Cara Memilih Broker Saham Terbaik untuk Investasi

04 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 05 Nov 2021

Untuk mendapatkan cuan yang lebih besar, kini Sobat Pintar bisa mencoba bermain saham melalui broker saham terbaik di Indonesia. Investasi dan aktivitas di dunia saham lainnya sedang digemari oleh masyarakat Indonesia karena dinilai aman dan menghasilkan keuntungan. 

Cara Memilih Broker Saham Terbaik untuk Investasi

Meskipun begitu, tidak bisa sembarangan asal pilih broker saham yang akan kamu gunakan. Perlu beberapa indikator yang harus diperhatikan agar aktivitas investasi saham tetap nyaman digunakan. 

Baca juga: 8 Daftar Aplikasi Investasi Terbaik 2021

Untuk bisa memulainya, kamu perlu menjadi nasabah perusahaan pialang, sekuritas atau broker. Artinya perusahaan tersebut merupakan perantara antara kamu dengan Bursa Efek Indonesia tempat melakukan transaksi saham. 

Nah, untuk memilih sekuritas broker saham tidak bisa sembarangan. kamu perlu memperhatikan beberapa poin penting di bawah ini agar lebih paham mengenai investasi saham. 

Cara Memilih Broker Saham Terbaik

Saat ini banyak sekali broker yang menjadi anggota BEI, bahkan jumlahnya pun sudah mencapai ratusan perusahaan. 

  1. Cek perizinannya

Memilih sekuritas broker saham harus dilakukan dengan cermat, langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek perizinan broker tersebut. Broker yang terpercaya biasanya sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan. 

Tak hanya itu, broker terpercaya memiliki keanggotaan di Bursa Efek Indonesia untuk melakukan aktivitas transaksi saham. 

  1. Berapa kali menjadi underwriter?

Perhatikan broker saham terbaik yang kamu maksud itu, berapa kali menjadi underwriter? 

Underwriter disini berarti sejauh mana perusahaan tersebut menjalin kontrak dengan emiten (perusahaan yang melantai di bursa efek). Perusahaan tersebut menjadi penjamin emisi atau sponsornya, kemudian juga melakukan penawaran umum terhadap investor untuk kepentingan emiten sendiri. 

Broker yang menjadi underwriter diwajibkan untuk patuh terhadap semua perjanjian kontrak emisi. Ditambah lagi perlu adanya keterbukaan informasi, afiliasi dan hubungan lain yang bersifat material di antara broker dan emiten. 

Baca juga: Investasi Reksadana Adalah Terbaik, Ini Jenisnya

Contoh broker dengan riwayat underwriter terpercaya adalah Mandiri Sekuritas. 

  1. Lihat website resmi dari broker saham

Broker saham terbaik tentunya menawarkan ketentuan yang berbeda dalam investasi saham. Oleh karena itu, kamu perlu pertimbangan yang matang dalam memilih broker sesuai dengan kondisi finansial. 

Salah satu cara mengeceknya adalah dengan melihat website resmi dari broker saham tersebut. Dengan mencari informasi dari website resmi secara online, setidaknya kamu akan mengetahui kisaran modal yang harus disiapkan, biaya transaksi dan ketentuan lainnya. 

  1. Cek modal awal dan besaran fee transaksi

Pastikan kamu mengumpulkan informasi yang cukup termasuk mengecek modal awal dan besaran komisi atau fee transaksi. Ini penting loh! Karena kamu perlu memasukkan modal awal sesuai kebutuhan dan kemampuan. 

Besaran modal awalnya beragam, bisa mulai dari Rp. 10juta hingga Rp. 50juta. Namun tak perlu khawatir, broker saham di Indonesia tetap menawarkan modal awal yang lebih terjangkau berdasarkan sasaran investor dari broker itu sendiri. 

Fee transaksi lebih bervariasi mulai dari 0,1-0,3% per transaksi saham yang kamu lakukan. Pilih komisi yang sesuai, lakukan perhitungan komisi hariannya agar setiap transaksi tidak merugikan. 

Gunakan platform investasi saham secara online agar bisa mengurangi komisi atau fee transaksi ini. 

Contoh Sekuritas Broker Saham Terbaik

Setelah mengetahui cara memilih broker saham sebagaimana ulasan di atas, kamu juga perlu mengetahui contoh broker saham terbaik yang ada di Indonesia, diantaranya:

  1. Indo Premier Sekuritas

Perusahaan sekuritas terbaik dan terbesar ini sudah dikenal oleh para pemain saham di Pasar Modal. Bahkan secara sah sudah mengantongi izin operasi dari OJK nomor KEP-11/PM/PPE/1996. 

