Berkunjung Ke Pulau Komodo Mahal? Siapkan Budgetnya

16 Feb 2021 by Andro
pulau komod

Pulau Komodo, sebagai salah satu tempat wisata di NTT, akhir-akhir ini menarik banyak perhatian wisatawan. Seperti namanya, Pulau Komodo, dihuni oleh banyak spesies komodo yang sudah lama menempati wilayah ini. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang jauh-jauh datang ke tempat ini untuk melihat komodo secara dekat. Walaupun menyeramkan, para komodo ini memiliki daya tarik sendiri sebagai satwa yang dilindungi di Indonesia.

Pergi ke Pulau Komodo, sepertinya sudah menjadi top list tempat wisata bagi para kaum millenial di Indonesia. Pemandangan di Pulau Komodo terbukti sangat indah. Lautan biru dan pepohonan hijau, menjadi pemandangan yang sangat indah. Siapapun yang ingin mengunjungi tempat wisata di NTT yang satu ini, harus lah memiliki budget yang sudah dipersiapkan. Seperti kita tahu, kalau untuk sampai ke Pulau Komodo diperlukan tiket pesawat yang tidak murah.

Sebelum merencanakan pergi ke Pulau Komodo, sebaiknya Anda mempersiapkan budget yang matang. Berikut rincian budget yang bisa Anda persiapkan.

  • Tiket Pesawat

Anda tidak sudah bisa memesan langsung tiket dari Jakarta dengan tujuan Labuan Bajo. Mungkin dikarenakan banyaknya wisatawan yang pergi ke destinasi ini, maka pesawat yang langsung menuju Labuan Bajo diadakan. Harga tiketnya memang termasuk mahal. Tiket dari Jakarta ke Labuan Bajo mulai dari 1,5 sampai 2 juta rupiah sekali jalan. Kalau pulang pergi, estimasi biaya pesawat bisa 3 sampai 4 juta rupiah.

  • Penginapan

Anda bisa menghemat budget dengan memilih penginapan yang murah. Hotel dengan kualitas standard berada di harga 400-500 ribu rupiah satu malamnya. Namun jika Anda ingin memilih hotel dengan fasilitas yang lebih nyaman, Anda harus merogoh kocek jutaan.

  • Penyewaan Boat

Menyusuri Labuan Bajo, Anda memerlukan transportasi berupa boat. Harga boat beragam tergantung destinasi yang Anda tuju. Misal paling murah itu boat kayu seharga Rp 1,5 juta seharian untuk mengunjungi Pulau Padar, Komodo dan Pink Beach. Satu kapal kapasitasnya 5-15 orang. Kemudian ada juga boat yang lebih besar dan nyaman. Fasilitasnya pun lengkap, boatnya ini menyediakan makan siang dan snack serta minuman. Boat ini berharga 8 juta rupiah.

Selain beberapa kebutuhan diatas, akan ada banyak biaya-biaya yang Anda keluarkan selagi berwisata di tempat wisata di NTT. Jika memang Anda sudah tidak sabar pergi ke Pulau Komodo, namun budget belum memadai, Anda bisa menggunakan pinjaman online. Pinjaman online hadir untuk membantu segala kebutuhan Anda, termasuk pergi liburan. Pinjaman online sudah banyak digunakan. Apabila Anda masih awam menggunakan aplikasi pinjaman online, Anda bisa memilih Kredit Pintar sebagai pinjaman online terpercaya.

kredit pintar

Penting sekali bagi Anda yang masih awam dengan aplikasi pinjaman online, memilih aplikasi pinjaman online terpercaya. Banyaknya penipuan di dunia online harus menjadi kewaspadaan Anda. Jangan sampai Anda tertipu dan batal pergi berwisata karena menggunakan aplikasi yang tidak terpercaya. Sudah diawasi lembaga berwenang, terbukti terpercaya, dan dana yang Anda butuhkan cepat cair. Tunggu apalagi, gunakan pinjaman online terpercaya dari Kredit Pintar sebagai dana Anda untuk berwisata ke Pulau Komodo.