Tips Meraih Untung dengan Bisnis Tour and Travel

11 Jul 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 15 Aug 2022

Memulai bisnis tour and travel akan sangat menyenangkan untuk dilakukan terutama jika kamu memiliki hobi travelling dan perencanaan perjalanan. Bisnis ini juga diperkirakan akan terus dibutuhkan dan dicari oleh banyak orang. 

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\_6\PIC\9\Kiat dan Tips Meraih Untung dengan Bisnis Tour and Travel.jpg

Namun, sebagaimana memulai bisnis pada umumnya, kamu juga harus menyiapkan strategi dan perencanaan yang matang untuk bisa meraup untung dari bisnis tour and travel ini. Supaya lebih memudahkan dan membantu kamu dalam urusan perencanaan bisnis ini, berikut sudah ada tips beserta estimasi modal yang diperlukan. Mari simak!

Baca juga: Ini Dia 10+ Rekomendasi Wisata Mojokerto Paling Hits! | Kredit Pintar 

Tips Meraup Untung Bisnis Tour and Travel

Menjalani bisnis yang menguntungkan memang tidak bisa dilakukan dengan instan. Butuh banyak proses yang harus dilalui, begitu juga untuk bisnis tour dan travel. Setidaknya ada 8 tips yang bisa kamu terapkan jika ingin memulai meraup untung di bidang satu ini. Berikut ini seluruh tipsnya. 

Tentukan Jenis Bidang Bisnis Travel yang Ingin digeluti

Menentukan target pasar dan bidang bisnis yang lebih spesifik adalah hal pertama yang harus kamu lakukan saat memulai bisnis tour and travel. Di bidang bisnis tour and travel sendiri memiliki ragam niche market yang berbeda. Ada bisnis tour and travel yang khusus melayani keberangkatan haji dan umroh, tetapi ada juga yang melayani travelling ke wisata lokal di Indonesia. 

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\_6\PIC\9\Tentukan Jenis Bidang Bisnis Travel yang Ingin digeluti.jpg

Untuk menentukan target pasar dan bidang bisnis secara spesifik, kamu perlu melakukan riset secara mendalam dan melihat tren yang sedang berkembang di bisnis ini. Disamping itu, kamu juga bisa melihat pada peluang yang ada dan sedikit banyaknya pesaing. Semakin sedikit pesaing juga memungkinkan bisnis untuk lebih mudah berkembang dan tumbuh. 

Buat Rencana dan Strategi Bisnis

Sebuah bisnis tidak akan berkembang secara efektif bila tidak direncanakan dengan baik sejak awal. Hal inilah yang harus kamu lakukan jika ingin membangun bisnis tour and travel. Rencana dan strategi bisnis harus dibuat sedetail mungkin dan sejelas mungkin. 

Strategi bisnis ini bisa jadi berbeda-beda untuk tiap pelaku bisnis. Namun, terlepas dari perbedaan perencanaan, seorang pelaku bisnis diharuskan membuat perencanaan yang efektif. Rencana bisnis dan strategi bisnis efektif akan membantu seorang pelaku bisnis meraih tujuan bisnis yang diinginkan.

Baca juga: Ini Cara Mengedit Background Foto yang Mudah | Kredit Pintar 

Buat Profil Usaha

Suatu bisnis tour and travel akan lebih mudah dikenal jika menggunakan nama yang unik dan mudah diingat. Jadi, sebelum lanjut ke perencanaan yang lain, kamu harus memastikan jika sudah menyiapkan nama brand untuk bisnis tour and travel yang kamu jalani. 

Umumnya, bisnis-bisnis travel di Indonesia sering menambahkan kata-kata khusus seperti ‘tour’ dan ‘travel’. Namun, kamu sendiri bisa mengkreasikan nama profil usaha kamu dengan nama yang lebih unik dan jarang digunakan. Ini akan lebih memudahkan para customer untuk mengingat nama brand kamu. 

Buat Paket Wisata

Setiap bisnis tour and travel biasanya menyediakan paket wisata untuk memudahkan customer dalam memilih tujuan dan rancangan akomodasi yang lebih praktis.  Tentunya cara ini juga bisa kamu terapkan di bisnis tour and travel yang kamu miliki. 

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\_6\PIC\9\Buat Paket Wisata.jpg

Dalam menentukan paket wisata ini, disarankan kamu melakukan riset terlebih dulu. Riset ini akan membantu melihat mana kira-kira paket wisata yang potensial untuk ditawarkan dan dipasarkan. 

Misalnya, akhir-akhir ini banyak kalangan anak muda yang menyukai wisata alam ke pulau-pulau eksotis di Indonesia. Nah, di sini kamu bisa menyediakan paket wisata berlibur ke Raja Ampat, Banda Neira, maupun ke lokasi-lokasi lainnya. 

