Rincian Biaya Kremasi di 5 Krematorium, Cek Disini

11 Oct 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 12 Oct 2022

Selain dikubur, terdapat prosesi lainnya yang dilakukan terhadap jasad yakni dikremasi. Kremasi atau pengabuan merupakan praktik menghilangkan jenazah manusia setelah meninggal dengan cara pembakaran. Kremasi biasanya dilakukan di Krematorium, dan memiliki biaya kremasi yang berbeda-beda setiap tempatnya.

IMG_256

Krematorium atau pancaka merupakan sebuah tempat dilakukannya prosesi kremasi. Istilah krematorium berbeda-beda tergantung lokasinya, jika di Bali bisa dilakukan di makam yang disebut setra atau pasetran.

Keanekaragaman budaya dan kepercayaan yang ada di dunia menyebabkan banyaknya metode penghormatan terakhir untuk orang-orang tercinta yang meninggal. Selain dengan penguburan, prosesi yang dilakukan adalah kremasi. Metode tersebut masih terdengar asing bagi sebagian penduduk Indonesia.

Kremasi dilakukan dengan cara jasad dibakar sehingga tubuh jenazah menghilang. Tubuh jenazah dimasukkan ke dalam tungku yang panas, kemudian mengubahnya menjadi abu, gas hingga fragmen mineral. Setelah itu abu disimpan kedalam wadah khusus atau disebar dalam upacara khusus kematian. Hal tersebut tergantung pada pilihan keluarga yang ditinggalkan.

Penghormatan terakhir terhadap seseorang yang dicintai bisa merupakan pilihan personal dan telah disepakati sebelumnya. Selain kepercayaan agama dan budaya, banyak orang memilih kremasi karena hemat biaya, ramah lingkungan dan pemakaman yang lebih praktis.

Baca juga: Febuxostat: Ampun Menurunkan Kadar Asam Urat!

Proses Kremasi

Kremasi diawali dengan menempatkan jenazah pada wadah kremasi, kemudian jenazah dimasukkan ke dalam tungku pembakaran. Waktu yang dibutuhkan untuk pembakaran yakni sekitar tiga jam bahkan bisa lama. Tungku pembakaran tersebut terletak pada ruangan khusus dengan suhu panas mencapai 1000 derajat Celcius sehingga dapat memudahkan proses pembakaran.

IMG_256

Berbeda lagi jika dilakukan di Pancaka. Jenazah biasanya diletakkan di peti kayu dan dibakar pada suhu 760 hingga 1150 derajat celcius.

Kemudian fragmen tulang yang tersisa dikeluarkan dari ruangan secara hati-hati dan dibersihkan dari komponen logam. Selanjutnya diproses menjadi partikel halus yang mirip abu dan ditempatkan wadah khusus atau guci yang telah disiapkan.

Proses kremasi harus dilakukan secara hati-hati. Hal tersebut agar tidak terjadi hal yang diinginkan. Beberapa alat kesehatan dalam tubuh dapat menjadi pemicu bahaya.

Apabila jenazah memiliki alat pacu jantung, maka harus disingkirkan terlebih dahulu karena dapat menyebabkan ledakan. Hal tersebut juga berlaku pada implan yang akan menyebabkan gas berbahaya lepas.

Dalam satu kamar krematorium hanya bisa digunakan untuk membakar satu tubuh pada satu waktu. Selain itu kamar tersebut dilapisi bata industri yang dapat menahan suhu tinggi.

Bahan bakar krematorium-pun bermacam-macam, dari batu-bara, propana hingga diesel. Begitu dalam ruangan, api akan berkobar besar hingga menelan peti mati yang terbakar.

Pada tubuh jenazah akan diawali dengan terbakarnya kulit dan rambut. Kemudian diikuti oleh otot-otot dan berakhir dengan jaringan lunak yang diuapkan dan tulang mulai mengeras.

Selanjutnya air keluar dari tubuh dalam bentuk uap begitu tubuh memasuki ruangan. Setelah tubuh tinggal kerangka, maka pekerja akan menghancurkan tulang yang rapuh secara manual.

Proses kremasi ini dapat berlangsung hingga 3 jam. Hal tersebut tergantung pada berat jenazah, jenis peti mati hingga suhu ruang kremasi.

Dalam satu kali proses kremasi, dibutuhkan setidaknya 250 liter solar. Keluarga diizinkan pulang begitu kremasi dimulai dan dapat mengambil esoknya.

