Biaya Sedot Lemak dan Prosedurnya, Jangan Salah Pilih!

03 Apr 2022 by Laruan, Last edit: 11 Jul 2022

Pernahkan Anda mendengar istilah sedot lemak? Kebanyakan orang menganggap sedot lemak sebagai sarana turun berat badan. Biaya sedot lemak tidak sedikit dan hal itu dilakukan sebagai upaya-upaya yang berkaitan dengan kesehatan seseorang. 

Apakah Anda pernah terpikir untuk melakukan sedot lemak? Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan tindakan tersebut, tentu perlu mengetahui prosedur persiapan, harga, sampai perawatannya. Agar lebih jelas, berikut ini ulasan lengkap yang perlu Anda ketahui.

Apa Itu Sedot Lemak?

Sebelum mencari tahu biaya sedot lemak, alangkah baiknya untuk memahami pengertiannya dulu. Liposuction atau lebih dikenal dengan istilah sedot lemak adalah upaya menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan menggunakan prosedur bedah. 

Kebanyakan orang melakukan sedot lemak untuk mendapat bentuk tubuh ideal dan juga untuk mengatasi penyakit tertentu. Bagian tubuh yang kerap jadi sasaran saat melakukan sedot lemak seperti pipi, leher, bawah dagu, lengan atas, perut, bokong, paha, dan betis.

E:\ADA APA YA ISINYA\KERJA KARYA\PEKERJAAN\KreeUP\Fastwork\Klien\Klien 1 Kredit Pintar Jakarta\Order 7\Gambar 7\sedot lemak 02.jpg

Baca juga: 3 Tips Diet yang Sehat dan Aman Untuk Kamu Coba!

Manfaat Melakukan Sedot Lemak

Selain menghilangkan lemak tubuh, sedot lemak juga memiliki beragam manfaat yang akan diperoleh apabila Anda melakukannya. Manfaat yang didapat akan sebanding dengan serangkaian prosedur yang dijalani. 

Tentunya manfaat ini tidak langsung tempat, tapi berubah seiring berjalannya waktu. Berikut ini manfaat yang bisa Anda rasakan.

1. Meratakan Lemak di Dalam Tubuh

Beberapa orang di dunia ini mengalami lipodistrofi atau menumpuknya jaringan lemak yang tidak merata pada bagian tertentu. Kondisi tersebut bisa diatasi dengan prosedur sedot lemak atau liposuction. Akibatnya terjadi perbaikan pada postur tubuh karena lemak merata secara alami.

2. Menurunkan Kadar Obesitas

Bagi penyandang obesitas, sedot lemak bisa jadi sarana untuk menurunkan kadar obesitas dalam tubuh. Dokter biasanya melakukan prosedur tersebut untuk meratakan lemak sehingga tidak terjadi penumpukkan di area tertentu saja. 

Penyandang obesitas biasanya rawan terserang penyakit, sehingga sedot lemak bisa juga digunakan untuk mengangkat tumor jinak berlemak. Biaya sedot lemak yang mahal dianggap sebanding dengan manfaatnya.

E:\ADA APA YA ISINYA\KERJA KARYA\PEKERJAAN\KreeUP\Fastwork\Klien\Klien 1 Kredit Pintar Jakarta\Order 7\Gambar 7\sedot lemak 03.jpg

Baca juga: Pahami Clean Eating dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh!

Syarat Boleh Melakukan Sedot Lemak

Meskipun seseorang mampu membayar biaya sedot lemak, tapi sebenarnya sedot lemak tidak untuk sembarang orang. Ada beberapa syarat tertentu yang harus dipenuhi sebelum mereka melakukannya. 

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada pasien.  Berikut ini syarat diperbolehkannya seorang melakukan sedot lemak.

  1. Berat badan dinyatakan ideal dan cukup 
  2. Memiliki kulit yang kencang dan elastis
  3. Bukan perokok dan tidak memiliki kebiasaan merokok
  4. Terhindar dari penyakit tertentu atau tidak memiliki riwayatnya seperti penyakit jantung, diabetes dan imun lemah

Prosedur Sedot Lemak

Apabila pasien memenuhi kriteria yang sudah ditentukan, sedot lemak bisa segera diproses. Berikut ini merupakan sederet prosedur yang harus Anda jalani jika memutuskan melakukan sedot lemak.

