Biaya Cek Darah Lengkap yang Perlu Diketahui

11 Jun 2022 by Laruan, Last edit: 05 Jul 2022

Cek darah merupakan serangkaian pemeriksaan medis dengan mengambil sampel darah yang didapat melalui pembuluh darah pada bagian tubuh tertentu. Biasanya, pembuluh darah pada siku bagian dalam paling sering dipilih untuk pengambilan sampel darah. Ini dia Cek darah lengkap harga.

Dalam kondisi lainnya, menusuk satu jari dengan alat khusus juga bisa dilakukan. Cek darah meliputi pemeriksaan hemoglobin, trombosit, sel darah merah, sel darah putih, dan tes darah lainnya sesuai kebutuhan.

Baca juga: Berapa Besar Biaya CT Scan? Simak di Sini 

Alasan Melakukan Cek Darah?

Darah memiliki peran penting sebagai pembawa nutrisi dan oksigen menuju semua sel dan jaringan tubuh melalui pembuluh darah. Selain itu, darah juga membawa zat racun dan zat sisa yang tidak terpakai oleh tubuh menuju saluran pembuangan. 

Cek darah penting untuk membantu mendeteksi adanya obat-obatan, racun, atau zat-zat lain di dalam tubuh. Pemeriksaan darah juga membantu mengetahui kondisi kesehatan tubuh secara menyeluruh, memeriksa kondisi organ di dalam tubuh, dan mendeteksi indikasi adanya penyakit tertentu.

Tak hanya perihal pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan darah juga untuk mengetahui golongan darah dan kondisi seseorang saat akan melakukan donor darah maupun transfusi darah.

Penyakit seperti anemia, kolesterol, infeksi, kanker darah, pembekuan darah, hepatitis, tekanan darah tinggi, dan kelainan adarah lainnya diharuskan untuk dilakukan cek darah.

Namun, tidak harus menunggu tubuh terinfiksesi penyakit seperti di atas, pemeriksaan darah dilakukan atas kesadaran diri terhadap kondisi tubuh.

Idealnya, melakukan pemeriksaan darah bisa secara rutin setiap satu atau dua bulan sekali. Tapi, ada juga yang melakukannya setiap satu tahun sekali.

Pemeriksaan darah harus segera dilakukan jika mengalami demam tinggi yang tak kunjung mereda selama tiga hari berturut-turut yang disertai diare dan muntah. Pun pemantauan secara rutin dan berkala terhadap orang yang memiliki riwayat penyakit jantung, diabeters, hipertensi, kanker, atau penyakit lainnya yang berkaitan dengan darah.

Selain itu, ibu hamil juga hendaknya melakukan cek darah secara rutin untuk mengecek kondisi kesehatannya dan janin di dalam kandungan. Hal ini untuk mendeteksi adanya penyakit yang bisa berdampak pada kehamilan.

Baca juga: Mengenal Cara Memilih Alat Cek Gula Darah 

Cara Melakukan Cek Darah

Pada berlangsungnya pemeriksaan darah, petugas menggunakan pengikat lengan untuk mengikat lengan atas pasien. Itu bertujan agar aliran darah pada bagian ini terhambat sehingga membuat pembuluh vena terlihat jelas yang akan memudahkan pengamilan sampel darah. 

Nantinya, petugas akan membersihkan area di sekitar tempat pengambilan darah dengan alkohol, lalu menyuntikkan jarum untuk mengambil sampel darah. Cara ini dinamakan teknik venipunktur.

Biasanya, disarankan berpuasa selama kurang lebih 12 jam sebelum pemeriksaan darah. Setelah pemeriksaan darah, area bekas pengambilan darah ditutup dengan kasa dan plester. Prosedur cek darah ini berlangung sekitar 5 sampai 10 menit. Hasilnya akan selesai dalam kurun waktu 7 hari.

Apa Saja Hasil dari Cek Darah?

Hasil yang keluar setelah cek darah tergantung dari tujuan cek darah tersebut. Apabila Anda hendak mengetahyi adanya indikasi infeksi tertentu, hasil akan menunjukkan positif atau negatifnya infeksi. 

Sementara, apabila Anda ingin mengecek kadar gula darah, hasil cek darah akan menunjukkan kadar glukosa darah dengan status normal atau tinggi.

Di mana Melakukan Cek Darah dan Berapa Biayanya?

Melakukan Cek darah lengkap harga bisa di rumah sakit, puskesmas, maupun klinik. Cek darah akan ditangani oleh dokter atau tenaga medis yang sudah berpengalaman. 

Saat Anda mengalami lemah, kelelahan, demam, radang, atau pendarahan, dokter akan memberikan rujukan untuk cek laboratorium dengan hitung darah lengkap sebagai bagian dari pemeriksaan rutin. Tujuannya untuk mengetahui kondisi kesehatan pasien secara umum dan melihat adanya indikasi gangguan kesehatan secara jelas.

