Ini Dia 10+ Rekomendasi Wisata Mojokerto Paling Hits!

14 Jun 2022 by Laruan, Last edit: 20 Jun 2022

Siapa sangka Mojokerto sebagai salah satu Kabupaten di Jawa Timur ini memiliki tempat wisata yang sedang hits. Wisata Mojokerto selalu identik dengan sejarahnya yang membuat wisatawan lokal dan mancanegara tertarik untuk berkunjung ke sana. 

Tempat Wisata di Mojokerto Terbaru 2022 Paling Indah

Saat musim liburan nanti, ada baiknya Anda mencoba berkunjung ke sana karena banyak spot wisata unik. Di antaranya air terjun, candi, museum, hingga situs-situs bersejarah. 

Tempat wisata di Mojokerto sangat dipengaruhi oleh kondisi geografis seperti pegunungan, tak heran jika banyak air terjunnya. Kondisi alamnya juga terasa sejuk dilengkapi pemandangan yang indah yang bisa memanjakan mata dan merefresh pikiran. 

Baca Juga: Tips Pergi ke Tempat Wisata Surabaya bagi Pemula

Rekomendasi Tempat Wisata Mojokerto

Penasaran kan tempat wisata Mojokerto mana saja yang bisa Anda kunjungi? Simak saja ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Candi Jolotundo

Ulasan pertama yakni ada Candi Jolotundo, wisata alam bernuansa religi di Mojokerto yang bisa Anda kunjungi. Candi ini menjadi tempat wisata yang sangat terkenal meskipun letaknya di kaki Gunung Penanggungan. 

Daya tarik yang ditawarkan salah satu tempat wisata Mojokerto ini yakni bangunan candinya yang unik dengan kolam ikan dan pemandian. Liburan ke Candi Jolotundo semakin lengkap karena ada kedai makanan dan oleh-oleh yang membuat liburan semakin menyenangkan. 

Lokasinya berada di Area Hutan, Kec. Trawas, Mojokerto Jawa Timur dengan jam operasional 24 jam. 

Candi Tikus

Yang kedua ada Candi Tikus, pesona bangunannya sangat menarik dan penuh sejarah di masa lalu sehingga memanjakan setiap pengunjung yang datang ke Candi Tikus. Konon, bangunan candinya itu sudah lama terkubur dalam tanah kemudian ditemukan kembali tahun 1914. 

Di tahun itu pula Bupati Mojokerto, RAA Komojoyo Adinegoro memerintahkan para pembantunya untuk melakukan penggalian situs. Bentuk Candi Tikus mirip dengan petirtaan, para pakar sejarah dan arkeolog pun banyak berselisih pendapat mengenai fungsinya. 

Ada yang menilai sebagai petirtaan tempat mandi keluarga Raja, pendapat lainnya menyebut sebagai menara tempat untuk memuja. Lokasi tepatnya berada di Jalan Raya Trowulan, Jatirejo, Temon, Mojokerto Jawa Timur. 

Candi Brahu

Tahukah Anda bahwa wisata Mojokerto yang satu ini merupakan peninggalan bersejarah dari agama Budha? Bangunan Candi Brahu merupakan bangunan tua, bahkan usianya dipercaya melebihi bangunan kerajaan Majapahit. 

Lebih dari itu, Candi Brahu dianggap sebagai bangunan paling tua seiring dengan berdirinya pemerintahan Raja Brawijaya I. Lokasi wisatanya berada di Sawah, Bejijong, Trowulan, Mojokerto Jawa Timur. 

Candi Bajang Ratu

Wisata alam religi yang keempat yakni Candi Bajang Ratu, cocok juga sebagai tempat wisata bersama keluarga di Mojokerto. Berwisata di Candi Bajang Ratu bisa sekaligus mengenang sejarah Indonesia dan Mojokerto pada khususnya. 

Daya tarik dari Candi ini adalah taman-taman indah dan mempesona yang ada di sekelilingnya, cocok untuk spot berfoto-foto. Lokasi tepatnya berada di Jalan Candi Tikus No 9 Trowulan, Temon, Mojokerto Jawa Timur. 

Coban Canggu

Coban bisa diartikan juga sebagai air terjun, air terjun canggu memiliki ketinggian 80 meter. Jika Anda ingin mencapai puncaknya, perlu melewati 200 buah anak tangga, berani mencobanya?

Ketika sampai di Coban Canggu, Anda akan mendapatkan suguhan berupa pemandangan air terjun yang cantik. Wisata di Mojokerto memang sangat memuaskan, termasuk di Coban Canggu yang sudah dilengkapi dengan mushola, gazebo, rumah makan hingga toilet yang nyaman digunakan. 

Ingin berkunjung ke sana? Anda bisa menuju Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto Jawa Timur. 

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Bandung Ini Wajib Dikunjungi

Air Terjun Dlundung

Belum habis, Mojokerto masih memiliki potensi wisata yang mempesona seperti Air Terjun Dlundung. Ketika Anda berkunjung ke sana, setidaknya bisa mengobati pikiran yang sedang penat karena pesona alamnya yang memanjakan setiap pengunjung. 

Air Terjun Dlundung memiliki spot foto yang instagramable untuk siapa saja yang datang berkunjung. Salah satu tempat wisata Mojokerto murah ini sudah dilengkapi area parkir kendaraan, gazebo, resto dan warung, camping serta outbound area. 

Lokasi wisata Mojokerto air terjun Dlundung berada di lereng gunung Welirang atau tepatnya di Desa Kemloko, Kecamatan Trawas, Mojokerto Jawa Timur. Meskipun bukan tempat wisata terbaru, keindahannya tidak akan membosankan bagi siapapun yang menikmatinya. 

Air Terjun Watu Lumpang

Meski terbilang tidak terlalu besar, Air Terjun Watu Lumpang tetap memiliki udara yang sejuk dan asri. Sangat cocok untuk Anda yang ingin merasakan udara segar atau menepi dari segala aktivitas harian yang melelahkan. 

Air terjun ini berada di Taman Hutan Rakyat, bahkan letaknya juga tidak jauh dari lereng gunung Welirang, berbatasan langsung antara Mojokerto dan Kota Batu. Lokasinya berada di Hutan, Pacet, Mojokerto Jawa Timur. 

Museum Balai Pelestarian Purbakala

35 Tempat Wisata di Mojokerto Terbaru yang Lagi Hits Tahun 2022- Explore  Mojokerto

Setelah menikmati wisata di Mojokerto yang berbau wisata alam, tak ada salahnya untuk berkunjung ke wisata edukasi Museum Balai Pelestarian Purbakala. Salah satu obyek wisata yang sedang hits ini sudah berusia 200 abad. 

Meski bukan tempat wisata Mojokerto terbaru, beragam jenis benda di dalam Museum ini merupakan peninggalan sejarah di zaman purbakala. Benda peninggalan yang ada didalamnya didominasi oleh artefak dari kerajaan Kahuripan, Kediri dan Singosari. 

Selain tempat menyimpan benda bersejarah, museum ini berfungsi sebagai tempat studi sejarah di Mojokerto. Kunjungi museum tersebut di Jalan Majapahit, No 141-143, Tegalor, Trowulan, Mojokerto Jawa Timur. 

Kolam Segaran 

Sepertinya sangat sulit mencari tempat wisata terbaru di Mojokerto ini, meskipun begitu Anda tetap bisa berlibur dengan menyenangkan di Kolam Segaran. Obyek wisata bersejarah ini dipercaya sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit. 

Uniknya, Pemerintah setempat telah memodifikasi Kolam Segaran sebagai kolam pancing, cocok untuk wisatawan yang gemar memancing ikan. Tak hanya itu, Kolam Segaran juga dinobatkan sebagai kolam tua terbesar di Indonesia. 

Lokasi salah satu wisata di Mojokerto ini berada di Dukuh Trowulan, Desa Trowulan, Mojokerto Jawa Timur. 

Museum Sanggar Gubug Wayang

Dari namanya saja Sanggar Gubug Wayang, maka didalamnya terdapat berbagai jenis koleksi wayang, mulai dari wayang kulit, wayang potehi hingga wayang golek. Wisata Mojokerto Sanggar Gubug Wayang menghadirkan berbagai karakter wayang dalam bentuk tokoh terkemuka seperti Lady Diana, Mahatma Gandhi hingga Joko Widodo Presiden Indonesia. 

Ada juga buku Samkok di dalam museum yang usia bukunya sendiri sudah mencapai 100 tahun lebih. Jika tertarik untuk berkunjung ke sana, Anda bisa menuju ke Jalan R.A Kartini No 23, Kauman, Prajurit Kulon, Mojokerto Jawa Timur. 

Pendopo Agung Trowulan

Obyek wisata di Mojokerto terbaru ini dianggap sebagai tempat sakral bagi penduduk setempat, pasalnya dianggap sebagai simbol kebanggaan dan memiliki kekuatan di dalamnya. Area pendopo yang luas membuat wisatawan betah berlama-lama di sana. 

Di pintu masuk pendopo, Anda akan melihat pintu gerbang berbentuk candi bergaya Jawa Kuno. Kemudian ada cungkup kecil yang didalamnya ada tugu prasasti berupa patung Mahapatih Gajah Mada setinggi dada orang dewasa. 

Lokasi Pendopo Agung Trowulan berada tepat di Nglinguk, Trowulan, Mojokerto Jawa Timur. 

Tempat Wisata di Mojokerto Terbaru 2022 Paling Indah #1

Wisata  Mojokerto memang didominasi oleh tempat bersejarah yang tak kalah kerennya dengan wisata di daerah lain. Segera agendakan di musim liburan nanti untuk berkunjung ke salah satu wisata di Mojokerto. Buat Anda yang membutuhkan biaya untuk berwisata Anda bisa mengajukan pinjaman di Kredit Pintar.

Selain aman karena telah terdaftar di OJK, Kredit Pintar juga bisa membantu Anda dalam mendapatkan pinjaman dalam waktu yang cepat. Cocok sekali untuk Anda yang ingin melakukan wisata Mojokerto dalam waktu dekat.

Baca Juga: Tempat Bersejarah di Indonesia: 5 Kota yang Wajib Dikunjungi

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Jun 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download