Kelebihan dan Kekurangan Berinvestasi di Bibit Reksadana

15 Sep 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 14 Sep 2022

Pada zaman serba digital ini, dengan semakin meningkatnya literasi keuangan kita melihat banyak generasi muda semakin sadar akan pentingnya berinvestasi. Salah satu instrumen investasi yang kerap menjadi pilihan banyak orang adalah reksadana karena sifatnya yang cocok bagi pemula, anti-ribet dan menawarkan banyak pilihan. Nah, artikel ini akan membahas dan mengulas salah satu aplikasi investasi tempat dimana kita bisa mencoba investasi reksadana yaitu di Bibit reksadana.

bibit reksadanaBaca Juga: Cara Investasi Reksadana untuk Pemula

Apa Kelebihan Berinvestasi Reksadana di Aplikasi Bibit?

bibit reksadana

1. Keberadaan Fitur Robo Advisor 

Robo-Advisor pada aplikasi bibit reksadana adalah fitur untuk mendeteksi dan membantu user atau calon investor menemukan rekomendasi pilihan investasi yang tepat berdasarkan hasil penyesuaian profil resiko yang didapat oleh user setelah mendaftar dengan kinerja instrumen tersebut. Hal ini tentu sangat memudahkan investor dalam menentukan pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan finansial beserta  psikologis investor sendiri.

Selain itu kelebihan dari fitur robo-advisor adalah auto-rebalancing sehingga ketika terjadi perubahan kondisi ekonomi maka robo-advisor mampu menyesuaikan pilihan rekomendasi investasi. Fitur auto-rebalancing memastikan resiko yang direkomendasikan terukur sesuai dengan profil risiko kamu sembari tetap menghasilkan return yang sesuai.

2. User-Friendly App


Aplikasi bibit bisa dibilang memiliki tampilan yang sangat minimalis dan sederhana, tidak hanya itu tetapi aplikasi ini juga memiliki prosedur pendaftaran registrasi dan investasi yang terbilang simple sehingga orang awam akan mampu dengan cepat mempelajari seluk beluk aplikasi ini. 

bibit reksadana

3. Pilihan Reksadana yang Berkualitas 


Bibit reksadana menyediakan begitu banyak pilihan investasi bagi para investor mulai dari reksadana pasar uang hingga syariah. Pilihan instrumen reksadana yang tersedia pada aplikasi Bibit juga telah sesuai dengan peraturan OJK.

Baca Juga: 10 Aplikasi Investasi Saham Terbaik, Terdaftar OJK

4. Customer Service Tanggap

Aplikasi Bibit memiliki customer service yang tanggap dan terjangkau di banyak platform selain konsultasi dan pertanyaan terkait fitur aplikasi bisa diajukan melalui akses website melalui fitur live chat. Selain itu, customer service juga bisa diakses melalui aplikasi mobile dan email ataupun Whatsapp. 

5. Fleksibilitas Investasi Reksadana dengan Modal Minim


Bibit reksadana menyediakan fleksibilitas budget buat calon investor dengan pembelian instrumen reksadana minimal sebanyak Rp 100.000 bahkan juga terdapat opsi reksadana yang memiliki minimal pembelian sebanyak Rp 10.000 saja. Investasi pada aplikasi Bibit bisa dibilang sangat terjangkau oleh berbagai kalangan ekonomi.

Harga ekonomis ini memudahkan para calon investor mengatur keuangan pribadi dan mengelola perencanaan finansial dan investasi pribadi dengan ketersediaan dana yang minimum. 

Bibit reksadana

Baca Juga: Hedging adalah Strategi Penting dalam Investasi!

6. Fitur Menabung Rutin

Istilah Dollar Cost Averaging (DCA) mungkin sudah tidak asing lagi bagi para investor yang telah lama terjun di dunia investasi. Bibit reksadana menyediakan fitur menabung rutin bagi investor. Fitur ini membantu kita berkomitmen dalam berinvestasi dan tidak lupa berinvestasi sebagai bentuk pengelolaan keuangan.

Fitur menabung rutin juga bisa disetting secara periodik sesuai keinginan pribadi investor dengan nilai investasi dan pilihan portofolio disesuaikan dengan profil risiko.  Berinvestasi rutin pada Bibit reksadana dapat dilakukan dengan mudah.

Apa Kekurangan Berinvestasi Reksadana di Aplikasi Bibit?

Tidak begitu banyak kekurangan yang ditemui pada aplikasi Bibit reksadana, hanya saja beberapa user menilai pilihan reksadana pada bibit terbatas jika dibandingkan aplikasi platform investasi reksadana lain yaitu bareksa misalnya. Pilihan yang terbatas memang cukup beralasan dengan standar seleksi yang dimiliki Bibit namun membuat investor kurang leluasa dalam memilih reksadana.

Selain itu bisa dibilang bahwa Robo-Advisor memiliki mekanisme penilaian profil resiko yang terlalu sederhana dan kurang mendetail sehingga kerap kali ditemui bahwa rekomendasi yang disajikan oleh Robo-Advisor dirasa kurang tepat atau sesuai dengan preferensi investor.

Secara umum aplikasi Bibit reksadana adalah aplikasi yang baik dan rekomen sekali untuk investor dari berbagai kalangan. Berbagai respon positif dari para user mengatakan bahwa aplikasi ini mudah digunakan dan memudahkan proses berinvestasi.  

Beberapa user mengatakan bahwa proses withdrawal sangat cepat selain itu keamanan bertransaksi terjamin. Bisa disimpulkan bahwa aplikasi Bibit reksadana adalah aplikasi yang menonjolkan nilai kepercayaan investor dan cocok bagi investor pemula.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download