Simak! Jenis dan Biaya Pembuatan SIM C

21 Sep 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 22 Sep 2022

Apa saja jenis dan berapa biaya pembuatan sim C itu? SIM atau yang dikenal dengan Surat Izin Mengemudi menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi sebelum Anda ingin mengemudikan kendaran berupa motor. Tentunya setiap kendaraan memiliki SIM yang berbeda-beda.

Fungsi dan maksud seseorang memiliki SIM adalah untuk mengetahui apakah pengguna kendaraan tersebut layak atau belum untuk mengemudikan kendaraan yang dimiliki. Oleh sebab itu, dihimbau bagi pengendara untuk memiliki SIM jika ingin mengemudikan kendaraannya.

Sebelum Anda memiliki atau ingin membuat SIM, alangkah baiknya Anda mengetahui beberapa jenis SIM dan biaya pembuatan SIM C. Penasaran bukan? Baca dan simak informasi ini sampai tuntas untuk mengetahui jawabannya!

Baca juga: Biaya Mutasi Motor yang Harus Kamu Tahu

Jenis dan Biaya Pembuatan SIM C

SIM sangat berguna untuk kita pada saat kita mengemudikan sebuah kendaraan. Umumnya, seseorang membutuhkan SIM jika ingin atau sering mengendarai kendaraan dengan jarak yang jauh, antar kota, bahkan antar provinsi sekalipun. Sebab menjadi aturan yang khusus bagi Anda warga negara Indonesia.

Pemberlakuan SIM tentunya juga berlaku pada setiap negara. Jika Anda pindah negara, maka Anda harus membuat SIM lagi pada negara yang Anda tempati dengan persyaratan bahwa Anda harus menjadi bagian dari negara tersebut.

Dan berikut ini adalah jenis dan biaya pembuatan jika Anda ingin membuat SIM untuk keperluan dalam mengendarai kendaraan bermotor.

Baca juga: Mobil Termahal Dunia 2022, Mesin dan Desain Terbaik

Jenis SIM yang berlaku di Indonesia

Sebelum kita memiliki SIM alangkah baiknya kita juga mengenal beberapa jenis sim yang digolongkan dari beberapa kendaraan dan fungsinya. Jenis ini sangat berfungsi dalam proses Anda membuat SIM. Dan inilah beberapa jenis tim yang perlu Anda ketahui.

  1. SIM A

Jenis SIM yang pertama adalah SIM A, menjadi salah satu bagian dari SIM yang harus dimiliki bagi seseorang yang sudah lihai maupun sudah bisa dalam mengendarai dan mengoperasikan kendaraan berupa mobil. Dalam proses pembuatannya biaya yang diperkenankan tentu sangat berbeda jika lo harus dibandingkan dengan jenis sim yang lain.

Jenis SIM A Tentu juga memiliki harga yang tidak murah untuk masa perpanjangannya dikarenakan kendaraan yang diperkenankan Untuk SIM Jenis a adalah kendaraan berupa mobil. Berbeda dengan kebanyakan SIM yang lain singa sendiri memiliki garansi yang lebih lama dan tentunya tidak bisa diperoleh dengan mudah. Setidaknya anda memiliki kendaraan berupa mobil yang terjaga dan aman serta memiliki plat dengan jangka panjang.

  1. SIM B

Berbeda dengan jenis SIM A, SIM B sendiri diperkenankan bagi mereka yang Mampu mengoperasikan an-naas pengangkutan baik benda maupun barang yang lain. SIM B sendiri memiliki beberapa tipe, tipe-tipe ini memiliki fungsi dan kendaraan yang berbeda-beda.

  • SIM B1

Jenis SIM B yang pertama adalah SIM B1, dimana SIM B1 diperkenankan bagi mereka yang Mampu mengoperasikan angkutan umum seperti bus, angkutan umum, bahkan beberapa jenis kendaraan yang dioperasikan untuk mengangkut manusia bahkan perorangan dan kelompok sekalipun.

  • SIM B2

Jenis SIM yang kedua yaitu jenis SIM B bernama SIM B2, SIM B2 wajib dimiliki bagi mereka yang Mampu mengoperasikan angkutan yang digunakan untuk mengangkut barang seperti truk gandeng, truk pengangkut blog, dan berbagai jenis angkutan pengangkut lainnya.

