Biaya Hidup di Korea Selama Satu Bulan

20 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 30 Dec 2021

Korea Selatan adalah sebuah negara yang sangat maju di bidang industri hiburan dan teknologi. Wajar jika Korea Selatan jadi destinasi liburan maupun tempat tinggal impian masyarakat Indonesia. Jika Sobat Pintar berencana untuk tinggal di Korea Selatan dalam jangka waktu yang panjang, tidak ada salahnya untuk menyimak rincian biaya hidup di Korea Selatan dalam artikel berikut.

Perkiraan Biaya Hidup di Korea Selatan Terlengkap 2021

Baca juga: Praktis digunakan, inilah berbagai aplikasi untuk belajar bahasa Korea

Rincian Biaya Hidup di Korea Selatan Selama Sebulan

Rincian biaya hidup di Korea Selatan berikut ini adalah berdasarkan pengalaman dan cerita orang-orang yang pernah tinggal disana. Biaya yang tertera merupakan biaya hidup mereka yang tinggal di kota-kota besar, seperti Seoul dan Busan. 

1. Rumah atau tempat tinggal

Jika Sobat Pintar seorang pelajar, Sobat Pintar bisa memilih asrama sebagai hunian  di sana. Untuk asrama pun Sobat Pintar bisa memilih apakah ingin tinggal sendiri atau berbagi dengan temanmu. Penghitungan biaya asrama di Korea hampir sama dengan di Indonesia, yaitu dihitung per kamar bukan per kepala. 

Jika Sobat Pintar bisa menempati asrama berdua maka tentu Sobat Pintar akan membayar lebih sedikit. 

Seperti di Indonesia juga, asrama yang memiliki kamar mandi di dalam akan memiliki harga yang lebih mahal.

Asrama yang bisa ditempati oleh tiga hingga empat orang biasanya akan dikenakan tarif sebesar 150.000 sampai 250.000 won per bulan, sedangkan asrama untuk satu hingga dua orang memiliki tarif 350.000 sampai 500.00 won. Namun, sayangnya jika Sobat Pintar memilih tempat tinggal dengan tipe asrama Sobat Pintar harus rela berbagi beberapa privasi seperti ruang laundry dan dapur.

Bagi Sobat Pintar yang menginginkan privasi, khususnya untuk para pekerja sebaiknya Sobat Pintar mengambil hunian dengan tipe room studio. Namun, tentunya Sobat Pintar harus membayar uang lebih dan bahkan harus membayar sejumlah deposit yang akan dikembalikan apabila masa kontrak ruangan tersebut telah berakhir.  

Kisaran harga untuk tipe tempat tinggal one-room ini adalah 250.000 hingga lebih dari 1.000.000 won. 

2. Biaya tagihan

Dimanapun Sobat Pintar tinggal bahkan dengan rumah yang Sobat Pintar bangun sendiri, Sobat Pintar pasti harus membayar tagihan berupa listrik, air dan gas. Baik tipe asrama maupun tipe one room tetaplah harus membayar tagihan tersebut. 

Namun bedanya, tagihan untuk tipe asrama biasanya sudah dimasukkan ke dalam total pembayaran setiap bulannya. Sedangkan, dengan tipe one room Sobat Pintar harus membayar sendiri tagihan tersebut di akhir bulan sesuai dengan jumlah pemakaian. 

Normalnya, biaya listrik setiap bulan untuk tipe hunian one room di Seoul atau Busan adalah sekitar 8.000 hingga 20.000 Won dan untuk biaya gas per bulan yaitu 10.000 hingga 20.000 Won.

Seperti kebanyakan negara 4 musim, biaya utilitas di Korea Selatan juga sangat bergantung pada musim tersebut. Tentunya di musim dingin tagihan gas akan lebih besar dari pada musim panas.

Baca juga: Berbagai Jenis Kue Khas Korea, Cocok Untuk Bisnis Kuliner


3. Biaya makan dan minum

Biaya hidup di Korea yang harus diperhitungkan selanjutnya dan paling penting adalah biaya makan dan minum. Walaupun setiap orang memiliki kebiasaan makan yang berbeda, tetapi paling tidak dengan adanya pembahasan ini Sobat Pintar bisa memperkirakan berapa biaya minimum yang harus Sobat Pintar persiapkan untuk kebutuhan ini.

Jika Sobat Pintar adalah orang yang bergaya hidup sederhana dan ingin berhemat tentunya Sobat Pintar bisa memilih untuk menyiapkan makan dan minum mu sendiri dengan membuatnya di rumah. Namun, jika Sobat Pintar adalah mahasiswa dan pekerja yang sibuk tentu Sobat Pintar harus membelinya dari luar. Berapakah kira-kira harga makanan di Kota Seoul dan berapa kira-kira total biayanya selama satu bulan?

Untuk makanan yang berasal dari restoran, biasanya Sobat Pintar akan menghabiskan uang sejumlah 10.000 Won untuk satu kali makan. Tapi tenang saja, Sobat Pintar juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah dengan membeli makanan dari kantin atau street food di sepanjang jalanan kota Seoul. Harga untuk makanan ini biasanya berkisar antara 3.500-5.000 Won untuk satu porsi. Tinggal hitung sendiri berapa biaya selama satu bulannya.

4. Transportasi

Ada kalanya Sobat Pintar membutuhkan transportasi untuk menempuh perjalanan yang lebih jauh, misalnya berangkat ke kampus atau ke tempat kerja atau ke pusat wisata. 

Jenis transportasi umum yang biasa digunakan oleh masyarakat di sana adalah bus dan kereta. Tidak perlu khawatir, Korea Selatan memiliki fasilitas transportasi yang cukup baik. Jadi, Sobat Pintar akan aman selama berkendara. 

Adapun tarif yang dikenakan untuk bus adalah 1.200 hingga 1.500 Won untuk satu kali perjalanan. Tarif kereta pun hampir sama dengan tarif bus, yaitu 1.200 hingga 1.500 Won. Jadi, dalam sehari minimal Sobat Pintar akan membayar sebesar 3.000 Won untuk pulang dan pergi.

5. Biaya Komunikasi

Biaya komunikasi adalah jenis biaya yang wajib dihitung sebagai biaya hidup di Korea Selatan, layaknya biaya hidup di negara lain. Biaya komunikasi mencakup pilihan provider seluler prabayar maupun pascabayar, serta provider jaringan internet. 

Untuk bisa menggunakan alat komunikasi tersebut, tentunya Sobat Pintar harus memiliki pulsa atau paket data. Nah, biaya pulsa di Korea Selatan biasanya bermacam-macam, tergantung dari jenis provider apa yang Sobat Pintar gunakan, namun kisarannya adalah mulai dari 36.000 hingga 69.000 Won per bulan.

Baca juga: Rekomendasi Drama Korea di Netflix, Wajib Nonton!

Itu dia rincian biaya hidup di Korea Selatan untuk Sobat Pintar yang berencana tinggal di sana dalam jangka waktu yang cukup panjang. Semoga membantu! 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
30 Dec 2021
mobile-closeKredit PintarDownload