Kremasi secara mewah

Berbicara tentang kremasi, sebuah rumah duka mewah yang baru-baru ini menjadi sorotan dunia maya karena mirip dengan hotel. Rumah duka itu bernama Grand Heaven, terletak di Jakarta dan Surabaya.

IMG_256

Rumah duka tersebut memiliki 60 ruangan duka yang diantaranya ada yang digunakan sebagai krematorium. Dalam rumah duka tersebut terdapat tiga kelas, yakni President Suite Rooom, VVIP room dan Suite Room.

Fasilitas di rumah duka ini sangat mewah dan lengkap. Fasilitas yang disediakan Grand Heaven antara lain peti duka, penjemputan jenazah, kremasi dan treatment service.

Biaya kremasi yang dikeluarkan di Grand Heaven tidaklah murah. Paket termurahnya, yakni Bronze berharga 26 jutaan. Sedangkan yang paling mahal yakni paket Titanium senilai 70 jutaan. Paket lainnya yang disediakan Grand Heaven antara lain Paket Silver seharga 36 juta, paket Gold 40 juta dan paket Platinum senilai 60 juta.

Baca juga: 4 Jenis Penyakit Kulit Anak-anak dan Penyebabnya

IMG_256

Biaya Kremasi

Biaya kremasi yang kami olah dari berbagai sumber bisa kalian baca sebagai berikut:

  • Krematorium Cilincing

Krematorium Cilincing terletak di Jakarta Utara ini memiliki beberapa paket yang dipilih oleh keluarga yang ditinggal. Biaya kremasi yang dikeluarkan yakni dari Rp7.000.000 – Rp10.000.000. 

  • Krematorium Oasis Lestari, Tangerang

Krematorium Oasis Lestari berlokasi di Tangerang ini terkenal dengan teknologi kremasi yang termasuk modern di Indonesia. Proses kremasi disini cepat, bersih dan ramah lingkungan. Biaya kremasi yang dikeluarkan di krematorium ini yakni dari Rp6.000.000 – Rp9.000.000.

  • Krematorium Sentra Medika, Bogor

Krematorium Sentra Medika terletak di Cibinong, Bogor ini memiliki krematorium dan rumah abu pada satu area. Krematorium ini memiliki fasilitas yang mumpuni dengan mesin oven berteknologi dari Eropa. Biaya kremasi yang dikeluarkan yakni untuk Jenazah Non Covid-19 sebesar Rp24.000.000, sedangkan untuk Jenazah Covid-19 : Rp28.000.000.

  • Grand Heaven Krematorium

Grand Heaven krematorium merupakan rumah duka yang terkenal karena memiliki bentuk bangunan seperti hotel. Paket yang ditawarkan-pun bermacam-macam. 

Paket yang ditawarkan yakni dari paket Bronze sebesar Rp25.900.000. Paket lainnya yakni Paket Silver Rp49.000.000, Paket Gold Rp59.000.000, Paket Platinum Rp69.000.000 hiingga yang termahal yakni Paket Titanium seharga Rp75.000.000.

Grand Heaven juga menyediakan layanan lain seperti rumah duka (funeral home) dan tempat pemakaman (memorial park). Lokasi dari Grand Heaven yakni di Jakarta Utara dan Surabaya, Jawa Timur.

  • Krematorium TPU Tegal Alur

Krematorium TPU Tegal Alur ini didirikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Himpunan Bersatu Teguh di Jakarta Barat. Krematorium ini melayani kremasi jenazah Covid-19. Di tempat ini tidak ditarik biaya kremasi atau gratis bagi siapapun.

Sebelum proses kremasi, keluarga akan diminta melengkapi dokumen dan mengisi formulir. Hal tersebut digunakan untuk mengidentifikasi jenazah yang akan dikremasi.

Jenazah kemudian akan diberikan tanda pengenal yang terbuat dari logam. Sehingga nantinya dapat mencegah terjadinya kekeliruan identitas.

Selain itu kalian juga dapat bertanya krematorium terdekat untuk menanyakan biaya kremasi. Harga perdaerah bisa berbeda tergantung kebijakan pihak krematorium.

Baca juga: Daftar Biaya Cuci Darah dan Lokasi Cuci Darah Terdekat

Demikian informasi mengenai biaya kremasi yang dapat kalian gunakan untuk kremasi jenazah mendiang. Perlu kalian catat bahwa biaya kremasi tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, namun biaya kremasi diatas bisa kalian gunakan sebagai patokan.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
12 Oct 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download