Biaya Cek Darah Serta Langkah dan Efek Sampingnya

18 Aug 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 19 Aug 2022

Banyak orang bertanya-tanya berapa sih biaya cek darah di berbagai tempat di Indonesia, terutama di Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik hingga di Laboratorium.

Cek darah sendiri merupakan pemeriksaan medis dengan mengambil beberapa sampel darah yang diambil dari pembuluh darah di bagian tertentu pada tubuh manusia. Lantas berapa biaya cek darah nya? Dan apa reaksi dan gejala usai disuntik usai cek darah? 

Sebelum lebih jauh menjelaskan mengenai biaya cek darah, reaksi dan gejala lainnya usai cek darah. Ketahui beberapa informasi lengkap pada artikel berikut ini.


Dikutip Kredit Pintar dari laman resmi RSUD Tulungagung, rsud.tulungagung.go.id, secara umum, cek darah rutin bertujuan untuk mendeteksi keberadaan racun dalam tubuh manusia, zat zat, komponen berbahaya lain, mendeteksi penyakit hingga dapat digunakan untuk memeriksa kesehatan pasien secara keseluruhan.

Lantas, pada bagian tubuh mana yang dapat diambil sampel darah? Dikutip dari Healthline,

Sampel darah diambil dari pembuluh darah di pergelangan lengan atau siku bagian dalam.

Baca Juga: Cara Cek Ginjal Sendiri dengan Mudah di Rumah 

Langkah-langkah Mengambil Sampel Darah

Sebelum melakukan pengambilan sampel darah, biasanya dokter akan memberikan beberapa instruksi sesuai dengan jenis pemeriksaan darah yang dilakukan. Pada beberapa pemeriksaan, terkadang Sobat Pintar akan diwajibkan untuk berpuasa terlebih dahulu dengan tidak makan selama 10-12 jam, serta menghentikan sementara mengkonsumsi obat-obatan ataupun suplemen.

Pastikan sobat selalu mengikuti anjuran dokter sebelum melakukan pemeriksaan agar dapat mempengaruhi hasil dan keakuratan dari cek darah. Untuk itu, sebelum Sobat PIntar melakukan cek darah, ada baiknya untuk mengetahui beberapa langkah dan tahapan agar saat melakukan tes sudah terbiasa.

1. Mengikat bagian lengan dengan pengikat lengan, gunanya untuk memperlambat aliran darah agar terlihat jelas pembuluh vena  dan sampel darah dapat diambil dengan mudah

2. Membersihkan terlebih dahulu area suntik atau pengambilan sampel dengan tisu dan kapas alkohol

3. Menusukkan jarum suntuk guna mengambil sampel darah

4. Setelah darah diambil, sampel darah akan dimasukkan ke dalam tabung khusus agar dapat diperiksa di laboratorium oleh dokter

5. Usai disimpan, dokter akan melepas ikatan pada lengan dan menekan bagian yang disuntik dan menutup dengan plesteran atau kapas beralkohol

Baca Juga: Gejala Tipes dan Perbedaannya dengan DBD

Pada prosedur ini, terkadang waktu untuk pengambilan darah kurang lebih akan memakan waktu tidak lebih dari 10 menit.

Usai mengetahui langkah-langkah pengambilan sampel darah, terkadang orang masih kebingungan dan kadang pula masih belum mengetahui efek usai disuntik untuk pengambilan sampel darah.

Lalu, apa efek setelah disuntik usai cek darah? menurut dr. Devika Yuldharia, efek yang ditimbulkan dari pengambilan darah yakni akan timbulnya memar atau kebiruan dan rasa nyeri. Tetapi sangat jarang terjadi perdarahan ulang dari bekas suntikan, apalagi sudah berbeda hari. 

Hal tersebut disebabkan karena tubuh seseorang memiliki mekanisme pembekuan darah yang akan membuat darah yang keluar dari tempat suntikan berhenti merembes setelah beberapa detik atau menit.

Biaya Cek Darah di Klinik, Rumah Sakit, dan Puskesmas

Jika Sobat Pintar memiliki asuransi kesehatan dengan polis yang mencakup pertanggungan biaya medical check-up, seharusnya biaya cek darah tidak lagi menjadi beban karena asuransi yang akan menanggungnya.

Akan tetapi, jika Sobat Pintar  masih belum memiliki asuransi polis, ada baiknya menyimak penjelasan dari artikel ini dengan lengkap. Yuk Sobat Pintar cari tahu berapa sih biaya cek darah di rumah sakit, puskesmas, dan Klinik di tahun 2022 ini dan cara meminimalkan pengeluaran dengan asuransi kesehatan terbaik dan murah.

Baca Juga: 5 Komorbid yang Harus Diwaspadai di Era Pandemi

Cek Darah di KLINIK 24 Jam

Klinik 24 jam merupakan salah satu tempat dari fasilitas kesehatan yang dijalankan oleh pemerintah atau swasta serta dapat melayani pengobatan dan perawatan pasien selama 24 jam terus menerus dalam satu hari.

