Mata Uang Tertinggi di Dunia 2021, Siapakah Itu?

04 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 02 Mar 2022

Jika membaca judul artikel ini, hal pertama yang ada di benak Sobat Pintar adalah United States Dollar, bukan? Jika iya, kalian salah besar nih. Ternyata, negara yang mendapatkan predikat mata uang tertinggi di dunia 2021 bukanlah Amerika Serikat yang dikenal sebagai negara maju. 

Mata Uang Tertinggi di Dunia 2021, Siapakah Itu?

Meskipun Amerika Serikat tidak meraih predikat tersebut, namun mereka tepat menjadi salah satu mata uang terkuat, termahal, dan paling banyak digunakan untuk transaksi internasional. Lalu negara mana yang mendapatkan predikat tersebut? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Kenapa Uang Kuno Selalu Bernilai Tinggi? Ini dia penjelasannya

10. United States Dollar: USD

Mata Uang Tertinggi di Dunia 2021, Siapakah Itu?

Meskipun negara Amerika Serikat memiliki mata uang yang populer, mereka tidak mendapatkan predikat mata uang tertinggi di dunia. 

Dolar AS adalah mata uang cadangan terbesar di dunia. Bisa kita katakan bahwa tidak ada mata uang yang akan menggantikan Dolar AS sebagai mata uang yang paling banyak diperdagangkan. Ini adalah mata uang global yang didukung oleh kekuatan AS dalam lanskap politik global.

Amerika Serikat (AS) dianggap sebagai negara paling kuat di dunia. Selama bertahun-tahun, kekuatan USD telah meningkat secara besar-besaran.

09. Swiss Franc: CHF

Franc Swiss merupakan mata uang dari negara Swiss dan Liechtenstein. Biasanya, nilai tukar Franc Swiss yang paling populer untuk ditukarkan adalah EUR ke CHF.

Sektor perbankan Swiss yang terkenal sangat tertutup membuat mata uang nasional menjadi tempat yang aman bagi modal internasional. Negara mematok franc ke euro ketika bergabung dengan serikat mata uang, memilih sistem ganda daripada memilih untuk menghapus franc.

08. Euro: WUR

Berikutnya, Euro atau EUR adalah mata uang resmi zona euro, yang terdiri dari 19 dari 28 negara anggota Uni Eropa: Austria, Belgia, Siprus, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Irlandia, Italia, Latvia, Lituania, Luksemburg, Malta, Belanda, Portugal, Slovakia, Slovenia, dan Spanyol.

Euro adalah mata uang cadangan terbesar kedua setelah Dolar AS. Ini juga merupakan mata uang kedua yang paling banyak diperdagangkan di dunia.

07. Caymanian Dollar: KYD

Dolar Kepulauan Cayman adalah mata uang Kepulauan Cayman. Nilai tukar Dolar Kepulauan Cayman yang paling populer adalah nilai tukar USD ke KYD

Dolar Jamaika berlaku sampai tahun 1972 tetapi kemudian Dolar Kepulauan Cayman dimasukkan sebagai mata uang resmi. Singkatan dari mata uang tersebut adalah CI$. Saat ini, nilai KYD menjadikannya posisi ke-8 dalam mata uang tertinggi di dunia.

Baca juga: Inilah Mata Uang Tertinggi di Dunia, Selain USD

06. Gibraltar Pound: GIP

Pound Gibraltar atau GIP adalah mata uang Gibraltar dan dapat ditukar dengan – pound sterling Inggris pada nilai nominal. Bank sentral yang mengendalikan GIP, dengan tanggung jawab mencetak koin dan mencetak uang kertas, adalah Pemerintah Gibraltar. Nilai tukar Pound Gibraltar yang paling populer adalah nilai tukar EUR ke GIP.

Tempat itu dikenal sebagai wilayah seberang laut Inggris. Perekonomian Gibraltar sekarang bergantung pada sejumlah sektor seperti pariwisata dan e-gaming.

05. British Pound (GBP): Fifth Highest Currency in the World

Pound sterling (£) atau GBP adalah mata uang Inggris Raya. Mata uang Ini juga merupakan mata uang resmi di berbagai negara seperti Jersey, Guernsey, Isle of Man, Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich Selatan, Wilayah Antartika Inggris, dan Tristan da Cunha. Nilai tukar Pound Inggris Raya yang paling populer adalah nilai tukar EUR ke GBP. Sterling adalah mata uang keempat yang paling banyak diperdagangkan di pasar valuta asing, setelah Dolar Amerika Serikat, Euro, dan Yen Jepang.

Mata uang tersebut juga merupakan mata uang tertua yang masih ada. London Inggris dikenal sebagai pusat keuangan dunia. Dengan Inggris yang melakukan begitu banyak kegiatan perdagangan, tidak ada kejutan untuk melihat mata uang ini dalam daftar.

04. Dinar Yordania: Mata Uang Tertinggi Keempat di Dunia

Dinar Yordania atau JOD adalah mata uang Yordania. Pemerintah Yordania mempertahankan nilai tukar tetap yang merupakan alasan utama dibalik nilai mata uang yang begitu tinggi. Negara Yordania tidak selalu bergantung pada ekspor minyak seperti negara-negara tetangganya yang merupakan bergantung dengan ekspor minyak karena dapat memperbaiki perekonomian negara di berbagai sektor. 

Nilai tukar Dinar Yordania yang paling populer adalah nilai tukar JOD ke EUR.

03. Omani Rial: Third Highest Currency in the world

Rial Oman atau OMR adalah mata uang Oman. Sebelum 1940, Oman menggunakan INR sebagai mata uang resminya dan inilah mengapa nilai tukar Rial yang paling populer adalah INR ke OMR Rate.

Terletak di pesisir tenggara Jazirah Arab, perekonomian Oman sebagian besar bertumpu pada cadangan minyak yang mereka miliki. Mata uang Oman dipatok ke Dolar AS.

02. Bahraini Dinar: Second Highest Currency in the world

Dinar Bahrain atau BHD adalah mata uang Bahrain. Terletak di Teluk Arab, Bahrain juga sangat bergantung pada ekspor minyak. Nilai tukar Dinar Bahrain yang paling populer adalah nilai INR ke BHD. Kode mata uang untuk Dinar adalah BHD, dan simbol mata uangnya adalah BD. 

Orang India adalah kelompok ekspatriat terbesar di Bahrain dan itu menjelaskan alasan popularitas INR hingga BHD. Bahrain menarik ekspatriat dari seluruh dunia karena menjadi Mata Uang tertinggi kedua di dunia.

01. Kuwaiti Dinar (KWD)- Highest Currency in the World

Kuwait yang memiliki kode mata uang Dinar atau KWD menjadi mata uang tertinggi di dunia 2021.Nilai tukar Dinar Kuwait yang paling populer adalah nilai INR ke KWD. Banyak dari komunitas ekspatriat India sangat kuat di Kuwait, maka tidak heran jika Dinar menjadi mata uang yang populer. 

Dinar Kuwait telah menjadi mata uang tertinggi di dunia 2021 untuk sementara waktu sekarang karena stabilitas ekonomi negara kaya minyak.

Perekonomian Kuwait sangat bergantung pada industri ekspor minyak karena negara ini memiliki salah satu cadangan global terbesar. 

Dengan permintaan minyak yang begitu tinggi, mata uang Kuwait pasti akan diminati dan popularitasnya juga semakin naik. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jika Anda bekerja di Kuwait, Anda tidak perlu membayar pajak apa pun.

Baca juga: Pilihan Valas Terbaik

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
02 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download