Bunga Deposito BRI Tahun 2021

21 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 25 Dec 2021

Bunga deposito BRI dapat Anda pertimbangkan ketika Anda berencana untuk menginvestasikan uang Anda pada deposito. Bagi Anda yang sedang tertarik untuk menaruh uang di deposito BRI, simak penjelasan berikut!

Mengenal Deposito BRI Secara Umum

Sebelum membahas seputar bunga deposito BRI, maka Anda harus mengetahui bahwa  deposito BRI dibagi menjadi 2 jenis yaitu deposito konvensional dan syariah. 

Perbedaan dari kedua jenis deposito tersebut terletak pada bunganya. Pada deposito konvensional terdapat bunga. Sedangkan pada deposito syariah tidak ada bunga, karena bunga dianggap sebagai riba dalam hukum Islam.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi dari Mobil Ayla 2021 Varian

Seputar Deposito BRI Konvensional

Sebelum membahas seputar suku bunga deposito BRI, hal pertama adalah Anda harus mengetahui produk deposito BRI Konvensional.

Deposito BRI Konvensional adalah deposito yang sama seperti deposito pada umumnya dimana terdapat bunga dan juga jangka waktu dalam menaruh uang atau melakukan investasi.

Saldo awal yang harus ditaruh oleh nasabah ketika akan membuka deposito di BRI yaitu sebesar Rp 10 juta dengan jangka waktu penyimpanan mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan.

Seputar Deposito BRI Syariah

Berbeda dari deposito BRI Konvensional, deposito BRI Syariah tidak memberikan bunga deposito kepada nasabah BRI.

Deposito Syariah menggunakan akad Mudharabah Muthlaqah, sehingga nasabah yang telah ditaruh di deposito akan dikelola 100% oleh pihak bank Syariah. 

Jangka waktu deposito BRI Syariah ini mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan.

Seputar Bunga Deposito BRI 2021

Bagi Anda yang saat ini sedang berencana untuk mendapatkan keuntungan dari suku bunga deposito BRI, simak penjelasan berikut ini!

Kelebihan memiliki deposito di BRI yaitu nasabah dapat mengambil bunga deposito BRI setiap bulannya dengan catatan bunga yang diambil adalah bunga selama satu bulan dari deposito nasabah dan tidak mengaktifkan mode automatic roll over (ARO).

Suku bunga deposito BRI bervariasi tergantung dari besarnya dana investasi dan jangka waktu penyimpanannya. 

Pada tahun 2021 ini, suku bunga deposito BRI mengalami pemotongan oleh bank BRI menjadi sebesar 2,85% untuk penyimpanan deposito di bawah 6 bulan. Sedangkan, suku bunga deposito BRI untuk penyimpanan deposito di atas 6 bulan sampai 36 bulan adalah sebesar 3% per tahun.

Suku bunga deposito BRI kurang dari Rp 100 juta sampai Rp 2 miliar juga diberlakukan suku bunga dengan besar yang sama berdasarkan lama waktu penyimpanan depositonya.

Baca juga: 5 Cara Cek Tagihan Listrik PLN Tanpa Ribet

Bunga Deposito BRI Valas

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba bunga deposito BRI valas atau dalam mata uang asing, maka Anda bisa memilih deposito BRI valas.

Suku bunga deposito BRI valas ini sebesar 0,3% dengan tenor 1,3, dan 6 bulan baik untuk nominal deposito kurang dari 100.000 USD maupun di atasnya. 

Suku bunga deposito BRI valas untuk tenor 12, 24, dan 36 bulan adalah sebesar 0,45% untuk nominal kurang dari 100.000 USD. Sedangkan untuk nominal diatas 100.000 USD, suku bunga deposito BRI valas yang diperoleh yaitu sebesar 0,5%.

Simulasi Perhitungan Deposito BRI

Nah, bagi Anda yang masih bingung dalam menghitung suku bunga deposito BRI ini, berikut ini adalah simulasi perhitungannya.

