Apakah Benar Gaji Masinis Besar? Ketahui Faktanya

05 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 04 Jan 2022

Saat ini pekerjaan dengan penghasilan terbesar biasanya terdapat di dalam abdi negara seperti gaji masinis. Pada dasarnya masinis masuk ke dalam pekerjaan negeri sipil (PNS) di bawah PT. Kereta Api Indonesia. Oleh karena itu penghasilan seorang masinis termasuk tinggi.

Apakah Benar Gaji Masinis Besar? Ketahui Faktanya

Memang saat ini belum ada keterangan pasti mengenai berapa gaji seorang masinis sebenarnya. Namun, Edi Sukmono sebagai Direktur Utama KAI pada periode sebelumnya sempat mengatakan dalam wawancaranya bahwa penghasilan seorang masinis bisa mencapai 12 juta atau lebih.

Tentu saja pernyataan tersebut ada benarnya karena dikatakan langsung oleh Direktur Utama. Meski begitu, banyak orang yang masih bingung terhadap besarnya penghasilan masinis. Sekarang ini masinis juga enggan membicarakan besarnya gaji karena topiknya terlalu sensitif.

Apakah Benar Gaji Masinis Besar? Ketahui Faktanya

Dalam pekerjaan, seseorang juga berhak merahasiakan seberapa besar pendapatannya. Ketika menjadi seorang masinis, seseorang dituntut untuk menjaga keselamatan orang banyak. Hal ini tidak bisa dianggap kecil karena kereta api adalah transportasi umum yang sering digunakan.

Mengendarai transportasi umum biasanya membutuhkan tanggung jawab yang besar. Sopir bus, pilot dan nakhoda kapal merupakan pekerjaan yang membutuhkan tuntutan terbesar. Karena hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang ahli dalam mengendarai bidangnya seperti masinis.

Baca juga: Daftar Gaji PNS Tahun 2021, Simak Selengkapnya di Sini

Besarnya Gaji Masinis Sesuai dengan Tuntutannya

Masinis adalah salah satu pekerjaan yang membutuhkan pendidikan khusus. Keunikan dari jenis pekerjaan ini adalah Anda tidak perlu sekolah di perguruan tinggi. Lulusan SMA atau SMK jalur listrik, mesin atau otomotif juga bisa mendaftar sebagai seorang masinis.

Nantinya ketika lulusan mendaftar, ada seleksi khusus yang bisa digunakan untuk meningkatkan keahlian dalam bidangnya. Mempelajari cara kerja lokomotif kereta api itu tidak mudah. Anda juga harus paham rambu-rambu yang perlu dipatuhi ketika menjalankan dinasnya ke luar kota.

Dinas seorang masinis membutuhkan waktu lama karena kereta api di Indonesia menjadi satu-satunya transportasi yang selalu digunakan. Selain cepat, harga tiket kereta api juga sangat murah. Bahkan waktu dinasnya bisa sampai 24 jam tanpa henti baik itu masinis dan asistennya.

Gaji masinis yang besar tentu saja sesuai dengan tuntutan pekerjaannya. Apalagi masih ada tanggung jawab lain yaitu menjaga keamanan penumpang dan melaksanakan dinas tepat waktu. Kereta jadi satu transportasi yang mengandalkan ketepatan waktu perjalanan dari kota ke kota.

Ketika masinis tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik, maka pekerjaannya bisa langsung dicabut atau mendapatkan sanksi berat. Oleh karena itu, pekerjaannya tidak bisa dianggap kecil meskipun pengoperasian kereta api terlihat lebih mudah karena melaju di jalurnya.

Gaji menjadi salah satu bukti seberapa besar tanggung jawab pekerjaan tersebut. Sama halnya seperti pilot pesawat yang memiliki gaji besar dengan risiko tinggi. Namun, beberapa orang juga menilai jika jadi pilot masih jauh lebih tinggi dari penghasilan masinis ketika berdinas.

Baca juga: 4 Cara Pesan Tiket Kereta Api dengan Mudah, Terpercaya 2021

Gaji Masinis dan Tunjangan yang Didapatkan

Pada dasarnya gaji seorang masinis diberikan setiap bulannya bersamaan dengan tunjangan. Hal ini sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk pekerjaan PNS. Tunjangan biasanya diberikan sebagai bentuk fasilitas dari pekerjaan tersebut untuk membantu keluarga dan pekerja.

Untuk masinis, fasilitas sudah sesuai aturan dari BUMN mengenai tunjangan karyawan beserta keluarga. Hal inilah yang menarik dari pekerjaan PNS karena mendapat fasilitas lebih banyak. Jika dilihat dari fasilitas yang diberikan, berikut ini beberapa tunjangan seorang masinis kereta api.

  1. Tunjangan keluarga seperti anak dan istri sebesar 10% dari gaji pokok (maksimal 3 orang)
  2. Uang perjalanan dinas sebanyak Rp 375 ribu per bulannya.
  3. Uang emolumen untuk lulusan SMA sebesar Rp 200 ribu dan lulusan S1 sebesar Rp 600 ribu per bulan
  4. Tunjangan resiko masinis sebesar Rp 1 juta per bulan
  5. Uang premi gaji masinis dan petugas kereta api tergantung Jabatannya
  6. Tunjangan Rekreasi
  7. Tunjangan Rumah
  8. Tunjangan Penampilan untuk Customer Service
  9. Tunjangan Transportasi
  10. Tunjangan Kebugaran
  11. Tunjangan Jabatan Struktural

Semua tunjangan tersebut diberikan oleh semua petugas kereta api baik itu masinis sampai PPKA. Petugas PPKA adalah yang mengatur perjalanan kereta api agar tidak terjadi kendala saat dinas. Tugas lain yang dari PPKA juga merencanakan jadwal dan mengatur jalur perjalanan kereta api.

Biasanya masinis akan mengikuti arahan PPKA terkait jalur dan kecepatan kereta api. Hal ini bisa dilakukan karena jadwal perjalanan kereta bisa disesuaikan dengan jadwal lainnya. Kecepatan KA jadi kunci utama untuk mengatur jadwal tersebut supaya tidak bertabrakan satu dan lainnya.

Apakah Benar Gaji Masinis Besar? Ketahui Faktanya

Baca juga: Segini Gaji Penyiar Radio, dari Dramatis hingga Fantastis

Syarat Daftar untuk Mendapat Gaji Masinis

Bagi yang tertarik untuk menjadi seorang masinis Anda bisa daftar langsung ke situs resmi PT KAI. Nantinya ketika sudah mendaftar, Anda akan ditinjau terlebih dahulu berkas-berkasnya. Ada juga berkas dan syarat yang harus dipersiapkan terlebih dahulu seperti beberapa poin berikut ini.

  1. Bukti Dokumen Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun untuk lulusan SMA/SMK
  • Usia minimal 22 tahun dan maksimal 25 tahun untuk lulusan Diploma
  1. Berkelakuan Baik dan Bebas Narkoba
  2. Laki-laki yang dinyatakan sehat jasmani dan rohani setelah melakukan tes
  3. Tidak menggunakan anting atau tindikan
  4. Bersedia bekerja di wilayah mana saja dalam cakupan Indonesia
  5. Tidak memiliki hubungan pernikahan sesama karyawan PT KAI

Setelah semua berkas dipersiapkan Anda bisa langsung pergi ke halaman resmi situs PT KAI dan menunggu proses verifikasi selesai dilakukan. Tahapan untuk menjadi seorang masinis ada 5 yaitu Administrasi, Seleksi Kesehatan Awal, Tes Psikologi, Wawancara dan Seleksi Kesehatan Akhir.

Nantinya gaji masinis akan didapatkan setelah Anda selesai melakukan tahapan diklat calon masinis. Tahap ini dilakukan ketika Anda sudah mendapatkan pesan resmi dari PT KAI. Lamanya waktu diklat tidak sampai 2,5 bulan sehingga Anda bisa mempelajari sistemnya terlebih dahulu.

Ketika diklat Anda akan dikenalkan dengan praktik pengoperasian lokomotif secara langsung. Lalu Anda akan dijadikan asisten masinis untuk mengenal lebih dalam mengenai rambu dan pola kerja seorang masinis. Nantinya, Anda akan resmi menjadi masinis ketika lolos di tahap ini.

Fakta Menarik Mengenai Gaji Masinis yang Besar

Perlu diingat, asisten masinis juga berperan penting dalam keselamatan transportasi. Tugasnya adalah memantau jadwal, jalur kereta api, rambu kereta dan menghubungi petugas PPKA untuk pemantauan. Cara ini dinilai efektif untuk mengenal pekerjaan secara langsung dengan praktik.

Masinis adalah salah satu pekerjaan dinas di bawah naungan PT KAI dan BUMN. Gaji yang didapat oleh seorang masinis akan bertahan sampai hari tua. Jadi ketika masinis pensiun, gaji masih bisa mengalir dengan ketentuan khusus yang dilihat dari beberapa faktor penentu.

Faktor tersebut adalah tingkat jabatannya, lamanya masa kerja dan gaji pokok masinis. Setelah ditinjau, gaji pensiun akan diberikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa cemas ketika sudah pensiun menjadi masinis karena masih ada gaji pensiun.

Kondisi pemberian gaji ini berlaku untuk perusahaan Persero di bawah BUMN. Jadi pekerjaan lain seperti nakhoda, pilot atau sopir bus masih belum bisa mengikuti karena bersifat swasta. Dengan gaji masinis dan tunjangan yang diberikan, Anda bisa terus tercukupi seumur hidup.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
04 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download