Cara Membuat Surat Izin Sekolah yang Benar

07 Dec 2021 by Kredit Pintar, Last edit: 21 Sep 2022

Terkadang ada waktu dimana beberapa orang tidak dapat mengikuti pelajaran sekolah karena sedang sakit atau ada alasan tertentu yang mengharuskan seseorang mengirimkan pesan dengan cara membuat surat izin sekolah.

Dan tak sedikit orang tua yang merasa masih kesulitan untuk bagaimana cara membuat surat izin tidak masuk sekolah yang benar. Oleh sebab itu, ada baiknya para orang tua atau wali siswa mengetahui beberapa cara membuat surat izin sekolah agar tidak ada beberapa kata atau ucapan yang salah.

Sebelum itu, dalam penggunaan surat memang bukan menjadi sesuatu yang sering dilakukan para orang tua karena sudah mudahnya penyampaian informasi dengan bantuan teknologi yang semakin hari semakin berkembang.

Dengan cukup mengirim pesan singkat atau menelpon pihak sekolah, orang tua dapat menyampaikan bahwa anak yang bersangkutan tidak dapat mengikuti pelajaran pada hari tersebut.

Namun dalam beberapa kondisi, fungsi dari surat tidak dapat digantikan dengan pesan singkat ataupun panggilan telepon saja, karena dalam kondisi ini memang diharuskan untuk lebih dalam hal yang lebih formal dan resmi.

Salah satunya dengan menyampaikan pesan bahwa surat masih diwajibkan untuk menyampaikan sebuah alasan kenapa anak tidak dapat mengikuti pelajaran atau masuk ke sekolah.

Terkadang, anak yang bersangkutan sedang dalam kondisi badan yang kurang sehat atau memang ada sesuatu yang mendesak dan tidak dapat ditinggalkan selain tidak mengikuti pelajaran sekolah.

Oleh sebab itu, surat izin tidak masuk sekolah menjadi sangat penting agar pihak sekolah terutama wali kelas mengetahui kondisi sang anak.

Perlu diketahui bahwa penggunaan surat izin tidak masuk sekolah akan lebih dianggap formal dan bisa lebih dipertanggungjawabkan dibandingkan hanya dengan menggunakan pesan singkat atau panggilan telepon saja.

Maka dari itu, penggunaan surat untuk izin tidak masuk sekolah masih banyak digunakan hingga saat ini. Akan tetapi, ada beberapa orang tua yang masih belum memahami bagaimana cara membuat surat izin sekolah. 

Untuk membuat surat izin tidak masuk sekolah sebenarnya tidaklah sulit. Namun, perlu diketahui beberapa hal yang harus diperhatikan agar pesan yang ingin disampaikan bisa diterima dengan baik oleh pihak sekolah atau wali kelas dari siswa yang bersangkutan.

Format Hingga Cara Membuat Surat Izin Sekolah yang Perlu Diketahui Para Orang Tua 

1. Memiliki Tujuan Dalam Pengiriman Surat

Hampir dari setiap surat yang akan dikirimkan harus memiliki tujuan dan alamat yang jelas agar pesan yang disampaikan di dalam surat tersebut tersampaikan.

Dalam hal ini perlu diperhatikan juga kepada siapa surat akan disampaikan, apakah kepada wali kelas, guru mata pelajarannya saja, atau ke kepala sekolah.

Oleh sebab itu, perlu diperhatikan untuk tujuan pengiriman surat dengan menggunakan format ‘Kepada Yth’ agar mengetahui kepada siapa pesan tersebut disampaikan.

2. Alasan Tidak Mengikuti Pelajaran

Beberapa alasan memang menjadi pertimbangan oleh orang tua untuk menyampaikan pesan bahwa anak yang bersangkutan tidak dapat mengikuti pelajaran di hari tersebut. Karena, pihak sekolah pastinya turut menentukan apakah surat tersebut dapat diterima atau tidak.

Terkadang, siswa tidak dapat mengikuti pelajaran dikarenakan memiliki alasan tertentu seperti sedang kurang enak badan, mengikuti acara keluarga atau lain sebagainya yang masih dianggap logis.

