Mengenal Cara Memilih Alat Cek Gula Darah

31 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 31 Dec 2021

Kadar gula darah dalam tubuh harus selalu dikontrol dengan baik. Sangat penting memiliki gaya hidup sehat demi mengendalikan gula darah sekaligus melakukan pengecekan secara berkala memakai alat cek gula darah. Kali ini akan dibahas lebih lengkap mengenai cara pemilihan juga pemakaian alat pemeriksaan tersebut agar bisa dimanfaatkan secara optimal.

Mengenal Cara Memilih Alat Cek Gula Darah

Tentang Alat Cek

Sebelumnya mari pahami dulu lebih dekat tentang alat cek gula darah ini. Alat ini juga biasa disebut dengan nama glukometer. Sesuai dengan namanya, alat tersebut akan dipakai untuk menghitung kadar gula atau glukosa yang ada di dalam darah. Alat ini memiliki ukuran yang terbilang kecil sehingga praktis untuk dibawa bepergian. Selain itu alat ini juga menunjukkan hasil berupa angka digital sehingga mudah terbaca.

Glukometer ini sangat direkomendasikan untuk dimiliki oleh siapa saja terutama bagi penderita diabetes maupun orang-orang yang berisiko tinggi menderita penyakit ini. Glukometer akan membantu seseorang untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Jika terukur tinggi maka individu tersebut bisa melakukan upaya-upaya untuk menurunkannya begitu juga saat terjadi kondisi sebaliknya.

Alat yang satu ini didesain praktis dan sangat mudah untuk digunakan sendiri. Jadi tidak perlu bantuan dari tenaga medis untuk menggunakannya. Bahkan pemakaian alat ini bisa dilakukan secara mudah di rumah kapan saja dibutuhkan. Sangat praktis dan sangat membantu para penderita diabetes dalam mengontrol kadar gula dalam darah. 

Baca juga : Kenali Tipe, Gejala dan Penyebab Diabetes Sejak Dini

Pemilihan Alat

Mengenal Cara Memilih Alat Cek Gula Darah

Perlu diketahui bahwa jenis alat cek gula darah yang beredar di pasaran saat ini sangat beragam. Alat ini bisa ditemukan dengan mudah bahkan bisa juga dibeli di toko-toko online atau marketplace. Namun jangan sampai sembarangan memilih alat. Pastikan untuk membeli alat cek yang tepat dan akurat. Berikut ini adalah beberapa tips pemilihan glukometer yang bisa diterapkan:

1. Periksa Kemudahan Pemakaian

Langkah pertama, cobalah untuk memeriksa kemudahan pemakaian alat tersebut. Sangat disarankan untuk memilih glukometer yang mudah untuk digunakan. Semakin praktis cara pemakaiannya maka akan semakin direkomendasikan. Ini dilakukan demi memberi kemudahan bagi penggunanya untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah sendiri tanpa bantuan orang lain.

Jenis glukometer yang simple dan mudah dipakai juga sangat direkomendasikan untuk dipakai oleh para lansia. Pemakaian glukometer yang fiturnya mudah dan simple akan lebih praktis bagi lansia sehingga bisa memeriksa kadar gula darah secara teratur. Jadi pilihlah glukometer yang mudah digunakan dan mudah pula disimpan atau dirawat.

2. Pertimbangkan Fitur Khusus yang Tersedia

Selanjutnya, coba pertimbangkan fitur khusus apa saja yang tersedia pada glukometer tersebut. Ada beberapa tipe glukometer yang menyediakan fitur-fitur khusus untuk mendukung kemudahan proses pengukuran kadar gula darah. Contoh paling sederhana adalah fitur lampu layar yang dapat menyala ketika alat ini digunakan dalam suasana gelap.

Kemudian ada juga tipe glukometer yang menyediakan fitur audio sehingga hasil pengukuran glukosa bisa didengarkan oleh penggunanya. Pilih saja glukometer yang fitur pelengkapnya sesuai dengan kebutuhan. Namun tetap utamakan fitur utamanya yaitu pengukuran kadar gula darah secara mudah dan akurat.

Baca juga : Penting! Dampak Dari Pola Makan Sehari Sekali

3. Cek Harga Alat

Selanjutnya silakan cek dulu harga glukometer yang akan dibeli. Alat ini dijual di pasaran dengan harga yang sangat bervariasi. Silakan pilih glukometer dengan penawaran harga yang terbaik sesuai kemampuan dan ketersediaan bujet. Berapapun harga glukometer yang akan dibeli, pastikan bahwa alat tersebut memiliki kualitas yang bagus dan tetap bisa memberi hasil pengukuran yang akurat.