Besarnya suku bunga deposito BRI dapat dihitung dengan menggunakan cara mengalikan suku bunga deposito dengan setoran pokok deposito, 30 hari, dan 80% kemudian membaginya dengan 365 hari.

Dengan catatan, persentase 80% merupakan hasil pengurangan pendapatan dengan pajak bunga deposito dalam satuan persen, dimana pajak bunga deposito yaitu 20%.

Contohnya, Anda ingin menaruh uang di deposito BRI dengan deposit awal Rp 20 juta dengan tenor yang Anda pilih adalah 3 bulan. Suku bunga deposito BRI yang Anda gunakan berarti sebesar 3% karena tenornya berada di bawah 6 bulan. Jadi, suku bunga deposito yang Anda dapatkan adalah sebesar:

(2,85% x Rp 20 juta x 30 x 80%) / 365 = Rp 39.452

Jadi, besarnya suku bunga deposito BRI yang Anda peroleh dengan tenor deposito 3 bulan yaitu Rp 37.479.

Simulasi perhitungan suku bunga deposito BRI ini sebetulnya tidak perlu Anda hitung secara manual, karena pada website resmi bank BRI sudah terdapat aplikasi untuk menghitung suku bunga deposito BRI yang akan Anda taruh lengkap dengan pilihan jangka waktu dan nominal deposito Anda.

Melalui situs resmi bank BRI juga akan memudahkan Anda mendapatkan informasi nominal bunga deposito yang Anda dapatkan seperti bunga dan saldo deposito, saldo tanpa bunga, dan bunga deposito BRI sendiri.

Baca juga: 7 Aset Kripto yang Prospektif Dibeli pada 2022

Persyaratan Pembukaan Deposito BRI

Bagi Anda yang ingin membuat deposito di BRI, Anda harus memperhatikan persyaratannya yang meliputi dokumen penting, rekening tabungan BRI, formulir permohonan pembukaan deposito, dan setoran awal minimal.

Dokumen Penting

Persyaratan pertama untuk membuka deposito BRI yaitu persiapan dokumen-dokumen penting seperti KTP, SIM, NPWP, dan paspor (jika dibutuhkan).

Rekening BRI

Bagi Anda yang ingin membuka deposito di BRI maka persyaratan wajibnya yaitu Anda harus memiliki rekening tabungan di bank BRI. Jika Anda belum memiliki rekening tabungan di BRI, maka Anda harus membuat rekening bank BRI terlebih dahulu.

Formulir Permohonan Pembukaan Deposito

Syarat untuk membuka deposito BRI berikutnya yaitu nasabah harus mengisi dan melengkapi formulir permohonan pembukaan deposito yang diberikan oleh CS. Pastikan Anda mengisi formulir tersebut dengan lengkap dan teliti, sehingga tidak terjadi kesalahan terhadap informasi pribadi Anda.

Setoran Awal Minimal

Syarat membuka deposito BRI selanjutnya yaitu adanya sejumlah uang yang harus disetorkan sebagai setoran awal dengan ketentuan minimal nominalnya sebesar Rp 10 juta untuk pembukaan deposito secara offline.

Sedangkan, untuk pembukaan deposito secara online atau internet banking dikenakan deposit awal sebesar Rp 5 juta.

Deposito BRI Online

Bagi Anda yang ingin mencoba membuka deposito secara online, BRI telah menyediakan layanan deposito online. Cara pembuatannya yaitu:

  1. Membuka situs eform.bri.co.id.
  2. Memilih pembukaan rekening.
  3. Memilih deposito (deposito BRI Rupiah).
  4. Membaca informasi yang ada dan memilih registrasi kemudian membaca syarat dan ketentuan yang ada, dan memilih Saya setuju dengan semua persyaratan dan ketentuan yang ada.
  5. Memilih membuka rekening.
  6. Mengikuti langkah-langkah berikutnya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download