Apa Itu Self Love? Ini 4 Manfaat dan 6 Cara Menerapkannya

Apa Itu Self Love? Ini 4 Manfaat dan 6 Cara Menerapkannya

10 Jun 2021 by kreditpintar
Apa Itu Self Love? Ini 4 Manfaat dan 6 Cara Menerapkannya

Self Love menjadi suatu pondasi dimana Sobat Pintar mampu mencintai diri sendiri, bersikap tegas, mengejar mimpi dan minat, serta menjalin hubungan sehat dengan orang-orang di sekitar. Kondisi ini sangat penting Sobat Pintar terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar mampu mengambil kegunaan dari hal itu sendiri.

Self love mampu memberikan kegunaan untuk membuat hidup menjadi lebih damai. Tak hanya itu, rasa cinta terhadap diri sendiri mampu memberikan kesehatan pada fisik maupun mental Sobat Pintar.

Berikut ini merupakan kegunaan dan cara mengadaptasinya di dalam kehidupan, yaitu:

Self Love Terhadap Diri Sendiri Penting Untuk Kehidupan, Ini Sejumlah Manfaatnya

1. Mampu Memberikan Kepuasan Dalam Hidup Sobat Pintar

Ketika Sobat Pintar menerapkan Rasa cinta terhadap diri sendiri di dalam kehidupan, maka Sobat Pintar mampu mencintai diri sendiri dengan apa adanya. Sobat Pintar menjadi sosok yang mampu menerima semua kondisi hidup saat ini, seperti kondisi ekonomi, kondisi fisik, serta kondisi lainnya.

Tak ada tuntutan yang Sobat Pintar buat untuk diri sendiri. Sehingga, Sobat Pintar bisa menjalani kehidupan suka maupun duka, bertanggungjawab atas segala hal yang terjadi dan masih banyak lagi. Dengan begitu, Sobat Pintar mampu mengontrol diri sendiri dan mendapatkan kepuasan saat menjalaninya.

2. Menjaga Kesehatan Diri Sendiri dengan Baik

Apabila kesehatan menurun, tentu Sobat Pintar sendiri yang akan repot dan mengalami kesusahan. Oleh karena itu, sebagai bentuk mencintai diri sendiri, jagalah kesehatan tubuh Sobat Pintar dengan menjaga pola hidup sehat mulai dari sekarang.

Ingatlah, tak ada yang mencintai diri sendiri, selain diri Sobat Pintar sendiri. Katakan selalu bahwa kesehatan diri itu mahal, sehingga Sobat Pintar perlu menjaganya dengan baik. 

Untuk melakukan hal ini, Sobat Pintar perlu membiasakan diri untuk tidak mudah stres, jangan tidur larut malam, konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, olahraga teratur, dan masih banyak lagi.

3. Risiko Gangguan Mental Menjadi Berkurang

Kegunaan Rasa cinta terhadap diri sendiri berikutnya adalah Sobat Pintar akan terhindar dari risiko gangguan mental yang disebabkan oleh berbagai tekanan, baik itu tekanan internal maupun eksternal.

Rasa cinta terhadap diri sendiri yang rendah mampu memicu timbulnya stres dan gangguan mental pada diri Sobat Pintar sendiri. Hal ini disebabkan kurangnya rasa percaya diri, kurang rasa mencintai diri sendiri, hingga menimbulkan terjadinya kecemasan berlebih, gangguan makan, dan lainnya.

Saat kondisi mental sehat dan terjaga, maka gangguan mental tidak akan terjadi karena Sobat Pintar sudah menerima serta mencintai diri Sobat Pintar sendiri.

4. Kehidupan Akan Dikelilingi Oleh Energi Positif Setiap Hari

Kegunaan besar yang akan Sobat Pintar dapatkan ketika berhasil mencintai diri sendiri ialah kehidupan akan terus dikelilingi oleh energi baik atau positif setiap hari. Saat energi positif mengelilingi kehidupan sendiri, maka Sobat Pintar akan memandang segala hal dengan baik, tanpa membuat mental atau psikis menjadi terganggu.

Tak hanya itu, energi positif yang ada dalam hidupmu, mampu memberikan pengaruh pula pada kehidupan orang di sekeliling. Mereka akan nyaman berada di sekitar Sobat Pintar dan memiliki perspektif baik terhadap diri Sobat Pintar tersebut.

5+ Cara Mengadaptasi Self Love di Kehidupan

Rasa cinta terhadap diri sendiri penting Sobat Pintar terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini merupakan cara mengadaptasi rasa cinta terhadap diri sendiri yang bisa Sobat Pintar lakukan.

1. Lakukan Pengenalan Terhadap Diri Sendiri

Rasa cinta terhadap diri sendiri hanya akan menjadi ungkapan semata, apabila Sobat Pintar tidak menerapkannya dalam kehidupan. Mulailah untuk mencintai diri sendiri saat ini juga, agar bisa melakukan pengenalan terhadap diri Sobat Pintar tersebut.

Carilah jawaban terkait pertanyaan atas diri Sobat Pintar, mimpi-mimpi yang ingin dicapai, ketakutan terbesar, kebutuhan atas diri Sobat Pintar, hingga kekuatan apa yang Sobat Pintar miliki.

2. Jangan Pernah Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Cara mengadaptasi rasa cinta terhadap diri sendiri berikutnya adalah jangan pernah membandingkan pencapaian yang orang lain miliki dengan pencapaian kita sendiri. Mungkin hal ini dilakukan tanpa Sobat Pintar sadari juga, sebab sifat kompetitif biasanya timbul di diri setiap orang, ketika mereka tengah bersosialisasi.

Daripada terus membandingkan diri dengan pencapaian orang lain, lebih baik Sobat Pintar fokus terhadap mimpi-mimpi yang ingin diraih untuk masa depan lebih baik. Latihlah kemampuan yang Sobat Pintar miliki agar semakin meningkat dan bisa menjangkau banyak orang lagi nantinya. 

Dengan begitu, Sobat Pintar akan menjalani hidup dengan senang hati, tanpa ada beban yang terus menjalar di pikiran.

3. Jadikan Kritikan Orang Sebagai Bentuk Peningkatan pada Diri Sendiri

Di dalam kehidupan, Sobat Pintar tidak selamanya mampu membuat orang lain bahagia. Adakalanya seseorang tidak sependapat dan melontarkan kritikan terhadap perspektif Sobat Pintar tersebut.

Tak perlu gundah, hal ini sudah biasa terjadi dan setiap orang pasti sudah mengalaminya. Sobat Pintar hanya perlu menyaring setiap kritikan atau pendapat yang orang lain berikan. Caranya dengan membuang dan tidak memasukkan ke dalam pikiran setiap kritik yang menjatuhkan, dan menerima setiap kritikan yang mampu membangun diri Sobat Pintar menjadi lebih meningkat lagi.

Saat terlalu fokus terhadap kritikan banyak orang, Sobat Pintar akan mengalami banyak pikiran hingga kerusakan mental yang terjadi. Daripada terjadi hal demikian, lebih baik fokus saja terhadap pencapaian sendiri, dan abaikan setiap kritikan yang bersifat menjatuhkan.

4. Ingatlah Bahwa Tidak Ada Manusia Sempurna di Dunia Ini

Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak perlu merasa rendah diri, saat bertemu dengan orang-orang yang lebih terlihat bersinar. Sebab, Sobat Pintar pasti memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang-orang tersebut.

Apabila melakukan suatu kesalahan, tidak perlu panik. Perbaiki kesalahan yang Sobat Pintar lakukan dan hiduplah dengan pikiran positif, serta menikmati setiap momen dalam hidup dengan bahagia.

Selain itu, tak banyak yang tahu bahwa ketika Sobat Pintar mampu belajar dan tumbuh dari kesalahan, maka Sobat Pintar akan menjadi seorang pribadi yang lebih bijaksana.

5. Berteman dengan Orang-orang yang Mampu Beri Pengaruh Baik

Cara menerapkan rasa cinta terhadap diri sendiri selanjutnya adalah dengan memilih pergaulan agar bisa bertemu dengan orang-orang yang mampu memberikan pengaruh baik. Perlu diketahui, saat kamu berada di lingkungan toxic, maka akan sulit untuk bisa mencintai diri sendiri.

Lebih baik Sobat Pintar keluar dari lingkungan toxic itu, kemudian memulai hidup baru di lingkungan yang mampu memberikan pengaruh positif. Sehingga, Sobat Pintar akan bertemu dengan orang-orang yang mampu memberikan pengaruh baik dan memunculkan rasa cinta terhadap diri sendiri di dalam diri sendiri.

6. Menjaga Kesehatan Tubuh

Tak hanya soal menerima diri sendiri, rasa cinta terhadap diri sendiri dapat diterapkan dengan menjaga kesehatan tubuh yang Sobat Pintar miliki.

Berikan reward kepada diri Sobat Pintar sendiri dengan berolahraga secara teratur, konsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang, serta beristirahat dengan cukup. Jangan sampai merusak tubuh dengan merokok, konsumsi junk food berlebihan, hingga konsumsi alkohol, ya.

Beberapa manfaat self love di atas bisa Sobat Pintar peroleh, tatkala berhasil menerapkan semua cara-caranya. Oleh karena itu, pastikan diri Sobat Pintar untuk mulai mencintai diri sendiri dan menerima segala kekurangan yang dimiliki. Hiduplah dengan bahagia dan tenang atas segala pencapaian yang telah didapatkan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk