Cara Membuat Grup WA di 3 Perangkat Berbeda

19 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 28 Jan 2022

Cara membuat grup WA merupakan sebuah topik yang hangat. WA atau WhatsApp sendiri adalah aplikasi yang terkenal.

Aplikasi ini mampu menghubungkan banyak orang hanya dengan menggunakan internet. Anda bisa mengirim pesan dengan mudah memakai aplikasi ini.

Selain mengirim pesan, WA juga bisa digunakan untuk menelepon. Anda bisa memilih untuk melakukan panggilan suara atau panggilan video.

Pengguna WA bahkan bisa memakai aplikasi ini untuk membuat grup. Kemudian tambahkan beberapa anggota ke dalam grup untuk meramaikan suasana.

Cara Membuat Grup WA dan Menggunakannya

Grup WA sudah terbukti mampu memudahkan para pengguna smartphone. Fitur grup WA ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan ke banyak orang.

Dengan adanya Grup, Anda bisa saling berbagi informasi dengan para anggota grup. Kalau Anda adalah admin, Anda bahkan bisa melakukan berbagai aktivitas lain.

Lalu bagaimana Anda bisa menciptakan grup WA baru dan menambahkan anggota?

Baca juga: Ayo Intip Platform Live Streaming Game Indonesia

Membuat Grup WA di iPhone

Cara menciptakan grup WA yang pertama adalah untuk para pengguna perangkat iPhone. Setiap perangkat mempunyai tampilan WA yang berbeda.

Kalau Anda merupakan pengguna iPhone, ikuti cara membuat grup WA berikut ini.

  • Ketuk ikon WA untuk menjalankan aplikasi tersebut. Kalau Anda belum punya aplikasinya, bisa download dulu di App Store.
  • Setelah membuka aplikasi WA di iPhone, perhatikan ikon Chats yang ada di bagian bawah layar. Langkah ini akan membuka beberapa baris jendela chat.
  • Lalu ketuk tulisan Create New Group yang ada di baris paling atas. Selanjutnya tinggal pilih saja beberapa kontak WA untuk menjadi anggota grup.
  • Anda boleh menambahkan 256 kontak ke suatu grup WA. Nama serta foto profil orang-orang yang Anda pilih akan muncul di bagian atas layar iPhone.
  • Hanya orang-orang yang kontaknya sudah tersimpan di smartphone yang bisa Anda tambahkan ke grup. Pastikan nama setiap orang yang akan ditambahkan ke grup sudah Anda simpan terlebih dahulu.
  • Setelah selesai memilih anggota grup, ketuk tombol Next yang ada di bagian kanan atas layar. Anda akan langsung menuju ke halaman New Group.
  • Masukkan nama grup di bagian Group Subject. Cara membuat grup WA yang satu ini mewajibkan Anda untuk menggunakan maksimal 25 karakter saja. Tambahkan juga foto grup dengan menyentuh ikon kamera yang ada di bagian kiri bagian Group Subject.
  • Dan yang terakhir tinggal menyentuh tombol Create yang berada di kanan atas jendela WA. Grup WhatsApp Anda sudah siap beroperasi.

Sekarang Anda bisa berkomunikasi dengan semua orang yang berada dalam grup tersebut. Anda juga bisa saling berbagi file dan foto dengan anggota grup tersebut.

Baca juga: Inilah Cara Menghapus Akun TikTok Paling Mudah

Cara Membuat Grup WA di Android

Tampilan WhatsApp untuk Android dan tampilan WA iPhone sangat berbeda. Kalau Anda baru beralih dari iPhone ke Android, cari tahu cara menciptakan grup WA di perangkat baru Anda.

Ada beberapa langkah mudah untuk membuat grup WhatsApp di perangkat Android. Ikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Sentuh ikon WhatsApp di perangkat Android untuk menjalankan aplikasi chat tersebut. Di bagian utama akan langsung muncul pesan dari banyak kontak Anda.
  • Cara membuat grup WA berikutnya adalah menyentuh ikon pesan yang ada di kanan bawah jendela WhatsApp. Dua baris paling atas akan menunjukkan dua pilihan untuk membuat pesan baru.
  • Pilih menu New group kemudian pilih kontak yang akan Anda masukkan ke grup tersebut. Kemudian ketuk tanda panah yang muncul di kanan bawah jendela WhatsApp setelah Anda selesai memilih anggota grup.
  • Ketikkan nama grup di bagian Type group subject here. Anda juga boleh menambahkan foto grup dengan menyentuh ikon kamera. Untuk foto grup sendiri bisa diambil langsung memakai kamera, dipilih dari galeri, atau menggunakan stiker dan emoji dari WhatsApp.
  • Setelah selesai memasukkan nama grup dan menambahkan foto profil grup, sentuh tanda centang di bagian kanan bawah. Grup WA Anda sudah siap untuk digunakan.

Cara membuat grup WA ini memang sedikit berbeda dari cara yang sebelumnya. Tapi perbedaannya hanya terletak pada tampilannya saja. Semua fitur yang ada dalam grup WA tidak berbeda sama sekali.

Anda bisa langsung mengirimkan berbagai file untuk anggota grup yang lainnya. Mengirim pesan, foto, video, link, hingga kontak dan lokasi bisa langsung dilakukan segera setelah grup WA selesai dibuat.

Membuat Grup WA di Aplikasi Windows

Kalau Anda lebih sering memakai aplikasi WhatsApp yang ada di laptop atau komputer, ikuti beberapa langkah yang ada di bawah untuk membuat grup WA baru.

  • Pastikan aplikasi WA untuk Windows sudah terpasang di komputer maupun laptop Anda. Hubungkan aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel dengan aplikasi WhatsApp di PC.
  • Selanjutnya Anda akan melihat semua chat WA di PC dengan urutan yang sama persis dengan chat WA yang ada di smartphone.
  • Untuk membuat grup WA, klik ikon + yang berada di sebelah kiri atas. Anda akan melihat daftar kontak. Klik pilihan New group yang ada di baris paling atas daftar kontak tersebut.
  • Pilih kontak yang akan menjadi anggota grup WA tersebut. Ketikkan nama kontak untuk mempermudah pencarian calon anggota grup WA.
  • Klik tombol panah di bagian bawah segera setelah Anda selesai memilih anggota grup WA tersebut.
  • Cara membuat grup WA berikutnya adalah memasukkan nama grup di bagian Group Subject dan memberikan foto profil grup dengan mengklik ikon kamera (Add Group Icon).
  • Kalau sudah selesai memasukkan informasi grup seperti foto dan nama grup, klik tombol centang hijau di bagian kiri bawah. Grup WA Anda sudah bisa digunakan.

Tidak seperti aplikasi WhatsApp smartphone, aplikasi WhatsApp untuk Windows tidak harus diunduh untuk bisa digunakan. Anda bisa mengunjungi situs web.whatsapp.com di aplikasi pencarian untuk memakai aplikasi WhatsApp versi PC tersebut.

Baca juga: Ternyata Semudah Ini! Cara Membuat Kode QR

Keunggulan Grup WhatsApp

Setelah mempelajari cara membuat grup WA, Anda perlu mengetahui keunggulan fitur grup WhatsApp ini. Ada banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh fitur grup WhatsApp untuk para pengguna WhatsApp dimanapun mereka berada. Beberapa kelebihannya adalah:

  • Anda bisa melihat apakah semua anggota sudah membaca pesan yang Anda kirimkan atau belum. Bahkan kontak yang mematikan centang birunya akan tetap menampilkan centang biru saat mereka membaca pesan Anda di grup.
  • Bisa menghemat waktu karena pesan Anda bisa langsung dibaca dan dibalas oleh semua orang yang ada di dalam grup tersebut. Terapkan cara membuat grup WA di atas sesuai dengan perangkat Anda.
  • Memungkinkan Anda untuk mengkoordinasi suatu acara dengan lebih mudah. Masukkan semua orang yang terlibat dalam acara tersebut ke suatu grup WA.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
28 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download