Jadi, fasilitas ini akan sangat memudahkan bagi siapa saja untuk dapat melakukan tindakan medis maupun cek darah saat memang benar-benar dibutuhkan kapan saja.

Lalu, berapa biaya cek darah di klinik 24 jam? Tentu biaya cek darah pada setiap klinik akan berbeda-beda tergantung dari alat yang digunakan dan lokasinya.

Namun, sebagai gambaran, berikut adalah beberapa kisaran biaya cek darah lengkap yang perlu kamu ketahui yang telah dirangkum Kredit Pintar dari beberapa sumber:

Jenis Cek DarahKisaran Biaya Cek Darah di Klinik 24 Jam
Cek darah rutinRp 50 ribu s/d Rp 80 ribu
Cek darah lengkapRp 130 ribu
HemoglobinRp 30 ribu s/d Rp 60 ribu
TrombositRp 30 ribu s/d Rp 60 ribu
HematocritRp 30 ribu s/d Rp 60 ribu
EritrositRp 30 ribu s/d Rp 60 ribu
LeukositRp 30 ribu s/d Rp 60 ribu
Gula Darah SewaktuRp 50 ribu s/d Rp 70 ribu
Golongan Darah dan RhesusRp 35 ribu s/d Rp 60 ribu
LEDRp 30 ribu s/d Rp 70 ribu
HIVRp 180 ribu s/d Rp 270 ribu

Biaya cek darah di puskesmas

Selain di Klinik 24 jam, Sobat Pintar juga bisa melakukan cek darah di Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas yang biasanya ada di setiap Kecamatan tinggal.

Karena hampir di setiap daerah ada Puskesmas, dan terbilang sangat terjangkau untuk diakses, sudah dipastikan biaya pelayanan akan menjadi lebih ekonomis dan terjangkau dibandingkan dengan fasilitas kesehatan lainnya.

Berikut adalah beberapa kisaran biaya cek darah di Puskesmas 2022 yang wajib Sobat Pintar ketahui:

Jenis Cek DarahKisaran Biaya Cek Darah Puskesmas
HBRp 5.000 s/d Rp10 ribu
Darah LengkapRp 30 ribu
Darah Lengkap Otomatis (DLO)Rp 40 ribu
Glukosa Darah Se-waktuRp 20 ribu
Glukosa Darah PuasaRp 20 ribu
Glukosa Puasa 2 Jam PPRp 20 ribu
TPHARp 50 ribu
EritrositRp 5.000
LeukositRp 5.000 s/d Rp 10 ribu
TrombositRp 5.000
HematokritRp 5.000
Limposit Plasma BiruRp 10 ribu
HBSag RapidRp 25 ribu
WidalRp 20 ribu
LEDRp 5.000 s/d Rp 15 ribu
Golongan DarahRp 7.000 s/d Rp 15 ribu
Hb / Hmt StikRp 15 ribu
RhesusRp 7.000
NS1Rp 110 ribu
IgG/IgM DengueRp 110 ribu
BTA 2xRp 20 ribu
HBSagRp 55 ribu
HIVRp 70 ribu s/d Rp 75 ribu

Baca Juga: Daftar Biaya Cuci Darah dan Lokasi Cuci Darah Terdekat 

Tarif cek darah di rumah sakit

Beda dengan di klinik 24 jam dan Puskesmas. Pada umumnya rumah sakit memiliki fasilitas kesehatan yang sangat lengkap dan terbaru jika dibandingkan dengan yang sudah disebutkan diatas.

Melihat dari fasilitas yang lebih komplit, biaya cek darah pun kadang kala bisa dibilang sangat mahal. 

Pada biaya cek darah ini juga berbeda dan tergantung pada lokasi dan jenis rumah sakit. Namun berikut ini data biaya cek darah yang ada di rumah sakit disekitaran Jakarta.

Nama RSLayananEstimasi Harga
Rumah Sakit SiloamSilver (Pria)Rp 1,6 juta
Silver (Wanita)Rp 2,7 juta
Platinum (Pria)Rp 8,7 juta
Platinum (Wanita)Rp 7 juta
Emerald (Pria)Rp 12,7 juta
Emerald (Wanita)Rp 100 juta
Ruby (Pria)Rp 1 juta 
Jade (Wanita)Rp 2,4 juta
Rumah Sakit Eka HospitalBasicRp 1 juta
Basic PlusRp 1,9 juta
StandardRp 2,1 juta
Standas PlusRp 2,55 juta
CompleteRp 2,75 juta
Medical Check Up BronzeRp 1,6 juta
Medical Check Up SilverRp 3,2 juta

Informasi mengenai biaya cek darah terbaru 2022 ini dirangkum oleh Kredit Pintar dari berbagai sumber terbaru.***

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
19 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download