Bunga Deposito Mandiri Terbaru Tahun Ini

21 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 11 Mar 2022

Deposito adalah salah satu produk investasi yang terkenal dengan resikonya yang rendah dan return yang terjamin. Bagi Anda yang sedang berniat untuk membuat deposito, bunga deposito Mandiri bisa menjadi pilihan yang layak Anda pertimbangkan.

Seputar Bunga Deposito Mandiri

Sebagai salah satu bank swasta terbesar di Indonesia, Bank Mandiri tidak mau kalah dengan bank swasta dan pemerintah lainnya dalam memberikan produk deposito kepada nasabah.

Bunga deposito bank Mandiri terbilang cukup bersaing dibandingkan dengan bank-bank swasta lainnya, sehingga layak untuk menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari deposito di bank.

Bunga deposito dibagi menjadi dua jenis yaitu bunga yang dibayar di muka dan bunga yang dibayar bulanan dan saat jatuh tempo. Ketentuan ini berlaku untuk deposito Rupiah maupun deposito USD.

Baca juga: 7 Aset Kripto yang Prospektif Dibeli pada 2022

Bunga Deposito Rupiah Mandiri 

Bunga deposito rupiah dibagi menjadi dua jenis, yaitu bunga yang dibayarkan di muka, dan bunga yang dibayarkan bulanan dan jatuh tempo.

Bunga deposito dalam mata uang Rupiah ini dibedakan berdasarkan tenornya, yaitu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, dan 24 bulan. Dibayar di bulanan dan saat jatuh tempo dapat dilihat dengan rincian berikut ini:

  • Tenor 1 bulan: 2.50%
  • Tenor 3 bulan: 2.50%
  • Tenor 6 bulan: 2.60%
  • Tenor 12 bulan: 2.60%
  • Tenor 24 bulan: 2.60%

Bunga deposito Mandiri tersebut berlaku dengan nominal uang mulai dari kurang dari Rp 100 juta sampai di atas Rp 5 miliar.

Sedangkan, untuk bunga deposito Mandiri yang dibayar di muka dapat dilihat dengan rincian sebagai berikut:

  • Tenor 1 bulan: 2.49%
  • Tenor 3 bulan: 2.48%
  • Tenor 6 bulan: 2.56%
  • Tenor 12 bulan: 2.53%
  • Tenor 24 bulan: 2.46%

Nominal uang yang bisa didepositokan pada jenis pembayaran bunga deposito Mandiri dibayar di muka ini juga sama seperti pada pembayaran bunga deposito Mandiri bulanan sebelumnya.

Bunga Deposito Mandiri USD

Bank Mandiri juga menyediakan produk deposito bagi nasabah yang ingin menggunakan mata uang asing USD. Ketentuan bunga deposito Mandiri untuk mata uang USD juga sama seperti pada mata uang rupiah, yaitu pembayaran bunga deposito dapat dilakukan bulanan maupun di muka.

Bunga deposito Mandiri dibayar bulanan dan jatuh tempo untuk mata uang USD dapat dilihat pada rincian berikut ini:

  • Tenor 1 bulan: 0,20%
  • Tenor 3 bulan: 0,20%
  • Tenor 6 bulan: 0,30%
  • Tenor 12 bulan: 0,30%
  • Tenor 24 bulan: 0,30%

Ketentuan nominal yang dapat didepositokan pada mata uang asing ini mulai dari kurang dari USD 100.000 sampai di atas USD 10 juta.

Nah, untuk pembayaran bunga deposito Mandiri di muka untuk mata uang USD mengikuti ketentuan sebagai berikut:

  • Tenor 1 bulan: 0,15%
  • Tenor 3 bulan: 0,14%
  • Tenor 6 bulan: 0,24%
  • Tenor 12 bulan: 0,23%
  • Tenor 24 bulan: 0,24%

Ketentuan nominal pada pembayaran bunga deposito di muka untuk mata uang USD ini juga sama seperti pembayaran bunga deposito dibayar bulanan dan jatuh tempo sebelumnya untuk mata uang USD.

Baca juga: 9 Jenis-Jenis Asuransi di Indonesia yang Berlaku

Simulasi Perhitungan Bunga Deposito Mandiri

Nah, setelah Anda memutuskan akan memilih jenis deposito Mandiri yang mana, selanjutnya Anda juga harus memperkirakan bunga deposito Mandiri yang akan Anda terima sebagai returnnya. 

Bunga deposito Mandiri dapat dihitung dengan menggunakan rumus perhitungan bunga deposito pada umumnya.