Nyatanya, biaya cek darah lengkap tidaklah murah. Maka, orang yang tidak memiliki finansial yang cukup menjadi enggan untuk melakukan cek darah meski cek darah secara rutin sangatlah penting. 

Jika Anda memiliki asuransi kesehatan mencakup dengan tanggungan biaya medical check-up, seharusnya biaya cek darah tidak menjadi beban karena sudah ditanggung asuransi.

Baca juga: Asuransi Prudential: Penjelasan dan Jenis Asuransi

  1. Biaya cek darah di rumah sakit

Tiap rumah sakit menyediakan laboratorium dengan fasilitas lengkap dibanding fasilitas kesehatan lainnya untuk cek darah dengan biaya yang variatif dan tentunya lebih mahal. Kisaran harga yang harus Anda bayar antara 100 ribu hingga 1 juta Rupiah. 

Nah, biaya cek darah lengkap akan ditanggung jika Anda mempunyai BPJS Kesehatan. Untuk dapat menikmati fasilitas ini, Anda harus mendatangi faskes tingkat pertama (puskesmas atau klinik) terlebih dahulu.

Nantinya dokter di faskes pertama akan melakukan pemeriksaan. Kalau ditemukan indikasi untuk pemeriksaan lebih lanjut, maka dokter tersebut akan memberi rujukan.

  1. Biaya cek darah di klinik

Klinik biasanya menyediakan layanan cek darah. Sebagai gambaran, berikut adalah tarif cek darah lengkap di klinik yang telah dirangkum dari beberapa sumber:

NoJenis cek darahKisaran tarif cek darah kinik 24 jam
1Cek Darah LengkapRp92 ribu
2Cek Darah Rutin (Hb, Le, Eri, Ht, Te, Hj, LED)Rp50 ribu-Rp80 ribu
3HemoglobinRp15 ribu-Rp40 ribu
4HematocritRp15 ribu-Rp40 ribu
5TrombositRp15 ribu-Rp40 ribu
6LeukositRp15 ribu-Rp40 ribu
7EritrositRp15 ribu-Rp40 ribu
8LEDRp22 ribu-Rp50 ribu
9Golongan Darah dan RhesusRp28 ribu-Rp40 ribu
10HIVRp150 ribu-Rp250 ribu
11Gula Darah SewaktuRp35 ribu-Rp50 ribu

Salah satu laboratorium yang bisa Anda pertimbangkan adalah Prodia, berikut estimasi biayanya:

Nama LayananEstimasi Harga
Hematologi LengkapRp90 ribu
Hematologi RutinRp100 ribu
Golongan DarahRp70 ribu
HemoglobinRp80 ribu
LEDRp60 ribu
Hitung RetikulositRp110 ribu
Gambaran Darah TepiRp190 ribu
Waktu PendarahanRp66 ribu
Waktu PembekuanRp66 ribu
Waktu Protrombin PlasmaRp231 ribu
ACA IgGRp635 ribu
ACA IgMRp635 ribu
  1. Biaya cek darah di puskesmas

Selain di rumah sakit dan klinik, Anda bisa melakukan cek darah di puskesmas dengan harga lebih terjangkau. Anda cukup mengeluarkan biaya antara 15 ribu Rupiah sampai dengan 50 ribu Rupiah. Tentunya harga ini jauh lebih murah dibandingkan rumah sakit dan klinik. Berikut adalah kisaran tarif cek darah di puskesmas:

NOJenis Cek DarahKisaran Tarif Cek Darah Puskesmas
1HBRp5.000-Rp10 ribu
2Darah LengkapRp30 ribu
3Golongan DarahRp7.000-Rp15 ribu
4LEDRp5.000-Rp15 ribu
5Glukosa Darah Se-waktuRp20 ribu
6Glukosa Darah PuasaRp20 ribu
7Glukosa Puasa 2 Jam PPRp20 ribu
8BTA 2xRp20 ribu
9HBSagRp55 ribu
10HIVRp70 ribu-Rp75 ribu
11TPHARp50 ribu
12EritrositRp5.000
13LeukositRp5.000-Rp10 ribu
14TrombositRp5.000
15HematokritRp5.000
16LPB (Limposit Plasma Biru)Rp10 ribu
17HBSag RapidRp25 ribu
18WidalRp20 ribu
19Darah Lengkap Otomatis (DLO)Rp40 ribu
20Hb/Hmt  StikRp15 ribu
21RhesusRp7.000
22NS1 Rp110 ribu
23IgG/IgM Dengue Rp110 ribu

Jadi, penting untuk memiliki asuransi kesehatan agar finansialmu lebih terjamin. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan penanganan medis lebih cepat dan itu dia Cek darah lengkap harga

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
05 Jul 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download