3. Pengisian Tanggal

Seperti diketahui diatas, jika seorang siswa akan tidak mengikuti pelajaran harus dipastikan akan meminta izin terlebih dahulu kepada pihak sekolah. Akan tetapi perlu diperhatikan untuk tanggal berapa saja yang akan diabaikan untuk mengikuti pelajaran tersebut. Umumnya, pihak sekolah memberikan tiga hari batasan waktu untuk seorang siswa tidak dapat mengikuti pelajaran.

4. Alamat Tujuan Surat

Isikan alamat surat sesuai dengan dimana tempat sekolah siswa berada, jangan sampai menulis dengan alamat yang salah jika tak ingin surat tersebut tersampaikan dengan baik.

5. Isi Surat Izin

Bagian terpenting dalam sebuah surat yakni isi dari surat tersebut, seseorang akan mengetahui pesan yang disampaikan melalui isi pesan tersebut. Sebelum menuliskan isi surat, perlu diperhatikan beberapa kata; termasuk salam pembuka, kalimat pembuka, isi surat dan salam penutup pada surat.

Isikan surat juga dengan keterangan nama siswa yang bersangkutan, kendala tidak mengikuti pelajaran atau memasuki sekolah, berapa hari jumlah izin yang disampaikan, hingga yang terakhir, isikan surat dengan nama pengirim dan ditandatangani oleh pengirim surat.

Ada banyak jenis surat izin sekolah yang dapat diketahui kepada para orang tua Sobat Pintar agar tidak terjadi kekeliruan dalam penyampaiannya.

Berikut Beberapa Contoh Surat Izin Sekolah yang Bisa Dijadikan Gambaran Orang Tua 

1. Surat Izin Sekolah dengan Surat Keterangan Dokter

Jember, 25 November 2021
Hal : Permohonan Izin Sekolah
Lampiran : 1 lembar

Kepada Yth
Bapak/Ibu Guru SMK Negeri 5 Jember
Jalan Brawijaya No. 168
Di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, selaku orang tua dari siswa yang bernama:

Nama : Dena Wiliyam
Kelas : XII (Multimedia)
Alamat : Perumahan Griya Mangli Indah DR 16 Kaliwates Jember
NISN : 123445

Dengan ini kami bermaksud ingin memberitahukan bahwa anak kami tersebut sedang sakit. Atas saran dokter maka diharuskan untuk beristirahat total dan tidak dapat mengikuti pembelajaran di sekolah selama 3 hari sejak datangnya surat ini. Adapun surat keterangan sakit dari dokter sudah kami lampirkan bersama dengan surat ini.

Demikian surat permohonan izin kami buat. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Orang tua siswa,

2. Surat Izin Sekolah karena Keperluan Penting

Jember, 25 November 2021
Hal : Permohonan Izin Sekolah
Lampiran : 1 lembar

Yth.
Bapak/Ibu Wali Kelas XI MMD SMKN 5 Jember
Di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, selaku orang tua dari dari siswa yang bernama:

Nama : Dena Wiliyam
Kelas : XII (Multimedia)
Alamat : Perumahan Griya Mangli Indah DR 16 Kaliwates Jember
NISN : 123445

Dengan ini kami bermaksud untuk memohon izin kepada wali kelas yang bersangkutan karena anak kami tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar pada hari Kamis, 26 November 2021 karena adanya keperluan di luar kota yang sangat penting dan tidak dapat ditinggalkan. Ada kiranya Bapak/Ibu berkenan memberikan izin kepada siswa yang bersangkutan.

Demikian permohonan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas kebijaksanaan dan izin yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Orang tua siswaItulah beberapa contoh dari surat izin dan bagaimana cara membuat surat izin sekolah yang sangat mudah dan pastinya akan lebih formal dibandingkan hanya dengan menggunakan pesan singkat atau melalui panggilan telepon saja. Oleh sebab itu ada baiknya jika tidak mengikuti pelajaran, maka peran orang tua harus lebih memahami bagaimana prosedur yang harus dijalankan agar siswa yang bersangkutan tidak menyalahi aturan sekolah.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download