1. Konsultasi dengan Dokter Bedah

Seperti tindakan medis pada umumnya, sedot lemak juga diawali dengan sesi konsultasi dengan dokter terkait. Konsultasi ini berupa persiapan yang meliputi biaya, manfaat, dan resikonya. Pada sesi ini diharapkan Anda memberikan informasi sebenarnya untuk memudahkan dalam proses selanjutnya.

2. Proses Sedot Lemak

Setelah konsultasi, selanjutnya sedot lemak bisa dilakukan sesuai arahan dokter utama. Proses ini memakan waktu yang cukup bervariasi sesuai teknik yang digunakan. Biasanya membutuhkan waktu 1 – 3 jam dimulai dari pembiusan sampai penyedotan selesai.

3. Pasca Operasi Sedot Lemak

Terakhir adalah proses pasca operasi, di mana dokter akan memasang perban atau korset elastis di area penanganan untuk mengurangi memar dan bengkak. 

Selanjutnya proses pemulihan berlangsung kurang lebih 2 minggu dan selama waktu itu Anda dilarang melakukan aktivitas berat. Hasil dari sedot lemak akan tampak pada bulan ke 6 pasca operasi dilaksanakan.

Biaya Sedot Lemak

Tidak semua rumah sakit di Indonesia menyediakan fasilitas kesehatan berupa sedot lemak, sehingga Anda perlu mengecek kembali apakah mana saja yang menyediakannya. Beberapa kota besar seperti Jakarta dan Surabaya tentu memilikinya dan bisa jadi daftar pilihan Anda. 

Berikut ini adalah info tentang rumah sakit, lokasi, dan biaya sedot lemak yang tersebar di beberapa daerah di seluruh Indonesia.

NoRumah SakitLokasiBiaya (Mulai dari)
1.Rumah Sakit Premier JatinegaraJatinegara, JakartaRp24.888.888
2.RS EMC SentulSentul, BogorRp65.000.000
3.Maypada Hospital Jakarta SelatanCilandak, JakartaRp18.290.000
4.Mitra Keluarga DepokPancoran Mas, DepokRp16.000.000
5.Siloam Hospitals SurabayaGubeng, SurabayaRp27.500.000
6.RSIA Bina Medika BintaroPondok Aren, Tangerang SelatanRp26.250.000
7.Mandaya Royal Hospital PuriKarang Tengah, TangerangRp9.933.000
8.RSU Royal PrimaMedan Petisah, MedanRp6.170.7000
9.Rumah Sakit Umum YARSICempaka Putih, JakartaRp15.950.000
10.Rumah Sakit Khusus Bedah Bina EstetikaMenteng, JakartaRp20.000.000
11.Rumah Sakit Premier BintaroPondok Aren, Tangerang SelatanRp30.000.000
12.RS Santo BorromeusCoclong, BandungRp755.000
13.RSAL Dr. Ramelan SurabayaWonokromo, SurabayaRp25.200.000

Melakukan upaya sedot lemak merupakan keputusan besar yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Selain biayanya tidak sedikit, efek sampingnya juga perlu Anda waspadai.

E:\ADA APA YA ISINYA\KERJA KARYA\PEKERJAAN\KreeUP\Fastwork\Klien\Klien 1 Kredit Pintar Jakarta\Order 7\Gambar 7\sedot lemak 01.jpg

Baca juga: 5 Tips Memilih Sayuran yang Segar dan Baik Untuk Dikonsumsi!

Efek Samping dari Sedot Lemak

Ternyata sedot lemak juga memiliki efek samping seperti berikut;

  1. Sebagian permukaan kulit jadi tidak rata
  2. Terjadi perdarahan
  3. Obat bius bisa memicu efek samping dan alergi 
  4. Bisa memicu risiko saraf rusak, begitu juga pada organ dalam dan pembuluh darah 
  5. Pada area yang telah disedot lemak, kulit bisa mati rasa atau berubah warnanya
  6. Tubuh mengalami kurang cairan saat menjalani prosedur operasi
  7. Terjadi penyumbatan pembuluh darah pada paru-paru atau lemak yang bisa menyumbat aliran darah.
  8. Terbentuk kantong yang berisi cairan pada bagian bawah kulit

Sekian informasi tentang sedot lemak kali ini. Tentunya Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter ahli dan mendapat persetujuan mutlak sebelum melakukannya. Terlebih lagi biaya sedot lemak juga mematok harga yang tidak sedikit.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
11 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download