Belajar dari Rumah Lebih Mudah dengan Brainly

06 Oct 2021 by Laruan

Pada masa pandemi seperti sekarang ini semua sekolah mewajibkan siswanya untuk belajar mandiri dirumah sesuai aturan pemerintah. Meskipun masih dibimbing oleh guru nyatanya banyak siswa masih merasa kesulitan saat belajar mandiri. Padahal sebenarnya ada beberapa situs yang dapat membantu belajar menjadi lebih mudah yaitu salah satunya Brainly. 

Sebelum kita ulas lebih detail dari situs ini mari kita simak penjelasan mengenai apa itu Brainly?

Belajar dari Rumah Lebih Mudah dengan Brainly

Apa itu Brainly?

Brainly merupakan sebuah perusahaan pendidikan swasta yang berbasis teknologi dan layanan web belajar yang memungkinkan penggunanya untuk saling bertanya dan menjawab pertanyaan terkait dengan pelajaran sekolah secara umum terbuka ke pengguna lainnya. 

Situs ini didirikan oleh tiga orang tokoh yaitu Tomasz Krausz, Michal Borkowski, dan Ukasz Haluch. Didirikan pada September 2009 di Krakow, Polandia dan berkantor pusat di Kota New York.

Brainly ini mengusung konsep media sosial yang telah terlebih dahulu popular, namun lebih ditujukan untuk siswa dan guru. Lebih tepatnya untuk memudahkan siswa bertanya seputar pelajaran dan guru dapat memberikan jawaban terbaik pada pertanyaannya. 

Uniknya, pada setiap jawaban yang diberikan, Brainly memberikan reward berupa poin yang nantinya akan meningkatkan reputasi pendidik di komunitasnya. 

Pada dasarnya layanan ini dapat digunakan secara gratis oleh siswa dan guru, tapi mereka juga menawarkan program berbayar yang dirancang khusus untuk soal-soal yang sulit sehingga membutuhkan jawaban yang lebih mendetail.

Fitur-fitur Brainly

Ada cukup banyak fitur yang ditawarkan oleh situs yang satu ini dengan tujuan bisa membantu siswa menjadi lebih mudah untuk belajar dari rumah, antara lain:

  1. Bertanya dan menjawab

Di brainly kita dapat melakukan dua hal yaitu bertanya dan menjawab pertanyaan yang ada. Untuk mendapatkan jawaban kita bisa langsung mencari di kolom pencarian untuk pertanyaan yang sama dan pernah ditanyakan oleh penanya sebelumnya. 

Tetapi jika kita tidak bisa menemukan jawaban yang diinginkan, kita bisa mengajukan pertanyaan langsung dengan memilih opsi “Yuk Tanya” atau bisa juga ke opsi “ Ajukan Pertanyaan”.

Pada menu ini juga kita bisa langsung melihat banyaknya pertanyaan yang bisa kita jawab. Saat kita mengirimkan pertanyaan otomatis poin kita berkurang, tapi jika kita membantu menjawab pertanyaan poin kita akan bertambah sesuai dengan banyaknya pertanyaan yang berhasil kita jawab, yang rata-rata nilai poinnya adalah 50 poin. 

Sedangkan untuk menyatukan daftar pertanyaan, memulai pertanyaan dan jawaban bisa diakses di bagian profil.

  1. Filter pertanyaan

Di menu jawaban, brainly menyediakan fitur filter yang berguna untuk menyaring jenis pertanyaan yang akan dimunculkan. Di Sana terdapat pilihan tingkat pendidikan dan mata pelajaran yang sedang dicari.

  1. Obrolan langsung pada kolom pertanyaan

Di menu pertanyaan, kita dapat menemukan pilihan chat dan pertanyaan langsung di mana kita dapat bergabung untuk mengunjungi pengunjung lain atau menjawab pertanyaan yang diajukan secara langsung. 

Di fitur ini juga terdapat tombol love untuk menyukai jawaban yang telah diberikan pada pertanyaan kita dan juga tombol komentar untuk mengirim pesan baru.

  1. Komentar jawaban cerdas

Di menu pertanyaan juga terdapat  tampilan khusus yang berfungsi untuk menampilkan daftar pertanyaan yang telah dijawab oleh ahlinya.

Meskipun di menu ini kita tidak bisa memberikan jawaban untuk pembanding, tetapi kita bisa meninggalkan komentar di setiap pertanyaan yang telah terjawab sebelumnya. Misalnya untuk mengucapkan terima kasih atau memberi sanggahan.

