Cara Cek BPOM untuk Mengetahui Izin Edar

31 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 31 Dec 2021

Banyak produk makanan, kosmetik, dan obat-obatan di pasaran yang bisa dibeli dengan bebas oleh konsumen. Meski demikian, ada baiknya konsumen mengetahui cara cek BPOM untuk lebih meningkatkan keamanan penggunaan. Dengan melakukan langkah ini, maka konsumen mendapat perlindungan dari komposisi produk yang digunakan.

Apa Itu BPOM?

Di Indonesia, terdapat sebuah lembaga resmi dari pemerintah yang memiliki fungsi pengawasan pada makanan dan obat-obatan. Bukan hanya itu, produk lain seperti kosmetik dan suplemen pun akan diawasi izin edarnya oleh lembaga ini.

Di dalam halaman resminya, BPOM akan memberikan data resmi, produk-produk yang sudah terdaftar dengan register resmi di lembaga ini. Selain itu, BPOM juga memiliki hak mengawasi dan menindak berbagai makanan dan obat-obatan yang beredar, termasuk kosmetik, obat tradisional, bahan pangan olahan, dan suplemen.

Kewenangan lembaga ini berada dalam ranah penerbitan izin edar produk makanan dan obat-obatan. Hal tersebut diatur oleh undang-undang resmi, sehingga tindakan yang diambil oleh lembaga ini pun resmi atas nama pemerintah.

Di dalam situs resmi lembaga ini juga dapat diakses cara cek BPOM yang sangat mudah, dengan melakukan input kategori seperti nomor registrasi, nama produk, atau nama dagang. Selain itu, konsumen juga akan dengan mudah melakukan pengecekan melalui merek atau komposisi.

Baca juga : Belum tahu cara mendaftar BPOM? Ini syarat lengkapnya

Produk yang Bisa Di Cek BPOM

Konsumen bisa mendapatkan keamanan dan perlindungan dengan sangat mudah. Terutama, untuk mengetahui komposisi atau bahan yang digunakan untuk membuat makanan olahan, kosmetik, dan obat-obatan. Apalagi, produk-produk olahan tersebut tentu sudah tak terlihat lagi berbagai bahan pembuatnya.

1. Makanan

Jika mengetahui cara cek BPOM, maka konsumen akan dengan mudah mengetahui register resmi produk makanan olahan. Belakangan, tak sedikit produk dijual dengan harga murah, karena persaingan bisnis yang semakin ketat.

Namun demikian, konsumen tak perlu khawatir karena BPOM memberikan kemudahan dalam hal perlindungan ini, yaitu dengan cara cek BPOM yang sangat simpel. Dengan demikian, konsumen diharapkan tidak akan sembarangan membeli produk murah.

2. Obat-Obatan

Selain makanan, ada juga obat-obatan yang harus didaftarkan ke BPOM. Obat ini meliputi obat dengan campuran bahan kimia dan juga obat tradisional seperti jamu-jamuan. Belakangan ini konsumen lebih banyak memilih produk obat tradisional yang dijual bebas.

Meski demikian, bukan berarti konsumen dapat mengabaikan komposisi obat tersebut. Dengan adanya layanan cara cek BPOM, maka siapapun dapat melihat apakah  obat tersebut sudah memiliki nomor register atau belum, dan apa saja komposisi di dalamnya.

3. Kosmetik

Beredarnya produk kosmetik dengan promosi menarik, membuat konsumen harus semakin berhati-hati. Inilah yang merupakan bentuk perhatian pemerintah, melalui diakomodasinya pengecekan kosmetik di halaman resmi BPOM.

Berbagai jenis dan merk kosmetik yang sudah terdaftar resmi dan diberikan izin edar oleh pemerintah, pasti akan tercantum di situs BPOM. Namun jika belum, konsumen sebaiknya berhati-hati karena bisa saja produk tersebut mengandung bahan berbahaya yang tidak direkomendasikan oleh ahli melalui uji klinis.

Baca juga : Semua Tentang BPOM dan Cara Mendapat Izin!

4. Suplemen Kesehatan

Kondisi cuaca ekstrem dan sebaran penyakit menjadi latar belakang munculnya suplemen-suplemen kesehatan. Hal ini juga sebaiknya diperhatikan oleh konsumen, karena situs resmi BPOM juga memberikan kemudahan tentang pengecekan suplemen yang memiliki izin edar atau tidak

5. Obat Kuasi

Kategori obat kuasi atau bisa disebut dengan obat pasaran juga tetap harus terdaftar resmi di lembaga ini. Jika diperhatikan, ada banyak sekali obat-obatan dengan efek farmakologi yang dipakai untuk sakit dengan gejala ringan. Namun bukan berarti konsumen boleh abai terhadap izin edarnya.

Bagaimana Cara Cek BPOM?

Kemudahan yang diberikan pemerintah melalui lembaga resmi ini, sangat tidak menyulitkan masyarakat. Dengan akses internet yang sudah menjangkau banyak kalangan, situs resmi lembaga ini bisa digunakan oleh siapapun dan kapanpun. Bahkan, pengecekan bisa dilakukan hanya dalam genggaman smartphone.

1. Masuk ke Situs Resmi

Langkah untuk melakukan pengecekan sebuah produk dapat mengakses situs resminya yang bisa diakses melalui browser. Berikut langkah-langkah yang mudah untuk mengecek nomor register resmi sebuah produk:

●     Masuk ke website. Pertama, konsumen harus masuk terlebih dahulu ke situs resmi lembaga ini yaitu pom.go.id, dan sebagai cara cek BPOM situs yang diakses adalah cekbpom.pom.go.id.

●     Klik pencarian. Pengguna dapat melakukan pencarian berdasarkan beberapa kategori yang tersedia dengan cara mengklik drop down di kolom pencarian. Terdapat 7 kategori pencarian yang dipilih merk, nomor registrasi, jumlah dan kemasan, nama produk, nama pendaftar, bentuk sediaan, dan komposisi.

●     Keyword. Konsumen harus menginput keyword berdasarkan produk yang dicek. Tetapkan satu kategori pencarian, dan input keyword dalam kategori tersebut.

Klik pencarian. Lanjutkan dengan klik “cari”, maka situs ini akan secara otomatis menampilkan semua data yang terpanggil berdasarkan kata kuncinya.

Jika sebuah produk yang akan digunakan ternyata tidak ditemukan di halaman ini, maka konsumen sebaiknya berhati-hati. Hal tersebut karena sudah bisa dipastikan bahwa produk tersebut belum memiliki izin edar resmi dari BPOM. Dengan kata lain, tidak ada perlindungan kepada konsumen terkait komposisi yang dimiliki oleh produk tersebut.

Baca juga : Hal Hal Penting Tentang Cara Mengurus Izin PIRT

2. Cara cek BPOM melalui aplikasi

Selain melalui browser, konsumen juga bisa memanfaatkan gadget-nya untuk melakukan pengecekan izin edar produk makanan, obat, dan kosmetik. Belakangan, smartphone sudah menjadi kebutuhan dan barang yang dimiliki oleh mayoritas masyarakat. kecanggihan teknologi ini bisa digunakan juga untuk mendapat perlindungan sebagai konsumen dengan cara berikut:

●     Unduh aplikasi. Hal pertama yang bisa dilakukan oleh konsumen adalah dengan mengunduh aplikasi “Cek BPOM” melalui Play Store atau App Store untuk pengguna iOS.

●     Masuk aplikasi. Jika sudah terpasang di smartphone, akses aplikasi tersebut dan masuk ke halaman utamanya.

●     Semua produk. Di halaman utama aplikasi tersebut, terlihat menu “semua produk”. Klik menu tersebut untuk melanjutkan proses pencarian.

●     Cari kategori. Tidak berbeda dengan pencarian menggunakan browser, pada penggunaan aplikasi pun konsumen juga akan diminta kategori yang akan dilakukan untuk pengecekan produk.

●     Kata kunci. Setelah memilih kategori yang akan dicek, berikutnya inputkan keyword berdasarkan produk makanan, obat, atau kosmetik yang dicek.

Periksa daftar. Langkah terakhir, aplikasi ini akan menampilkan daftar produk-produk yang telah terdaftar di BPOM sebagai pedoman. Pastikan produk yang akan dipakai sudah tercantum di dalam list tersebut.

Akan ada keterangan “data tidak ditemukan” jika sebuah produk memang belum terdaftar atau belum memiliki izin edar. Pastikan konsumen sudah memasukkan kategori dan kata kunci yang tepat. Jika semua langkah sudah tepat, maka bisa dipastikan produk tersebut memang belum terdaftar dan konsumen sebaiknya berhati-hati.

Mudahnya melakukan cara cek BPOM secara online, adalah salah satu komitmen pemerintah untuk memudahkan dan melindungi masyarakat dari konsumsi makanan dan obat. Kemudahan mendirikan usaha produksi, terkadang disalahgunakan dengan mengedarkan produk tanpa izin edar resmi. Maka, cara ini adalah bentuk perlindungannya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
31 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download