4. Periksa Metode Penyimpanan Data

Jangan lupa periksa juga metode penyimpanan data pada alat cek gula darah yang akan dibeli. Setiap jenis alat biasanya menyediakan metode penyimpanan data yang berbeda. Namun ada juga yang tidak memiliki sistem penyimpanan data sehingga setiap hasil pengukuran akan langsung terhapus.

Sangat direkomendasikan untuk memilih jenis glukometer yang bisa menyimpan data pengecekan atau pengukuran. Ini dilakukan untuk mempermudah pengguna dalam melakukan evaluasi terhadap langkah pengendalian kadar gula darah. Jika data pengukuran gula darah terpantau aman dan stabil, maka upaya pengendalian yang dilakukan sudah berhasil.

Cara Cek Gula Darah

Setelah mendapatkan alat cek gula darah yang tepat, maka alat tersebut bisa segera digunakan. Pemakaian alat ini sebenarnya sangat mudah namun tetap harus dilakukan dengan hati-hati. Berikut ini adalah panduan cara cek gula darah menggunakan glukometer yang tadi sudah dibeli berdasarkan beberapa pertimbangan:

1. Siapkan Peralatan

Langkah pertama silakan siapkan dulu peralatan yang dibutuhkan untuk cek gula darah. Ada beberapa jenis alat dan bahan yang harus dipersiapkan. Pemeriksaan gula darah akan membutuhkan lancet atau jarum kecil, perangkat lancing untuk menahan jarum, strip uji, alkohol, kapas, dan glukometer.

2. Bersihkan Tangan

Setelah semua peralatan siap, segera bersihkan tangan terlebih dahulu. Darah sampel pengujian akan diambil dari ujung jari. Pastikan tangan dalam kondisi bersih agar tidak terjadi infeksi. Cucilah kedua tangan dan semua jemari dengan menggunakan air mengalir serta sabun. Setelah itu keringkan dulu sebelum mulai melakukan pengambilan sampel dan pemeriksaan. 

3. Siapkan Perangkat

Segera siapkan perangkat glukometer yang akan dipakai untuk mengukur kadar gula darah. Posisikan lancet di tempat yang tepat sesuai anatomi glukometer. Setelah itu masukkan strip tes ke dalam glukometer agar bisa segera dilakukan pemeriksaan.

4. Mulai Ambil Sampel

Selanjutnya silakan langsung ambil sampel darah dari ujung jari. Caranya sangat mudah, bersihkan dulu ujung jari dengan menggunakan kapas dan alkohol lalu letakkan lancet di ujung jari tersebut. Tusukkan lancet secara perlahan sampai sampel darah keluar kemudian teteskan darah tersebut ke atas strip tes.

Baca juga : 3 Olahraga Yang Dapat Kamu Lakukan di Rumah Selama PPKM Darurat

5. Baca Hasil Pengukuran

Setelah sampel darah diteteskan di atas strip tes maka alat akan mulai mengukur berapa banyak kadar gula darah. Alat cek gula darah yang bagus biasanya akan menunjukkan hasil pengukuran dalam waktu cepat.  Pengguna bisa langsung mengetahui hasil pengukurannya dan memastikan diri apakah memang kadar gula darah tinggi, normal, atau justru rendah.

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan cek gula darah ini? Pemeriksaan kadar gula darah umumnya dilakukan sebelum dan setelah makan. Tujuannya adalah untuk mengetahui perubahan kadar gula darah berdasarkan makanan yang dikonsumsi. Intensitas pemeriksaannya bisa disesuaikan kebutuhan dan kondisi tubuh.

Pemeriksaan kadar gula darah ini tidak hanya penting bagi penderita diabetes atau hiperglikemia. Namun juga penting bagi orang yang sering mengalami hipoglikemia atau kekurangan gula dalam darah. Biasanya orang dengan kadar gula darah rendah akan mudah lemas dan tidak bisa fokus jadi memang harus dideteksi serta diatasi sedini mungkin.

Dapatkan alat cek gula darah dengan kualitas terbaik dan efektif untuk digunakan. Lakukan pemeriksaan kadar gula darah secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh. Kontrol gula darah yang baik akan membantu tubuh tetap sehat dan bisa menjalani aktivitas dengan lancar setiap hari.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
31 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download