10 Tempat Wisata Cirebon Ini Wajib Anda Kunjungi!

14 Jun 2022 by Laruan, Last edit: 20 Jun 2022

Indonesia memang terkenal kaya akan tempat wisata yang indah dan menarik, termasuk wisata Cirebon yang belum banyak dikunjungi. Cirebon sendiri merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang wajib Anda kunjungi di masa liburan nanti. 

10 Wisata Paling Indah di Cirebon & Sekitarnnya

Kota yang dijuluki kota udang ini mengalami kemajuan yang cukup pesat di berbagai sektor. Konon julukan kota udang diambil dari sejarahnya bahwa pada abad ke-15 mayoritas masyarakat Cirebon mengolah udang rebon sebagai mata pencaharian utama. 

Tak heran jika banyak kulinernya yang terbuat dari campuran udang rebon yang enak dan gurih. Selain populer dari segi kuliner, Cirebon memiliki tempat wisata terbaru yang ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal atau luar negeri. 

Baca Juga: Dusun Semilir Eco Park Bawen, Wisata Buatan Indah

Destinasi Wisata Cirebon Terbaru

5 Tempat Wisata di Cirebon yang Paling Cocok Buat Para Backpacker -  Kapanlagi.com

Destinasi wisata Cirebon didominasi oleh wisata alam karena masih memiliki kawasan yang terjaga kealamiannya. Bagi Anda yang berencana mengunjungi Cirebon, silahkan mampir ke berbagai pilihan tempat wisata menarik di bawah ini. 

Bukit Gronggong

Pertama, ada Bukit Gronggong yang terkenal dengan pemandangannya yang indah. Hal tersebut menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung kesana. 

Bukit ini dijadikan sebagai tempat wisata karena bisa menampilkan panorama yang indah dari hutan yang ada di bawh bukit. Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati keindahan kota Cirebon dari kejauhan.

Ada baiknya berkunjung ke Bukit Gronggong itu ketika pagi hari untuk melihat sunrise atau sore hari agar bisa melihat keindahan sunset. Pemandangan malam hari juga tak kalah indahnya karena bisa melihat cahaya lampu-lampu dari kota Cirebon. 

Bukit yang satu ini berada di Jalan Patapan, Kecamatan Beber, Cirebon Jawa Barat. 

Telaga Niren

Wisata di Cirebon yang kedua adalah Telaga Niren, destinasi wisata terbaru ini sangat populer atau hype di Instagram. Alasan utamanya tentu karena pemandangan di Telaga Niren memberikan tampilan yang instagramable sekali. 

Airnya yang sangat jernih dan bening sering dijuluki dengan nama telaga biru, warna airnya yang biru seolah-olah sangat segar. Cobalah untuk berfoto ria di Telaga Niren, airnya yang jernih terlihat sangat apik pada hasil foto. 

Jangan lupa untuk berfoto di pinggir telaga atau di atas perahu, sewa perahunya juga sangat terjangkau untuk semua pengunjung. Lokasi tepatnya berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pesawahan, Cirebon Jawa Barat. 

Situ Sedong

Kabarnya, tempat wisata Situ Sedong sudah ada sejak zaman penjajahan kolonial Belanda. Di masa penjajahan Belanda, Situ Gedong dibangun selama 3 tahun yakni dari 1918-1921 untuk irigasi perkebunan dan pertanian di sekitarnya.

Cobalah berkunjung ke Situ Sedong, Anda akan mendapatkan suasana nyaman dan tenang di Kota Cirebon. Situ Sedong memiliki latar belakang pemandangan Gunung Ciremai yang menjulang tinggi. 

Untuk menikmati suasana Situ Sedong, Anda bisa berkeliling menggunakan sepeda bebek air atau perahu kecil sewaan. Alamat lengkapnya berada di Desa Sedong Lor, Kecamatan Sindang Laut, Cirebon Jawa Barat. 

Pantai Kejawanan

Bagi Anda yang sangat hobi bermain-main di Pantai, maka pilihlah Pantai Kejawanan sebagai list destinasi wisata Cirebon yang indah. Disana banyak spot foto yang menarik dan instagramable dan memiliki banyak perahu untuk digunakan berkeliling Pantai. 

Pantai Kejawanan juga memiliki latar belakang Gunung Ciremai dan Anda bisa menikmati keindahan laut dengan angin yang sejuk. Jangan lupa untuk bersantai di tepi Pantai bersama teman atau kelurga sambil menikmati makanan. 

Alamat lengkapnya berada di Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Cirebon Jawa Barat. 

Baca Juga: Tempat Wisata Sejarah di Indonesia: 5 Kota yang Wajib Dikunjungi

Telaga Remis

16 Tempat Wisata di Cirebon yang Unik, Hits & Wajib Dikunjungi di 2021

Salah satu destinasi wisata di Cirebon yang wajib Anda kunjungi selanjutnya adalah Telaga Remis. Nama tersebut diambil dari nama kerang air tawar yang banyak ditemukan di Telaga ini. 