  1. SIM C

Jenis tim yang ketiga adalah syncing, sendiri memiliki rating yang cukup banyak dimiliki di seluruh penjuru dunia bahkan di Indonesia. SIM yang satu ini diperoleh bilamana Anda Mampu mengoperasikan kendaraan bermotor roda dua.

Berbeda dengan kebanyakan SIM yang lainnya SIM yang satu ini mampu anda dapatkan bilamana anda melakukan tes pada area Kepolisian. SIM C sendiri memiliki tingkatan yang lebih tinggi bilamana dibandingkan dengan jenis SIM D.

Oleh sebab itu bilamana anda ingin memiliki jenis yang satu ini maka anda harus Mampu mengoperasikan kendaraan beroda dua dan dan memiliki persyaratan yang cukup dominan dilihat dari persiapan yang anda miliki.

  1. SIM D

Sekarang kita berlanjut pada jenis sim yang terakhir, jenis ini diketahui bernama SIM D. Dibilang mempunyai kegunaan pada beberapa orang yang memiliki kebutuhan khusus. SIM yang satu ini bisa anda dapatkan bilamana Anda termasuk dalam orang yang memiliki kebutuhan khusus yang mampu mengoperasikan kendaraan maka anda bisa memperoleh SIM yang satu ini kalau saya cukup mudah.

Untuk mendapatkan SIM D maka anda harus Mampu mengoperasikan berbagai jenis kendaraan baik kendaraan beroda dua roda empat bahkan angkutan sekalipun. Hal itu yang menjadi penyebab mengapa SIM D menjadi salah satu sim yang cukup menarik bila diperhatikan.

Berbeda dengan kebanyakan SIM yang lainnya, sendiri usus ditunjukkan bagi mereka yang memiliki cacat maupun kebutuhan khusus dalam menjalani kehidupan bahkan pekerjaan yang dimilikinya.

Baca juga: Cara Daftar MyPertamina dan Dapat Subsidi BBM 2022

Biaya pembuatan SIM C

Pada poin ini kita akan membahas mengenai biaya pembuatan SIM C. SIM C sendiri diketahui memiliki dua cara untuk mendapatkan SIM jenis ini. Baik dari cara yang satu dengan cara yang lain tentunya memiliki harga yang berbeda-beda dan tentunya bisa naik akan harganya dari tahun ke tahun.

Oleh sebab itu jika anda berkenan untuk membuat SIM Jenis ini ini maka diperuntukkan untuk selalu melakukan update akan setiap harganya.

  1. Melakukan Ujian atau Tes

Usaha yang pertama yang bisa anda lakukan ketika ingin mendapatkan SIM C adalah dengan melakukan ujian maupun tes ada kantor Kepolisian. Ujian maupun tes tersebut dilakukan per musim artinya terdapat jadwal pada setiap tahunnya.

Pada beberapa sesi ujian Andi bedakan menjadi beberapa tahapan yaitu ujian tulis menulis ujian cakap dan ujian lalu lintas saat mengendarai sepeda motor. Setiap ujian memiliki harganya masing-masing dan bilamana anda gagal pada satu sesi maka anda harus mengulang lagi serta membayar ujian tersebut tergantung tingkat kesuksesan yang anda miliki.

Bilamana ditafsir lebih lanjut biaya yang diperkenankan untuk membuat SIM C dengan melakukan ujian adalah sebesar Rp500.000.

  1. Membeli SIM atau Menembak SIM

Langkah selanjutnya adalah dengan cara menembak, yang satu ini tergolong lebih mudah jika dibandingkan dengan cara yang di atas. Dikarenakan cara yang satu ini anda tinggal membayar dan mengisi formulir pendaftaran serta identitas yang anda miliki dan Anda langsung bisa mendapatkan SIM.

Namun perbedaannya harga yang ditawarkan untuk melakukan maupun mendapatkan SIM Jenis ini cukup besar yaitu sekitar Rp600.000 sampai Rp800.000.

Itulah beberapa informasi mengenai beberapa jenis dan biaya pembuatan SIM C. Kita mengenal bahwa biaya pembuatan SIM C sangat berbeda pada saat kita membuat SIM jenis yang lain. Jika informasi di atas bermanfaat, maka bagikanlah informasi tersebut kepada orang lain dengan tujuan orang yang membacanya akan mendapatkan manfaat yang sama seperti yang anda dapatkan.

Baca juga: 7 Rekomendasi Charger Aki Motor, Harga Mulai 100 Ribuan!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
22 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download