Sejak berdiri tahun 1996, Indo Premier Sekuritas telah mencatatkan berbagai prestasinya sehingga membuat perusahaan ini berada di posisi teratas. Bahkan berhasil menguasai persaingan pasar obligasi paruh pertama 2019, volume transaksinya saja mencapai Rp. 10triliun. 

Layanan yang diberikan sangat beragam, seperti investasi reksadana, perencanaan keuangan, investment banking, equity sales & trading dan fixed income sales and trading. 

  1. Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Perusahaan terbaik ini dua tahun lebih dahulu dari Indo Premier Sekuritas, yakni sejak tahun 1994. Prestasi terbaiknya terjadi pada 2018 di mana Mirae Asset Sekuritas dinobatkan sebagai perusahaan sekuritas broker saham terbaik di Indonesia. 

Produk dan layanan yang diberikan berupa transaksi jual beli saham, reksadana, obligasi, perencanaan dan riset korporasi hingga membantu proses akuisisi atau merger. 

  1. Mandiri Sekuritas

Dari segi namanya saja sudah mencerminkan bahwa perusahaan sekuritas ini terafiliasi dengan Bank Mandiri. Dibandingkan dengan sekuritas sebelumnya, perusahaan ini baru didirikan sejak tahun 2000. Untuk kantor layanan dari Mandiri Sekuritas berjumlah 40 kantor di berbagai daerah. 

Layanan yang ditawarkannya berupa layanan perantara perdagangan efek dan penjamin emisi efek. Untuk membuat para nasabah Mandiri Sekuritas merasa nyaman, maka lahirlah aplikasi trading online bernama MOST. 

MOST atau Mandiri Online Security Trading merupakan aplikasi yang memudahkan, salah satunya pendaftaran online dan setoran awal yang terjangkau. Dari segi biaya yang ditawarkan lebih kompetitif di angka 0,28% ditambah Rp. 5000 jika jual saham, sedangkan 0,18% ditambah Rp. 5000 untuk biaya beli saham. 

  1. BNI Sekuritas

Sama seperti Mandiri Sekuritas, BNI Sekuritas juga merupakan salah satu anak perusahaan dari PT Bank Negara Indonesia. Tahun berdirinya sudah cukup lama dari tahun 1995, layanan yang diberikan sudah berizin OJK seperti layanan perdagangan efek dan reksadana. 

Kredibilitas yang dimiliki oleh BNI Sekuritas layak untuk dimasukkan ke dalam daftar Broker Saham Terbaik. Bahkan pilihan produknya terdiri dari produk syariah dan reguler, ditambah lagi setoran awalnya hanya Rp. 1.000.000 yang sangat terjangkau.

  1. CGS-CIMB Sekuritas Indonesia

Broker saham yang satu ini merupakan gabungan antara CGS (China Galaxy Securities) dengan CIMB Group. 

Fokus layanan yang diberikan adalah perdagangan saham, obligasi dan layanan pembiayaan investasi. Ketika memilih CGS-CIMB Sekuritas maka kamu akan mendapatkan support dari tim riset baik regional ataupun internasional. 

  1. MNC Sekuritas

Ini merupakan anak perusahaan MNC Group di bawah PT MNC Kapital Indonesia Tbk. Setiap transaksi di MNC Sekuritas akan dikenakan fee beli sebesar 0,18% dan fee jual sebesar 0,28%, tertarik untuk memilih MNC Sekuritas?

Untuk memulai pembuatan akun, para investor biasanya cukup mengeluarkan Rp. 100.000 sebagai setoran awal. Proses pembuatan rekening di MNC Sekuritas jauh lebih mudah, baik secara offline atau pun online. Miliki rekening BCA jika kamu memulai berinvestasi melalui MNC Sekuritas. 

  1. Phillip Sekuritas Indonesia

Kehadiran Phillip Sekuritas sudah ada sejak dahulu dan menjadi bagian jaringan global Phillip Capital, tersebar di 16 negara. Layanan yang diberikannya berupa jual beli saham, reksadana hingga obligasi. 

Baca juga: Menentukan Jenis Investasi Terbaik untuk Keluarga Muda

Kabarnya, catatan otoritas bursa melaporkan bahwa Modal Kerja Bersih Phillip Sekuritas mencapai Rp. 179 miliar. Layanan trading saham secara online juga bisa dilakukan melalui sistem yang disebut dengan POEMS (Philip’s Online Electronic Mart System).

Kira-kira dari ketujuh contoh Broker Saham Terbaik Indonesia di atas, mana yang akan kamu coba? 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
05 Nov 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download