  1. Pesan

Selain berinteraksi secara umum di kolom komentar dan saling memberikan jawaban, di Brainly juga dapat saling mengirimkan pesan pribadi ke sesama pengguna. Fitur pesan ini dapat ditemukan di menu profil pengguna.

  1. Peringkat

Sebelumnya telah dikatakan bahwa di situs ini menerapkan sistem peringkat dengan memberikan reward poin untuk setiap jawaban yang berhasil diselesaikan di setiap pertanyaan yang ada. 

Tujuannya tidak lain untuk membedakan peringkat masing-masing pengguna. Dimulai dari perangkat pemula sampai dengan ahli, yang masing-masing peringkat diberi badge yang berbeda.

  1. Pemberitahuan

Aktivitas semua pengguna mulai dari mengirim pertanyaan, memberi jawaban, meninggalkan komentar dan hati akan dicatat otomatis oleh sistem. Pemberitahuan ini dapat disesuaikan ulang melalui menu ‘Setting’ di profil pengguna.

  1. Solusi buku sekolah

Fitur ini adalah fitur yang baru saja diluncurkan bulan ini, yaitu menyajikan tampilan layaknya perpustakaan online. 

Adapun buku yang disediakan juga cukup beragam, mulai dari tingkat dasar hingga menengah atas. Dalam fitur ini juga terdapat filter buku apa yang akan dicari dan dari tingkat pendidikan apa mata pelajaran yang akan dicari.

  1. Penjawab matematika

Fitur ini juga fitur baru yang diluncurkan bersamaan dengan fitur solusi buku sekolah, yang semakin memudahkan para siswa dalam membuat pertanyaan matematika. 

Dimana jika sebelumnya untuk mengajukan soal matematika harus dengan cara diketik, kini bisa dengan mudah dilakukan hanya dengan menggunakan gambar soal. 

Caranya pilih opsi Pindai dan pecahkan, lalu ambil foto dan dapatkan pemecahan dari soal matematika yang ingin ditanyakan.

  1. Teman 

Selain untuk bertanya dan menjawab kita juga bisa berteman dengan sesama pengguna lainnya.

Belajar dari Rumah Lebih Mudah dengan Brainly

Cara Menggunakan Brainly

Bagi sobat pintar yang belum pernah menggunakan situs ini, berikut merupakan langkah-langkah mudah untuk belajar bersama Brainly:

  1. Pastikan mempunyai akun Brainly. Jika belum maka silahkan mendaftar terlebih dahulu agar memiliki akun.
  2. Buka website Brainly, kemudian masuk dengan menggunakan akun yang telah terdaftar.
  3. Untuk membuat pertanyaan, silahkan klik opsi “Yuk Tanya” pada tampilan awal halaman.
  4. Tulis pertanyaan dengan jelas agar penjawab mudah memahami isi pertanyaan, kemudian pilih point yang akan direwardkan kepada penjawab serta jangan lupa untuk memilih jenis mata pelajaran dari pertanyaan tersebut. Kemudian klik pilihan “Ajukan Pertanyaan”. Dengan otomatis bertanya akan mengurangi poin yang dimiliki dan bertambah jika posisi kita menjadi penjawab. Rata-rata poin yang diberikan di setiap pertanyaan adalah sebesar 50 poin.
  5. Untuk menjawab pertanyaan, pilih opsi pertanyaan yang ingin dijawab. Kemudian pada kolom “Jawabanmu” isilah dengan ide-ide sendiri serta harus jelas dan benar kemudian klik “Tambahkan Jawaban”.
  6. Pada saat bertanya atau menjawab pertanyaan, kita dapat menyisipkan gambar, rumus beserta simbol.
  7. Point yang diperoleh tersebut berguna untuk bertanya ataupun untuk menaikkan peringkat akun.

Kelebihan dan kekurangan Brainly

Sejauh ini Brainly telah banyak memberi kemudahan dan manfaat, sehingga siswa dapat belajar dan mengerjakan tugas sekolah dengan baik dibantu guru atau tenaga pendidik lain dalam memberikan pembahasan pada pertanyaannya. Untuk mata pelajaran yang disediakan juga cukup lengkap, mulai dari Agama hingga bahasa asing.  

Namun sayangnya, di situs ini masih cukup banyak terdapat pertanyaan dan jawaban yang tidak masuk akal atau spam. Maka dari itu Jika menemui pertanyaan ataupun jawaban seperti yang disebutkan sebelumnya alangkah baiknya agar segera dilaporkan ke pihak Brainly untuk ditindaklanjuti.

Jadi dengan Brainly belajar atau mencari jawaban menjadi lebih mudah, bukan?

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload