Biaya Sekolah Penerbangan Serta Tahapan Masuknya!

11 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 17 Jan 2022

Hingga sekarang, masih banyak yang bertanya-tanya tentang berapa biaya sekolah pilot? Mengingat profesi pilot saat ini sangat populer. Apalagi, pilot memberikan gaji yang menjanjikan.

Baca juga:  Wow! Gaji Pilot di Indonesia Ternyata Segini

Bagi yang berminat untuk menjadi pilot, informasi tentang biaya sekolah pilot, serta tahapan dan syarat masuk pendidikannya perlu diketahui. Jika Anda termasuk salah satunya, yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini. 

Berapa Biaya Pendidikan Pilot Bagaimana Syarat dan Cara Menjadi Pilot Sukses

Sumber: Finansialku.com

Berapa Biaya Sekolah Penerbangan?

Menjadi seorang pilot memang menjadi mimpi banyak orang. Hanya saja, persiapan untuk masuk pendidikannya hingga resmi menjalankan profesinya tidak bisa dibilang mudah. Ada banyak tahapan yang perlu dilalui.

Selain itu, sebagai salah satu langkah persiapan, Anda juga harus tahu berapa biaya sekolah pilot terlebih dahulu. Sebab, bagaimanapun juga, sekolah pilot atau penerbangan terkenal membutuhkan biaya tidak sedikit. Seakan sebanding dengan gaji yang diterima setelah resmi bertugas sebagai pilot.

Bukan hanya dana yang perlu dipersiapkan. Namun juga waktu dan tenaga karena jumlah pendaftar untuk mengikuti pendidikan sekolah penerbangan memang tidak bisa dikatakan sedikit. Pada intinya, persiapan biaya sekolah penerbangan ini perlu dipikirkan dengan baik. 

Anda harus tahu, biaya sekolah penerbangan setiap tahunnya terus mengalami kenaikan. Banyak media mengungkapkan jika biaya sekolah untuk profesi pilot di tahun 2021 saja mencapai 900 juta rupiah.

Itu sudah termasuk biaya sekolah pilot hingga sampai dapat lisensi untuk terbang. Sebenarnya, masing-masing sekolah penerbangan menetapkan harga yang berbeda-beda. Tergantung dengan lisensi apa yang ingin Anda ambil. 

Selain itu, besar kecilnya biaya sekolah penerbangan juga dapat dipengaruhi oleh seberapa lama Anda mengenyam pendidikan di sana. Oleh sebab itu, pastikan untuk menyiapkan dana yang cukup jika benar-benar ingin masuk sekolah pilot. 

Semakin banyak Anda cari informasi tentang besaran biaya sekolah penerbangan, akan memudahkan Anda sendiri. Terutama saat akan menentukan mana sekolah penerbangan terbaik yang menurut Anda cocok.

Syarat Utama Masuk Sekolah Pilot | Genesa Flight Academy - Rekomendasi  Sekolah Pilot - Sekolah Pilot Murah - Sekolah Pilot Terbaik - Sekolah Pilot  Indonesia

Sumber: ganesaacademy.com

Tahapan Sekolah Penerbangan Sampai Bisa Bekerja

Setelah tahu berapa biaya sekolah pilot, Anda juga harus tahu bagaimana tahapan-tahapannya. Mulai dari masuk pendidikan hingga siap bekerja dan mendapatkan gaji besar. Bagaimana tahapan sekolah hingga bisa jadi pilot? Berikut penjelasannya. 

  • Ikut Pendaftaran Dengan Lebih Dulu Lolos Persyaratan

Seperti mengikuti pendidikan lainnya, Anda pun harus melalui tahapan pendaftaran. Saat pendaftaran ini jangan lupa usahakan sudah lolos segala persyaratan yang ada. Pilot adalah profesi bergengsi, sehingga tidak heran jika syarat masuk pendidikannya cukup ketat. 

Untuk syarat umumnya adalah punya bentuk tubuh ideal, artinya tinggi dan beratnya sesuai (proporsional). Selain itu, harus punya kepribadian baik dan umur yang mencukupi. Anda pun harus dipastikan tidak pernah punya riwayat penyakit. 

Begitu juga kemampuan akademik akan diperhitungkan. Setidaknya, pastikan semasa sekolah punya prestasi akademik mumpuni.

Baca juga:  Berapa Biaya Sekolah Pilot dan Apa Saja Tahapannya?

Satu yang harus Anda ketahui jika syarat masuk pendidikan pilot itu sebetulnya berbeda-beda. Tergantung sekolah penerbangan masing-masing. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk pintar-pintar memilih sekolah penerbangan mana yang paling sesuai dengan kriteria Anda. 