Rumus perhitungan bunga deposito yaitu pengalian besarnya nominal uang yang Anda depositokan dengan persen suku bunga deposito berdasarkan tenor yang dipilih lalu 30 hari, persen bunga deposito bersih setelah dikurangkan dengan pajak deposito dan dibagi dengan 365 hari. 

Sebagai contohnya, Anda menaruh uang sebesar Rp 40 juta untuk didepositokan di bank Mandiri dengan tenor deposito yang Anda pilih yaitu 6 bulan dan Anda memilih pembayaran bunga deposito Mandiri dilakukan di muka. Maka bunga deposito yang akan Anda peroleh setiap bulannya yaitu:

(Rp 40 juta x 2,56% x 30 hari x 80%) : 365 hari

= Rp 67.331,507

Jadi, bunga deposito yang akan Anda peroleh adalah sebesar Rp 67.331,507 per bulannya dan dibayarkan di muka selama 6 bulan.

Kelebihan Deposito Mandiri

Selain bunga deposito, membuka deposito di bank Mandiri juga memberikan sejumlah keuntungan lain bagi nasabah.

Fleksibilitas Deposito Mandiri

Kelebihan dari deposito Mandiri yang pertama yaitu sifatnya sangat fleksibel. Bunga deposito akan diterima oleh nasabah sebagai tambahan yang akan ditransfer ke giro atau tabungan.

Automatic Roll Over

Deposito bank Mandiri juga memiliki fitur Automatic Roll Over / ARO yang akan menambah atau memperpanjang saldo deposito Anda secara otomatis ketika sudah jatuh tempo.

Joint Account

Kelebihan dari deposito bank Mandiri yang berikutnya adalah adanya fasilitas joint account sehingga nasabah dapat membuat akun deposito atas nama dua orang. 

Fasilitas Deposito Online

Deposito yang ada di bank Mandiri bisa dibilang juga memberikan manfaat dari segi fasilitas yang diberikan kepada nasabah. 

Fasilitas deposito bank Mandiri antara lain yaitu adanya Mandiri Online yang bisa memberikan akses kepada nasabah untuk membuka dan menutup deposito mereka secara online. 

Baca juga: Cara Investasi: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Persyaratan Membuka Deposito Di Bank Mandiri

Nah, setelah mengenal lebih dalam mengenai deposito bank Mandiri, maka selanjutnya ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan sebelum Anda membuka deposito di bank Mandiri ini. Persyaratan tersebut antara lain yaitu:

  • Kepemilikan rekening Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro
  • Minimum setoran awal deposito yaitu sebesar Rp 10 juta untuk pembukaan deposito di kantor cabang dan Rp 1 juta untuk pembukaan deposito melalui e-Banking (Mandiri Online)
  • Data pribadi: KTP, SIUP, NPWP untuk perorangan, dan KTP, SIUP, NPWP, akta pendirian perusahaan untuk perusahaan

Cara Membuka Deposito Melalui Livin by Mandiri

Bank Mandiri baru-baru ini meluncurkan aplikasi mobile banking mereka yaitu Livin by Mandiri yang bisa Anda install di smartphone Anda.

Melalui aplikasi m-banking Mandiri ini, Anda sudah bisa melakukan pembukaan deposito di bank Mandiri secara online.

Pertama, Anda harus masuk ke aplikasi Livin by Mandiri terlebih dahulu. Lalu, pilihlah Deposito.


Kedua, pilih Deposito Rupiah dan opsi Buka Deposito Sekarang. Kemudian akan muncul persyaratan dan persetujuan. Setelah itu, pilihlah Tujuan Menabung.

Ketiga, tentukanlah Nominal dan Jangka Waktu deposito Anda dan pilih opsi Lanjutkan.

Keempat, lakukan pengecekan terhadap tingkat suku bunga deposito per tahunnya.

Kelima, pilih metode perpanjangan untuk deposito yang Anda pilih dan pilih Lanjutkan.

Keenam, cek kembali informasi mengenai pembukaan deposito Anda kemudian pilihlah opsi Buka Deposito.

Ketujuh, tentukanlah PIN Livin Anda dan proses pembukaan deposito Mandiri Anda pun berhasil.

Kesimpulan

Deposito bank Mandiri bisa menjadi pilihan Anda yang saat ini sedang berencana untuk membuka deposito di bank. Selain bunga deposito yang besar, deposito bank Mandiri juga memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya lebih unggul dibandingkan dengan deposito bank lainnya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
11 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download