Siapkan Promo Khusus

Promo adalah sesuatu yang paling mudah menarik para customer berdatangan. Tidak terkecuali untuk bisnis tour and travel. Apalagi pastinya tidak sedikit orang-orang yang ingin berwisata dengan budget yang terjangkau dan mendapatkan promo diskon akan membuat mereka tergiur. 

Jenis promo bisa kamu sesuaikan dengan musim liburan, misalnya. Saat akhir tahun, biasanya akan ada banyak orang yang merencanakan liburan. Momen seperti inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk lebih gencar dalam menawarkan promo atau diskon khusus. 

Baca juga: Harga Setelah Diskon? Ini Cara Menghitung Diskon | Kredit Pintar 

Pasarkan Melalui Website atau Sosmed 

Sekarang ini, kegiatan bisnis jadi lebih mudah dijangkau oleh customernya karena dipasarkan secara online. Oleh karena itu, penting bagi pebisnis tour and travel untuk memaksimalkan pemasaran melalui sosial media dan website. 

Kamu bisa menerapkan kiat-kiat digital marketing yang juga sudah banyak diterapkan oleh banyak pelaku bisnis. Misalnya, menerapkan SEO, social media marketing, content marketing, dan email marketing. Selain strategi-strategi tersebut, masih ada strategi digital marketing lainnya yang bisa kamu terapkan untuk membantu bisnis tour and travel semakin dikenal banyak masyarakat. 

Layani Pelanggan dengan Baik

Tahukah kamu jika ada salah satu pemasaran dari mulut ke mulut yang dilakukan para pelanggan? Hal ini bisa dikatakan bagian dari dampak positif dari pelayanan yang kamu berikan. Ketika pelanggan merasa puas dan dilayani dengan baik, mereka pasti tidak segan-segan untuk mempromosikan kepada orang lain mengenai bisnis kamu. 

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\_6\PIC\9\Layani Pelanggan dengan Baik.jpg

Dalam memberikan pelayanan yang baik, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan. Pertama, gunakan bahasa yang sopan dalam berkomunikasi dengan customer. Kedua, jika perlu, berikan apresiasi seperti promo khusus bagi pelanggan-pelanggan yang setia menggunakan tour and travel milik kamu. 

Terakhir, sesekali mintalah feedback kepada para pelanggan mengenai pelayanan yang kamu berikan. Apakah ada pelayanan yang kurang baik yang harus ditingkatkan atau apakah pelayanan sudah cukup baik bagi mereka. 

Baca juga: 10 Tempat Wisata Cirebon Ini Wajib Anda Kunjungi! | Kredit Pintar 

Perluas Jaringan Kerja Sama Bisnis

Memperluas jaringan bisnis terutama bisnis tour and travel adalah suatu keharusan. Dengan memperluas jaringan bisnis kamu juga bisa berpeluang meningkatkan pelayanan. Sehingga nantinya customer pun akan terus berdatangan. 

Nah, memperluas jaringan ini dapat kamu lakukan misalnya dengan bekerja sama dengan pihak hotel, pengelola lokasi wisata, ataupun dengan travel blogger/vlogger. Pada intinya, jangan tertutup dengan segala kemungkinan kerja sama yang ada saat kamu mengembangkan bisnis. 

Modal yang dibutuhkan Untuk Bisnis Tour and Travel

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\_6\PIC\9\Modal yang dibutuhkan Untuk Bisnis Tour and Travel.jpg

Dari tips-tips yang ada, mungkin kamu masih bertanya-tanya mengenai berapa modal yang perlu disiapkan untuk membuka bisnis tour and travel. Nah, untuk membantu kamu merancang perencanaan modal bisnis, berikut sudah ada beberapa poin mengenai apa saja modal yang dibutuhkan untuk bisnis tour and travel.

  • Persiapan renovasi ruang kantor untuk bisnis: Rp7.000.000
  • Alat tulis, komputer, printer, internet: Rp5.000.000
  • Listrik per bulan: Rp500.000
  • Pembuatan website: Rp1.500.000
  • Biaya promosi: Rp500.000-Rp1.000.000
  • Penyewaan mobil atau akomodasi: Rp250.000/hari

Jika dijumlahkan secara keseluruhan, estimasi modal yang kamu perlukan untuk membuka tour and travel adalah sekitar Rp15 juta. Namun, jumlah tersebut sifatnya berupa estimasi atau perkiraan. Kemungkinan bisa bertambah jika ada biaya operasional lainnya yang dibutuhkan. 

Baca juga: Gelar Kelas Pintar Bersama Cari Cuan, Kredit Pintar Ajak UMKM di Surabaya Ulik Peluang Bisnis 

Itulah seluruh penjelasan mengenai tips dalam meraup untung tour and travel. Bisnis satu ini memang sangat menguntungkan untuk dilakukan. Namun, modal yang harus dikeluarkan juga tidak sedikit sehingga kamu perlu melakukan persiapan yang matang terkait pengumpulan modal ini.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
15 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download