  • Ikuti Tes

Langkah berikutnya adalah setelah lolos syarat pendaftaran, silahkan ikuti serangkai tes. Sama sebenarnya dengan sekolah kedinasan yang lain. Tes yang diujikan pun rata-rata mirip dan biasa ada di seleksi masuk pada umumnya. 

Mulai dari tes akademik, biasanya menguji pengetahuan umum yang diperoleh dari pendidikan sebelumnya. Selain itu ada tes kemampuan dasar, tes kebugaran, hingga tes medis. Bahkan, seleksi masuk pendidikan pilot pun akan ada sesi wawancara juga.

Sehingga, ada baiknya Anda persiapkan segalanya sebaik mungkin dari awal. Bukan hanya syarat pendaftaran dan biaya sekolah pilot saja. Namun juga tenaga, karena prosesnya akan panjang dan banyak menguras energi.

  • Menempuh Pendidikan

Jika berhasil lolos tes, Anda bisa langsung menempuh pendidikan di sekolah penerbangan. Materi yang diajarkan biasanya lebih spesifik pada sistem mesin, navigasi, cuaca, airframe, cara terbang pesawat, dan masih banyak lagi. 

Selain itu, ada juga materi yang sengaja disampaikan dengan gaya militer. Sebab, seorang pilot selalu dituntut punya fisik terlatih. Walaupun materi ini tidak diberikan secara konsisten, dan tidak terlalu ketat. 

Nanti, setelah cukup menerima materi, untuk beberapa bulan kedepan Anda akan diinstruksikan mengikuti simulasi penerbangan. Hal ini dilakukan untuk mengukur seberapa paham dengan materi yang sudah diberikan sebelumnya. Simulasi ini pun berguna untuk melatih kepercayaan diri saat terbang.

  • Mulai Bekerja

Jika sudah lulus sekolah penerbangan, Anda akan mendapatkan lisensi untuk bisa terbang dan bekerja sebagai pilot. Lisensi tersebut biasa disebut dengan SPL atau Student Pilot License. Tapi tunggu, hanya SPL saja itu belum cukup.

Untuk benar-benar bisa terbang, Anda butuh lisensi lain. Anda lisensi lain yang dibedakan menurut tingkatnya. Dari mulai PPL, CPL, IR, MER, TLP, dan lain sebagainya. Jika sudah mendapatkannya pun belum boleh bekerja dari pilot komersil.

Anda harus sering-sering menambah jam terbang. Caranya adalah ikut magang di beberapa maskapai yang sedang menyediakan kegiatan tersebut. Jika jam terbang sudah cukup banyak, artinya Anda bisa lebih melebarkan sayap jadi pilot professional. 

Biaya Sekolah Pilot Ratusan Juta, Lulus Jadi Pengangguran

Sumber: tirto.id

Pinjaman Kredit Pintar

Sudah dijelaskan tadi jika biaya sekolah penerbangan tidak bisa dianggap sedikit. Namun, perhatikan juga syarat untuk bisa masuk sekolah tersebut. Salah satu poinnya adalah soal usia. Apabila Anda sudah melewati batas usia yang ditentukan, maka tidak akan lolos pendaftaran.

Anda bisa saja menunggu hingga tabungan cukup untuk bayar biaya sekolah. Tapi umur akan terus bertambah tentu saja. Maka, solusinya adalah mengajukan pinjaman dana. Sekarang sudah banyak lembaga pinjaman dana online.

Salah satunya adalah Kredit Pintar. Anda bisa memanfaatkan Kredit Pintar untuk dana yang langsung cair. Tidak perlu pusing lagi soal biaya pendidikan sekolah penerbangan yang ratusan juga tersebut.

Syarat pinjam dana Kredit Pintar pun sangat mudah. Beda dengan pinjaman dana lain yang terkenal ribet dan membingungkan. Ditambah lagi dana dari Kredit Pintar itu langsung cair sama sekali tidak menunggu waktu lama.

Impian Anda untuk jadi seorang pilot sudah di depan mata. Jangan nunggu waktu lagi untuk daftar dan mengikuti pendidikannya. Setelah lulus, dapat lisensi, perbanyak jam kerja, dan terbang untuk dapat gaji besar yang menjanjikan.

Baca juga: Daftar Campaign Kredit Pintar. 

Melihat banyaknya keuntungan yang diberikan oleh Kredit Pintar, sudah cocok jika dinamakan sebagai tempat pinjaman online paling direkomendasikan, terutama bagi Anda yang kesulitan biaya sekolah pilot. Pastikan selalu mengikuti blog Kredit pintar untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seperti promo dan lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
17 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download