Cara Jual Uang Kuno

21 Nov 2022 by kreditpintar, Last edit: 21 Nov 2022

Uang kuno yang pada dasarnya sudah tidak dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah karena sudah dicabut izin peredarannya ternyata dapat memiliki nilai fantastis di mata para kolektor. Uang kuno ini dapat menjadi item bisnis yang memberikan keuntungan besar melalui transaksi jual beli. Penasaran dengan cara jual uang kuno tersebut? Simak artikel berikut ini.

Cara Jual Uang Kuno

Memiliki koleksi uang kuno menjadi kebahagiaan tersendiri oleh sebagian orang. Banyak kolektor yang bahkan rela merogoh ratusan ribu hingga ratusan juta untuk menambah koleksinya. Jika anda memiliki uang kuno, hal ini dapat menjadi kesempatan emas untuk mendapatkan cuan yang jauh berbeda dengan nilai nominal pada uang kuno tersebut.

Cara jual uang kuno sebenarnya mudah dilakukan. Apalagi pasar yang menghubungkan penjual dan pembeli saat ini tak hanya dapat dilakukan secara langsung namun juga dapat dilakukan virtual. Banyak platform yang dapat anda jadikan sebagai jembatan untuk melakukan penjualan dan menghubungkan anda dengan para kolektor di luar sana.

Mengapa Muncul Uang Kuno?

Cara Jual Uang Kuno

Uang adalah alat pembayaran sah yang digunakan oleh masyarakat suatu wilayah untuk melakukan transaksi jual beli. Di indonesia sendiri, mata uang yang digunakan adalah rupiah. Dimana, uang tersebut dibuat menggunakan bahan dasar kertas atau logam untuk diedarkan ke masyarakat dengan berbagai nilai pecahan.

Yang memiliki tanggung jawab penuh untuk mengedarkan pecahan mata uang ke masyarakat adalah bank indonesia. Dalam suatu waktu, pecahan tersebut akan ditarik peredarannya dan digantikan dengan nilai pecahan lain yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Saat pecahan mata uang itu ditarik, maka uang tersebut tidak dapat lagi dijadikan sebagai alat pembayaran saat melakukan transaksi. 

Dalam ketentuan yang berlaku terkait pencabutan tersebut, masyarakat yang memegang pecahan rupiah yang ditarik dapat menurunkannya dalam jangka waktu 10 tahun sejak penerbitan.

Di mana, 5 tahun pertama, penukaran dapat dilakukan di seluruh bank yang ada di indonesia, baik bank umum maupun bank sentral, namun di 5 tahun berikutnya penukaran hanya dapat dilakukan di kantor bank sentral.

Pecahan mata uang yang sudah lama dicabut inilah kemudian menjadi uang kuno yang menarik para kolektor uang untuk dikoleksi.

Dengan kata lain, selain pecahan nilai mata uang yang tak berlaku lagi dapat dibawa ke bank sesuai ketentuan yang berlaku, juga dapat dijual ke kolektor untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Ciri-Ciri Yang Kuno Yang Memiliki Nilai Tinggi

Meskipun banyak uang yang masuk dalam kategori kuno, namun tak semua dari uang tersebut memiliki nilai tinggi. Olehnya itu, sebelum anda mengetahui cara jual uang kuno, terlebih dahulu anda perlu mengetahui apa saja ciri-ciri uang tersebut memiliki nilai jual yang tinggi. Berikut penjelasannya.

Ketika suatu nilai mata uang,  baik berupa uang kertas maupun logam ditarik peredarannya, maka hal yang membuat nilai uang kuno mahal dilihat dari nilainya dan periode peredarannya. Semakin lama periode uang tersebut biasanya akan semakin besar biaya yang siap dikeluarkan para kolektor. Tak hanya itu, langka tidaknya mata uang tersebut juga mendorong nilai yang semakin tinggi.

Biasanya, uang yang terlihat kusut, nilainya sudah pudar, memiliki catat seperti robek pada uang, terdapat lipatan kasar dan jelas atau kondisi lain yang membuat uang terlihat tidak layak juga turut berpengaruh pada nilainya. Kondisi ini umumnya membuat uang kuno tersebut kurang diminati.

Uang kuno yang biasanya banyak diminati adalah uang kuno yang belum pernah dipakai dan diedarkan (uncirculated) karena masih terlihat seperti baru. Selain itu, uang kuno yang sudah dipakai untuk transaksi namun masuk dalam keadaan mulus dan kaku (extremely fine).

Olehnya itu, jika anda memiliki pecahan mata uang kuno yang masih memiliki penampakan baru, mulus dan masih layak, kamu dapat menjualnya dengan harga tinggi.

Apakah dapat melakukan uang kuno di bank?

Mungkin banyak yang bertanya, apakah bank memberikan layanan pembelian uang kuno atau tidak. Sayangnya, bank tidak memiliki layanan tersebut walaupun pada dasarnya uang kuno biasanya memiliki nilai jual yang lumayan besar. Sehingga jika anda ingin menjual koleksi anda ke bank maka akan sia-sia saja.

Bank tidak melakukan pembelian uang, namun anda dapat melakukan penukaran uang yang tak berlaku lagi dengan ketentuan belum melebihi 10 tahun sejak pencabutan peredaran dilakukan. Penukaran inipun dapat dilakukan secara gratis di berbagai bank di Indonesia.

Baca Juga: 4 Keuntungan Instagram Reels Beserta Caranya

Cara Jual Uang Kuno

Meskipun tidak dapat melakukan jual beli uang kuno ke bank, namun cara jual uang kuno sebenarnya beragam. Untuk mendapatkan keuntungan maksimal, maka perlu untuk memilih tempat transaksi yang tepat. Beberapa alternatif yang dapat anda jadikan pilihan untuk jual uang kuno adalah sebagai berikut:

1. Melalui e-Commerce

Cara jual uang kuno yang pertama adalah melalui e-commerce tertentu misalnya shopee, lazada, tokopedia, blibli dan masih banyak lagi. E-commerce ini sudah menjadi pasar yang dapat diakses banyak orang sebab digunakan secara virtual.

Anda dapat mendaftarkan akun ke salah satu e-commerce dan memasukkan koleksi uang kuno yang anda miliki pada katalog jualan anda. Kelebihan menggunakan cara ini adalah dari segi penggunaan yang mudah dan dapat menghubungkan banyak orang di waktu bersamaan. Apalagi, platform tersebut sudah dapat diakses di smartphone masing-masing.

2. Jual ke Kolektor

Umumnya, kolektor memiliki komunitas mereka sendiri sehingga jika anda berhasil menemukan seorang kolektor, kemungkinan untuk menemukan kolektor lain akan lebih besar. Para kolektor biasanya rela mengeluarkan biaya besar untuk menambah koleksi yang mereka miliki.

Dengan begitu, anda dapat memperoleh keuntungan lebih besar dengan mematok harga yang tinggi. Apalagi jika uang kuno yang anda miliki langka dan memang sedang mereka cari, tentu akan menjadi keuntungan untuk anda.

3. Melalui Sosial Media

Selanjutnya, anda dapat menjual uang kuno di media sosial, baik itu melalui facebook, instagram, twitter, atau media sosial lainnya. Keuntungan menjual pada media sosial, anda mudah terhubung dengan orang lain. Dengan kata lain, jangkauannya luas sehingga meningkatkan peluang anda untuk bertemu dengan para pelanggan baru.

Apalagi saat ini, hampir semua orang sudah menggunakan media sosial jadi anda akan lebih berkesempatan mendapatkan keuntungan. Anda dapat mengolah media sosial milik anda sedemikian rupa agar menarik. Anda juga dapat menggunakan fitur iklah agar jangkauannya lebih luas lagi.

Baca Juga: 4 Keuntungan Instagram Reels Beserta Caranya

4. Jual langsung ke pedagang uang kuno

Cara jual uang kuno yang terakhir adalah melalui pedagang uang kuno yang tersebar di berbagai tempat. Pedagang ini biasanya dapat ditemui di tempat barang antik dan juga pasar. Misalnya di daerah Jakarta Pusat, anda dapat berkunjung di kawasan pasar baru.

Itulah cara jual uang kuno yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan keuntungan besar dengan tetap memperhatikan keadaan dari uang tersebut.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Nov 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download