Aktivitas rekreasi yang bisa Anda lakukan disini mulai dari piknik, memancing, naik perahu bebek hingga berfoto ria dengan latar belakang yang indah. Jangan coba-coba untuk berenang ya! Telaga Remis memiliki kedalaman yang cukup tinggi. 

Tak sedikit pasangan yang melakukan foto prewedding di Telaga Remis yang terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Cirebon. 

Cirebon Waterland

Sebelumnya, Cirebon Waterland memiliki nama Taman Ade Irma Suryani yang sempat terabaikan. Kini tempat ini buka dari pukul 07.000 sampai 21.000 dengan harga tiket sekitar Rp. 50.000-65.000. 

Banyak wahana air yang bisa Anda nikmati bersama keluarga atau teman seperti kolam arus, kolam renang olympic, waterboom hingga penginapan yang berjumlah sekitar 40 cottage. 

Meski harga tiketnya terbilang mahal, tapi Anda bisa menikmati semua wahana sepuasnya. Lokasi lengkapnya berada di Jalan Yos Sudarso, Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Cirebon Jawa Barat. 

Banyu Panas Palimanan

Banyu panas atau pemandian air panas ini bisa Anda coba juga sebagai alternatif jika Cirerbon Waterland kemahalan. Banyu panas Palimanan memiliki kandungan zat belerang yang bagus untuk Anda mengatasi masalah kulit.

Selain pemandian, wisata Cirebon yang satu ini menawarkan beberapa fasilitas lain seperti gazebo, taman bermain anak, jogging track, warung nongkrong dan lainnya. Harga tiket masuknya juga murah, hanya Rp. 15.000.

Tempat wisata yang berada di Jalan Raya Cirebon-Palimanan ini buka dari pukul 07.00 sampai 17.30. 

Taman Sari Gua Sunyaragi

Wisata di Cirebon selanjutnya adalah Taman Sari Gua Sunyaragi, ini merupkan destinasi wisata yang bersejarah. Desainnya tampak sangat unik karena terlihat seperti gua yang memiliki banyak terowongan di dalamnya. 

Bebatuan di bagian luarnya juga semakin menarik, lubang-lubang pada batu tersebut disebabkan oleh air hujan. Dengan begitu bentuknya jadi tidak beraturan tapi tetap terlihat artistik dan menampilkan kesan yang berbeda. 

Jangan salah, tempat ini memiliki nilai sejarah yang harus dijaga karena dijadikan sebagai tempat berlatihnya tentara kesultanan Cirebon. Jika Anda tertarik untuk berkunjung tempat wisata Cirebon yang satu ini, lokasinya berada  di Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Cirebon Jawa Barat. 

Desa Wisata Cikalahang

Destinasi wisata terbaru di Cirebon yang bisa Anda kunjungi adalah Desa Wisata Cikalahang. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki segudang aktivitas dan membutuhkan tempat healing atau bersantai melepas penat. 

Pemandangan di Desa Wisata Cikalahan begitu hijau, masih asri dan udaranya pun terasa segar. Anda juga bisa menginap di penginapan khusus kemudian melakukan aktivitas memancing, naik perahu bebek sambil mengitari danaunya. 

Lokasinya berada di Cikalahang, Kecamatan Dukupuntang, Cirebon atau tepat di bawah kaki Gunung Ciremai.

Keraton Kasepuhan

Tak lengkap rasanya jika berwisata di Cirebon tanpa mengunjungi Keraton Kasepuhan sebagai wisata sejarah yang memiliki daya tarik. Keraton ini menjadi Keraton paling megah dan terawat hingga sekarang. 

Selain belajar sejarah, Anda bisa menikmati keindahan bangunan kuno yang eksotis di Kota Cirebon. Sedangkan di tempat lain ada Keraton Hanoman yang terletak 600 meter dari Keraton Kasepuhan Cirebon. 

Keraton Hanoman sudah berdiri sejak Sultan Badaruddin tahun 1588, kedua Keraton tersebut memiliki nilai sejarah dan spot foto yang instagramable. 

Ada banyak destinasi wisata Cirebon yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga, pasangan atau teman. Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya menyiapkan budget terlebih dahulu dan list tempat wisata yang ingin Anda kunjungi. Buat Anda yang membutuhkan biaya untuk berwisata Anda bisa mengajukan pinjaman di Kredit Pintar.

Selain aman karena telah terdaftar di OJK, Kredit Pintar juga bisa membantu Anda dalam mendapatkan pinjaman dalam waktu yang cepat. Cocok sekali untuk Anda yang ingin melakukan wisata Cirebon dalam wkatu dekat.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Sumatera yang Wajib Dikunjungi

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Jun 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download