Segini Gaji Penyiar Radio, dari Dramatis hingga Fantastis

24 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 25 Dec 2021

Pernahkah Anda mendengarkan radio? Pernahkah Anda berpikir perihal suara yang berasal dari bilik radio? Ya, itu adalah suara dari seorang penyiar radio. Penyiar radio adalah seorang petugas yang tugasnya adalah menyiarkan suaranya melalui transmisi radio dengan berbagai bahasan di dalamnya seperti memperkenalkan atau membahas berbagai hal seperti musik, wawancara, berita terkini, ramalan cuaca, olahraga, maupun hal lainnya. Lalu,berapa besaran gaji penyiar radio?

Sebelum membahas perihal gaji penyiar radio, baiknya Anda terlebih dahulu mengetahui skill apa yang diperlukan untuk menjadi penyiar radio, dan basic yang harus dimiliki oleh seorang penyiar radio. 

Skill yang Harus Dimiliki oleh Seorang Penyiar Radio

  1. Memiliki gaya dan karakter vokal yang unik

Karena penyiar radio hanya mampu mengAndalkan suaranya, tentu gaya dan karakter vokal yang unik akan menjadi poin penting untuk dipertimbangkan bagi seorang calon penyiar radio.

Kemampuan dalam menyampaikan sebuah informasi secara rinci dan sistematis harus ada dalam kemampuan seorang presenter radio. Selain itu, hal lainnya yang berhubungan dengan vokal adalah memperhatikan intonasi, artikulasi, dan kecepatan dalam berbicara dan menyampaikan informasi.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah karakter suara yang menarik. Keunikan dan kekhasan yang dimiliki seorang presenter radio akan sangat menarik bagi pendengar untuk dapat menikmati siaran yang berlangsung.

  1. Wawasan yang luas

Hal ini wajib dimiliki oleh seorang penyiar radio. Karena di dalam pekerjaannya selalu menuntut tentang informasi, berita, maupun fakta yang harus selalu up to date untuk menyajikan program siaran yang selalu fresh untuk para pendengar radio. 

Berita yang disajikan juga beragam, yakni perihal politik, bencana alam yang terjadi, selebriti, musik yang sedang tren, film, tren fashion, ramalan cuaca, dan yang lainnya.

Penyiar radio juga tidak melulu harus berbahasa formal saja, melainkan disarankan menggunakan bahasa gaul agar pendengar tidak merasa bosan.

  1. Kemampuan berbahasa asing

Sebagai seorang penyiar radio akan menjadi poin plus untuk Anda yang memiliki kemampuan berbahasa asing, seperti bahasa Inggris misalnya. Karena hal tersebut sangat berguna jika Anda memiliki kesempatan untuk mewawancarai artis berskala internasional.

Untuk itu, kemampuan berbahasa inggris akan bermanfaat untuk menggali informasi lebih dalam terkait narasumber yang nantinya akan diwawancarai.

  1. Percaya Diri

Hal ini sangat penting untuk Anda sebagai penyiar radio untuk dapat mengatur intonasi berbicara ketika sedang memberikan sebuah informasi untuk mengendalikan rasa gugup, cemas, dan gagap. Menjalani airtime dengan enjoy akan menjadi kenikmatan tersendiri bagi seorang penyiar radio agar tidak kehilangan fokusnya ketika menyampaikan informasi kepada pendengar.

Mengapa skill tersebut diperlukan bagi penyiar radio? Karena penyiar radio memiliki peran dan tanggung jawab tertentu yang harus dipenuhi. Lalu apa saja peran dan tanggung jawab penyiar radio?

Peran dan Tanggung Jawab Penyiar Radio

  1. Pembawa acara

Hal ini merupakan tugas utama seorang penyiar radio, yakni membawakan acara melalui media audio. Media audio yang disebutkan bisa berarti radio, audio visual, maupun secara langsung jika dibutuhkan

  1. Menulis

Sebagai pembawa acara, tentunya Anda juga perlu melakukan analisis terlebih dahulu dengan menulis dan mencatat yang nantinya akan digunakan untuk melaporkan suatu informasi,maupun peristiwa kepada para pendengar.

  1. Wawancara

Tidak jarang untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, seorang penyiar radio harus melakukan wawancara kepada narasumber.

  1. Informasi up-to-date

Informasi tak hanya asal informasi saja, melainkan penyiar radio harus menyajikan informasi terkini atau terup-date guna menyajikan berita yang fresh untuk para pendengar.

Untuk menunjang tugas dan tanggung jawab yang dibutuhkan tentu penyiar radio dituntut untuk memiliki keterampilan berkomunikasi, berpikir kritis, melakukan analisis, bekerja dalam tim, pemahaman jurnalistik, hingga penguasaan terhadap bahasa asing.

Jenjang Karir Penyiar Radio

Mungkin Anda sudah tahu terkait profesi penyiar radio yakni, seorang penyiar radio yang merupakan pekerja lepas, maupun yang menjadi bagian dari salah satu stasiun televisi maupun radio itu sendiri. Namun, kali ini yang akan dibahas adalah mengenai jenjang karir sebagai penyiar dengan menjadi karyawan stasiun televisi maupun radio yang ada pada perusahaan media secara umum. jenjang apa saja yang harus dilewati?

  1. Reporter

Reporter merupakan langkah pertama untuk Anda yang baru memulai karir di media televisi maupun radio. Untuk media televisi Anda dapat menjadi news anchor atau stand upper. Dan kedua hal tersebut juga bisa dilakukan secara bersamaan.

  1. Penyiar/broadcaster

Profesi ini merupakan profesi yang nantinya akan menyampaikan berita secara langsung kepada masyarakat umum baik melalui radio maupun televisi.

  1. Produser

Produser juga dapat dijalankan bersamaan dengan profesi penyiar. Namun, saat Anda tengah menjadi seorang produser, artinya Anda memiliki tanggung jawab tak hanya menyiarkan informasi atau berita saja, melainkan mengatur program yang dijalankan nantinya.

  1. Jajaran manajerial

Jajaran manajerial yang dimaksud dalam hal ini adalah seperti produser eksekutif, kepala bagian pemberitaan, hingga station manager. Ini merupakan jenjang karir tingkat atas yang mungkin bisa anda capai nantinya.

Gaji Penyiar Radio

Ini merupakan topik yang paling Anda tunggu-tunggu bukan? Gambaran tentang besaran gaji penyiar radio yang diterima. Bagaimana gambaran honor yang didapat dan berapa besarannya?

Gaji penyiar radio biasanya dihitung per jam. Yang membedakan antara penyiar radio satu dengan yang lain adalah besaran honornya. Jika dalam satu jam siaran honor yang didapat adalah Rp 300.000 dengan sehari adalah 4 jam dan jadwal siaran Senin sampai Jumat, maka tinggal dikalikan saja untuk honor bulanan yang didapat berkisar Rp 6.000.000.

Namun besaran gaji penyiar radio di atas biasanya didapat oleh penyiar dengan jam terbang yang tinggi. Biasanya untuk pemula atau magang besaran honor yang didapat antara Rp 50.000-Rp 100.000 per jam tayang. Dan akan terus bertambah sesuai dengan kemampuan dan kontribusi yang diberikan oleh penyiar kepada perusahaan.

Jadi secara garis besar, gaji penyiar radio untuk para pemula biasanya dikalkulasikan per jam dan rata-rata mendapatkan penghasilan Rp 3-5 juta perbulannya. Para pemula juga biasanya diikat dalam sistem kontrak untuk penyiar jadi juga memiliki kesempatan untuk mencari penghasilan tambahan di tempat lain karena tidak terikat.

Lain halnya dengan penyiar radio yang berpengalaman dan mengisi slot prime time bisa mencapai puluhan juta rupiah. Ada beberapa yang menyebutkan 50-60 juta rupiah untuk perbulannya. Belum lagi jika memiliki penghasilan tambahan yang didapat dari tawaran MC maupun moderator di beberapa acara tertentu yang biasanya mendapat tambahan 5—10 juta rupiah. Sangat fantastis bukan?

Untuk itu, dibalik mendapatkan honor yang tinggi, terdapat perjuangan yang besar untuk dapat melakoni profesi sebagai penyiar radio. Seperti membangun mood yang baik setiap hari agar suasana hati pendengar bisa ikut membaik. 

Dengan banyaknya tuntutan dan tanggung jawab penyiar radio sebenarnya memiliki banyak manfaat yang dapat dipetik, salah satunya adalah bertambahnya berbagai wawasan, pAndai menyalurkan energi positif, dan dituntut untuk selalu kreatif. Tentunya hal tersebut akan membantu Anda dalam mengembangkan diri untuk menjadi lebih baik lagi.

Demikian kisaran gaji penyiar radio berdasarkan dari sumber yang kami rangkum. Semoga bermanfaat.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download