

Canva merupakan aplikasi atau situs yang mudah diakses karena tersedia di handphone baik android mau pun iOs. Dengan menggunakan canva, Sobat Pintar bisa membuat thumbnail video Youtube dengan mudah dan cepat. Caranya adalah dengan mengetik kata kunci “template” dan Sobat Pintar sudah bisa memilih template yang sudah disediakan di canva.

  1. Adobe spark

Situs ini memudahkan Sobat Pintar dalam membuat thumbnail video Youtube karena memiliki banyak template yang bisa digunakan. Kelebihan dari Adobe spark adalah template yang disediakan sudah dibedakan berdasarkan kategori sehingga bisa membuat proses editing menjadi tambah mudah.

  1. Picmaker

Sobat Pintar ingin membuat thumbnail video Youtube yang menarik banyak penonton? Picmaker bisa membantu mewujudkannya. Sobat Pintar hanya perlu menentukan foto apa yang ingin dimunculkan di thumbnail, lalu tentukan warna background yang sesuai. Sobat Pintar juga bisa menggunakan fitur-fitur yang ada seperti frame, ikon, font, dan lainnya untuk mengedit video yang dimiliki oleh Sobat Pintar.

  1. Crello

Di situs ini, Sobat Pintar bisa membuat thumbnail video Youtube yang menarik. Karena crello menyediakan banyak template yang bisa Sobat Pintar gunakan. Atau bisa juga Sobat Pintar membuatnya sendiri karena banyak fitur-fitur yang disediakan oleh crello yang bisa memudahkan Sobat Pintar untuk membuat thumbnail video Youtube.

  1. Background eraser

Melalui aplikasi ini, Sobat Pintar bisa dengan mudah menghapus background gambar. Dalam aplikasi ini terdapat kursor yang memudahkan Sobat Pintar saat menghapus bagian-bagian yang diinginkan. Sehingga Sobat Pintar bisa mendapatkan foto yang lebih rapi jika menghapus background menggunakan aplikasi ini.

  1. PicsArt

Aplikasi yang sudah banyak digunakan ini merupakan salah satu aplikasi yang memudahkan Sobat Pintar untuk mengatur rasio video sesuai keinginan. Sobat Pintar juga bisa menambahkan tulisan atau deskripsi yang akan ditampilkan dalam video, atau mengatur background thumbnail, bahkan menambahkan foto sebanyak yang diinginkan oleh Sobat Pintar. Di aplikasi ini juga terdapat fitur stiker yang bisa digunakan untuk mempercantk thumbnail video.

  1. Cover photo maker

Jangan kaget ketika Sobat Pintar menggunakan aplikasi ini, karena layar tampilan handphone akan berubah menjadi landscape. Terdapat banyak menu yang disediakan dalam aplikasi ini seperti my designs, my covers, dan lainnya. Dalam aplikasi ini, disediakan ukuran desain yang digunakan untuk banyak sosial media seperti Instagram, Twitter Linkedin, dan lain sebagainya.

Tips Membuat Thumbnail Video Youtube

Selain menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, ada beberapa tips cara membuat thumbnail video Youtube agar lebih menarik untuk ditonton, yaitu:

  1. Pilih foto atau gambar yang ekspresif

Dengan menggunakan foto atau gambar yang ekspresif, membuat para penonton lebih tertarik untuk menontonnya, dibandingkan dengan foto atau gambar yang biasa saja. Tidak hanya menggunakan gambar wajah, Sobat Pintar juga bisa menggunakan gambar lainnya yang ingin ditonjolkan dalam video. 

  1. Buat tulisan dan background yang menarik

Dengan menggunakan tulisan yang menarik seperti font yang tebal dan besar, maka penonton akan langsung menangkap video apa yang sedang dia lihat. Selain itu jangan lupa cocokkan dengan foto yang digunakan, agar tidak terlalu “ramai” atau “sepi”.

  1. Menambahkan stiker ke foto utama

Dengan menggunakan stiker, akan menambahkan efek lebih menonjol. Sehingga lebih menarik penonton untuk melanjutkan menonton video tersebut.

  1. Berikan warna kontras dalam teks yang mau di-highlight

Dengan teks yang memiliki warna kontras, maka penonton akan bisa membaca lebih jelas judul yang ada dalam video. Sehingga dengan begitu ada kemungkinan bahwa video Sobat Pintar akan menarik lebih banyak penonton.

  1. Gunakan lingkaran dan tanda panah

Hanya dengan menambahkan elemen lingkaran dan tanda panah, bisa membuat video Sobat Pintar lebih banyak ditonton. Karena Sobat Pintar bisa menonjolkan gambar atau foto yang ingin di-highlight dengan menggunakan kedua elemen ini sehingga penonton bisa langsung menangkap mengenai apa yang ingin dibahas dalam video tersebut.

Dengan beberapa aplikasi yang sudah disebutkan di atas dan juga cara-cara membuat thumbnail video Youtube, semoga bisa membantu Sobat Pintar yang ingin mengunggah video ke Youtube. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
23 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload