Info Daftar Biaya Tol Terbaru Trans Jawa Tahun 2021

29 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 02 Jan 2022

Tol Trans Jawa terbagi ke dalam beberapa ruas yang cukup sibuk melayani hilir mudik kendaraan. Meskipun belakangan ini perjalanan darat mengalami beberapa pembatasan, bukan berarti Sobat Pintar tidak perlu meng-update informasi tentang daftar biaya tol terbaru Trans Jawa tahun 2021. Terutama, untuk Sobat Pintar yang sekiranya akan bepergian melalui ruas tol Trans Jawa tersebut.

Penasaran dengan daftar biaya tol terbaru Trans Jawa tahun 2021? Mari simak artikel berikut hingga tuntas. Selamat menyimak!

Info Daftar Biaya Tol Terbaru Trans Jawa Tahun 2021

1. Ruas Tol Jakarta-Cikampek

Ruas pertama yang akan kami bahas adalah Ruas Tol Jakarta-Cikampek. Ruas ini memiliki panjang 72 KM dan memiliki tujuh buah rest area. Sebagai ruas yang terhubung langsung dengan ibukota, tol ini tergolong cukup ramai terlebih saat musim mudik tiba. 

Di ruas ini, biaya tol kendaraan golongan adalah sebesar Rp 20.000,- per kendaraan. golongan I sendiri meliputi mobil tipe sedan, jip, mobil pick up, truk ukuran kecil hingga armada bus.

2. Ruas Tol Cikampek-Palimanan

Selanjutnya adalah ruas tol Cikampek-Palimanan. Ruas tol ini berada di provinsi Jawa Barat, dan dibangun dengan panjang ruas 116,75 KM. Meskipun panjang ruas tol ini tidak sampai 2 kali lipat ruas tol Jakarta-cikampek, Sobat Pintar harus menyiapkan biaya tol sebesar Rp 107.500,- untuk melintas dengan mengendarai kendaraan golongan I.

3. Ruas Tol Palimanan-Kanci

Berikutnya, kita ke ruas tol Palimanan-Kanci yang memiliki panjang sekitar 26,3 KM. Biasanya, pengendara yang melintas di ruas ini hanya memerlukan waktu tidak sampai 30 menit. Dan kebanyakan dari mereka, tidak merasa terbebani dengan biaya tol sebesar Rp 12.500,- untuk kendaraan golongan I.

4. Ruas Tol Kanci-Pejagan

Ruas tol ini terbilang tidak terlalu panjang, hanya sekitar 35 KM dan biasanya dapat dilalui oleh pengendara dengan waktu tempuh kurang dari 1 jam pada kondisi lancar. Untuk Sobat Pintar yang akan melintas di ruas ini, dapat mempersiapkan uang sebesar Rp 29.500,- baik dalam bentuk saldo ataupun cash untuk golongan I.

5. Ruas Tol Pejagan-Pemalang

Dari ruas Tol sebelumnya, bila kita ingin melanjutkan perjalanan ke daerah Pemalang via tol dengan kendaraan golongan I, kita harus mempersiapkan uang sebesar Rp 60.000,-. Ruas tol ini terbilang tidak terlalu panjang, hanya sekitar 57,5 KM dan biasanya dapat dilalui oleh pengendara dengan waktu tempuh kurang dari 1 jam pada kondisi lancar.

6. Ruas Tol Pemalang-Batang

Berlanjut ke Ruas Tol Pemalang-Batang yang panjang tempuhnya sekitar 39 KM. Sobat Pintar dapat melintas dengan kendaraan golongan I, setelah membayar biaya tol yang berkisar Rp 40.000,-.

7. Ruas Tol Batang-Semarang

Setelah membahas ruas Tol Pemalang-Batang, kini kita lanjutkan pembahasan ke ruas tol Batang-Semarang. Untuk jalan tol dengan panjang 75 KM tersebut, pihak pengelola menerapkan tarif sebesar Rp 86.000,- untuk kendaraan golongan I yang hendak melintas.

8. Ruas Tol Semarang-Solo

Berbeda dengan Ruas Tol Batang Semarang, Ruas Tol Semarang-Solo yang dibangun dengan panjang sekitar 72 KM menerapkan tarif yang sedikit lebih terjangkau. Untuk golongan I, pengelola mematok biaya sejumlah Rp 65.500,- untuk setiap pengendara.

Info Daftar Biaya Tol Terbaru Trans Jawa Tahun 2021

9. Ruas Tol Solo-Ngawi

Untuk Sobat Pintar yang bepergian melalui tol Solo-Ngawi, Sobat Pintar harus mempersiapkan kocek lebih. Sebab untuk melalui ruas jalan sepanjang 90,1KM ini, Sobat Pintar memerlukan Rp 100.000,- bila ingin melintas dengan kendaraan golongan I.

10. Ruas Tol Ngawi-Kediri

Dari Ngawi, Sobat Pintar bisa menuju Kediri dengan lebih cepat via ruas tol Ngawi-Kediri dengan mempersiapkan uang sejumlah Rp 88.000,- untuk kendaraan golongan I. Setelah membayar, Sobat Pintar dapat melanjutkan perjalanan dan menyusuri tol sepanjang 108 KM tersebut hingga ke tempat tujuan.

11. Ruas Tol Bandar-Mojokerto

Berpindah ke Ruas Tol Bandar-Mojokerto yang panjangnya mencapai 40 KM. Di tol ini, pengguna kendaraan golongan I diharuskan oleh pihak pengelola untuk membayar tarif sebesar Rp 46.000,-.

12. Ruas Tol Mojokerto-Surabaya

Setelah Sobat Pintar tiba di Mojokerto, bila Sobat Pintar hendak melanjutkan perjalanan ke Surabaya, Sobat Pintar bisa melakukan perjalanan dengan lebih nyaman via tol setelah membayar uang sejumlah Rp 36.000,-. Ruas tol ini sendiri panjangnya sekitar 32 KM.

13. Ruas Tol Surabaya-Gempol

Orang Surabaya yang gemar hilir mudik ke luar kota dengan kendaraan roda empat pasti cukup familiar dengan ruas tol dengan panjang 45 KM ini. Betapa tidak? Ruas tol ini menjadi salah satu ruas yang ramai dilalui, dan hanya menarik uang masuk sebesar Rp 4.500,- saja.

14. Ruas Tol Gempol-Pandaan

Perjalanan dari daerah Gempol menuju Pandaan via tol hanya berjarak sekitar 13 KM. Untuk jarak tempuh sedekat itu, pengelola tidak mematok harga tinggi untuk dapat melintas. Pengguna kendaraan golongan I seperti Sobat Pintar, cukup membayar Rp 2.500,- agar dapat melintas di ruas tol yang satu ini.

15. Ruas Tol Gempol-Pasuruan

Berbeda dengan ruas tol sebelumnya, Ruas Tol Gempol Pasuruan memiliki panjang perjalanan sekitar 34 KM. Meskipun harus membayar uang sekitar Rp 36.000,- untuk kendaraan golongan I, pengguna jalan akan merasakan perjalanan yang nyaman bila melintas via tol.

16. Ruas Tol Pasuruan-Probolinggo

Bila ingin menuju ke Probolinggo dari Pasuruan, Sobat Pintar bisa menempuh perjalanan via tol sekitar 31 KM dengan biaya Rp 26.500,- saja. Tarif tersebut sudah dikaji dengan baik oleh pihak pengelola, dan dirasa akan sangat terjangkau oleh pengendara kendaraan golongan I. 

17. Ruas Tol Porong-Gempol

Ruas Tol Porong-Gempol adalah solusi mudah bagi Sobat Pintar yang lebih nyaman berkendara melalui jalan tol yang tiketnya hanya sebesar Rp 9.000,- ini. Setelah membayar, Sobat Pintar dapat melintas dengan kendaraan golongan I di ruas tol sepanjang 6,3 KM tersebut ke lokasi yang dituju.

18. Ruas Tol Cikampek-Semarang

Dari Cikampek, Sobat Pintar kini dapat melanjutkan perjalanan yang relatif lebih nyaman via tol dengan mengeluarkan uang ekstra sejumlah Rp 334.500,-. Nominal tersebut adalah tarif yang dipatok pengelola untuk kendaraan golongan I, yang hendak melaju pada ruas tol sepanjang 446 KM yang terbagi ke dalam beberapa ruas tol yang terhubung satu sama lain.

19. Ruas Tol Cikampek-Surabaya

Bila hendak melanjutkan perjalanan hingga ke Surabaya via jalan tol, pengguna kendaraan golongan I setidaknya harus mempersiapkan kocek sebesar Rp 663.500,-. Tarif tersebut sekilas memang terlihat mahal. Namun untuk ruas tol sepanjang 677 KM yang terdiri atas beberapa ruas yang saling terkoneksi, agaknya masih cukup terjangkau.

20. Ruas Tol Cikampek-Probolinggo

Selain ruas tol Cikampek-Surabaya, ruas tol cikampek-probolinggo merupakan ruas tol yang panjang. Untuk dapat melalui ruas tol sepanjang 767 KM ini, pengguna kendaraan golongan I harus menyiapkan uang ataupun saldo sejumlah Rp 742.000,- agar dapat berkendara dengan lebih nyaman via tol.

Itulah uraian tentang daftar biaya tol terbaru Trans Jawa Tahun 2021. Ingin turut serta menyebarkan manfaat konten ini? Sempatkan untuk share artikel ini yuk!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
02 Jan 2022
mobile-closeKredit PintarDownload