Apa Itu Self Esteem ? Simak 7 Cara Untuk Meningkatkannya

15 Jun 2021 by kreditpintar
Apa Itu Self Esteem ? Simak 7 Cara Untuk Meningkatkannya

Apa itu self esteem? Di dalam psikologi, self-esteem merupakan istilah penghargaan diri yang menggambarkan tentang penilaian kepada diri sendiri. Penghargaan diri seperti ini pada umumnya meliputi bagaimana seseorang tersebut mengapresiasi, menyukai, menghargai dan juga percaya dengan diri sendiri yang hal tersebut dapat dilihat jelas pada perilaku, sikap dan juga emosi. Self esteem juga kerap kali dianggap menjadi ciri kepribadian yang cenderung bertahan lambat dan juga stabil. 

Dapat dikatakan jika penghargaan diri ini mempunyai peranan penting pada kehidupan setiap masing-masing individu. Ketika seseorang menganggap dirinya rendah atau low self esteem, maka seseorang tersebut merasa tidak memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu dalam pengembangan diri mereka. Menilai dirinya rendah juga memberikan pengaruh yang sangat besar bagi hidup karena tidak mempunyai motivasi.

Faktor yang Mempengaruhi Self Esteem

Perlu Sobat Pintar ketahui jika penghargaan diri ini bukan hanya bisa membentuk karakter, tapi faktor genetik juga bisa menjadi basis penghargaan diri. Pada umumnya ketika seseorang kerap kali menerima sebuah kritikan ataupun penilaian negatif berlebihan yang berasal dari orang terdekat terlebih keluarga sendiri. 

Maka orang tersebut cenderung memiliki penghargaan diri yang cukup rendah. Untuk itu Sobat Pintar harus mengetahui faktor pemicu beserta cara meningkatkan pun bisa dilakukan agar tidak salah langkah.

Setelah tahu apa itu self esteem, maka di bawah ini adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi:

  1. Faktor yang mempengaruhi penghargaan diri bisa terjadi karena pola pikir, persepsi dan juga alam bawah sadar.
  2. Dapat pula dipengaruhi oleh usia.
  3. Dipengaruhi karena adanya keterbatasan fisik.
  4. Dipengaruhi dengan adanya penyakit yang diderita.
  5. Faktor pekerjaan.
  6. Faktor opini yang didapatkan dari media massa.
  7. Adanya faktor lingkungan.

Cara Meningkatkan Self Esteem

1. Kurangi Sifat Perfeksionis

Untuk meningkatkan penghargaan diri maka harus bisa mengurangi sifat perfeksionis. Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan dan hal itu membuktikan jika manusia tidak ada yang sempurna di dunia ini. Ketika Sobat Pintar memiliki sifat cenderung perfeksionis, maka Sobat Pintar harus bisa mulai menerima ketidaksempurnaan yang ada di dalam diri Sobat Pintar.

Jangan pernah hanya mengakui prestasi yang dicapai tapi juga harus melihat bagaimana kesalahan yang telah diperbuat sebelumnya. Dengan cara tersebut, Sobat Pintar secara otomatis bisa mempertahankan pikiran positif yang diiringi dengan selalu belajar dalam mengembangkan diri.

2. Berbicara Hal Positif Kepada Diri Sendiri

Seperti yang telah disebutkan di atas jika pikiran menjadi faktor pemicu, sehingga cara meningkatkan ialah harus bisa berbicara hal positif kepada diri sendiri. Self talk memang dapat mempengaruhi penghargaan diri. Pastikan untuk selalu membicarakan hal positif sehingga pikiran negatif yang tengah Sobat Pintar alami tidak berlarut-larut.

Untuk cara bisa menghentikan pikiran negatif tersebut adalah dengan berkata stop atau berhenti. Sebab kata perintah seperti ini juga cukup ampuh untuk menghentikan pikiran buruk. Baru setelah itu, Sobat Pintar harus fokus kepada hal-hal yang memotivasi diri.

3. Tidak Membandingkan Dengan Orang Lain

Jika mampu memahami apa itu self esteem, maka Sobat Pintar tidak akan pernah membandingkan diri dengan orang lain. Hal tersebut malah membuat tidak bisa menghargai diri sendiri dan selalu beranggapan jika orang lain lebih baik dibanding Sobat Pintar. Menghargai diri sendiri tidak hanya dapat membantu agar lebih unggul dengan orang, tapi Sobat Pintar juga akan selalu menerima apapun yang terjadi kemudian fokus untuk mengembangkan diri sendiri agar lebih baik.

Daripada membandingkan diri dengan orang lain, lebih baik membandingkan diri Sobat Pintar pada saat ini dengan diri Sobat Pintar yang ada di masa lalu. Ketika Sobat Pintar merasa terdapat hal yang wajib untuk diperbaiki, maka segeralah untuk memperbaikinya.

4. Lakukan Hal-hal yang Membuat Senang

Melakukan beberapa hal yang sangat disukai secara otomatis akan membuat jauh lebih termotivasi dan bisa berpikir positif. Jadi, pastikanlah untuk selalu memikirkan hal-hal yang membuat Sobat Pintar senang seperti memasak makanan favorit, membaca buku ataupun melakukan hobi lainnya. Dengan bisa menyisihkan waktu untuk melakukan hal positif, pastinya hal itu akan memberikan dampak yang positif untuk penghargaan diri.

5. Hindari Lingkungan Toxic

Lingkungan merupakan faktor yang mempengaruhi, untuk itu cara memperbaiki ialah dengan menghindari lingkungan toxic. Lingkungan seperti ini memang tidak sehat untuk kehidupan serta perkembangan diri sendiri, karena akan membuat seseorang lebih mudah menimbulkan perasaan negatif kepada orang lain dan juga diri sendiri.

Ini tidak hanya ada di lingkup pertemanan, tapi juga berada pada lingkungan kerja, lingkungan disekitar rumah dan juga keluarga sekalipun. Ciri-ciri dari seseorang yang mengalami hal tersebut akan mudah merasa takut, rasa marah yang tidak stabil serta cukup enggan melakukan interaksi dengan orang yang ada di lingkungan tersebut.

Pada intinya, lingkungan yang toxic tentu akan menjadikan seseorang sulit mencintai dirinya sendiri. Menghindari lingkungan tersebut sangat disarankan demi kesehatan fisik dan juga mental. Alangkah baiknya jika mendekatkan diri dengan orang-orang yang selalu mendukung apa yang anda lakukan sehingga bisa menghargai diri sendiri.

6. Mengembangkan Self-Care

Dengan menerapkan self care bukan berarti jika Sobat Pintar harus berfoya-foya. Karena banyak hal positif yang dapat dilakukan agar bisa merawat diri tanpa mengeluarkan budget banyak. Efek yang ditimbulkan pun cukup sama, yaitu bisa meningkatkan kesehatan fisik, kesehatan mental dan juga emosional bisa menjadi lebih stabil.

Ketika suasana hati meningkat dengan bagus maka kecemasan akan berkurang, maka hubungan dengan orang-orang di sekitar pun bisa berjalan dengan baik. Bisa dikatakan self care ini merupakan cara ampuh untuk bisa mencintai diri sendiri.

Melakukan kegiatan sederhana seperti menjalani hidup yang sehat, menghabiskan waktu bersama dengan orang tersayang, serta istirahat yang cukup. Hal seperti ini memang sangat bagus untuk kesehatan mental.

7. Atasi Kegagalan dengan Cara Positif

Mencoba untuk keluar zona nyaman memang tidak akan bisa menjamin kesuksesan. Tapi perlu Sobat Pintar ketahui kegagalan juga merupakan langkah awal dari proses untuk bisa menemukan hal yang baru. Tapi pada saat mengalami kegagalan harus bisa mengatasinya dengan cara positif.

Melakukan kesalahan merupakan hal yang lumrah ketika sudah mau keluar dari zona nyaman. Tapi yang paling penting adalah jangan pernah merasa jika kegagalan tersebut adalah karena ada yang kurang dari Sobat Pintar. Ataupun terlalu berlarut-larut dalam hal tersebut. Pastikan untuk selalu berusaha jauh lebih optimis serta mencari peluang lain agar bisa membuat situasi saat ini menjadi lebih baik. Mengambil pelajaran pada setiap kegagalan yang didapat akan membuat Sobat Pintar semakin kuat ketika menjalani kehidupan selanjutnya. Hal ini tentu dapat meningkatkan self esteem.

Hal ini menjadi salah satu hal penting karena menjadi penentu kesuksesan ketika menjalani hidup. Ketika ingin menjalani kehidupan yang jauh lebih baik, cara meningkatkan penghargaan diri harus dilakukan. Dengan adanya penjelasan di atas, pastinya Sobat Pintar sudah paham betul tentang apa itu self esteem. Sehingga Sobat Pintar dapat segera melakukan cara untuk selalu berpikiran positif.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk