Mengenal Apa Itu KYC dan 4 Manfaatnya Dalam Teknologi Keuangan

19 Oct 2021 by Rindang Maulidia

KYC atau Know Your Customer merupakan salah satu teknologi penting bagi setiap perusahaan yang bergerak dalam industri keuangan. Jika Sobat Pintar ingin mengetahui apa itu KYC, sebenarnya bisa melihat dari syarat perusahaan perbankan yang mengharuskan calon nasabah melakukan proses identifikasi terlebih dulu saat ingin membuka rekening atau mengajukan pinjaman secara online. 

Penerapan teknologi KYC ini merupakan kewajiban yang telah diatur oleh pemerintah bagi setiap institusi perbankan di Indonesia. Peraturan ini tertuang dalam Ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 12/POJK.01/2017, yang diubah dengan POJK No.23/POJK/01/2019. 

Baca juga: Mengenal Apa Itu Inklusi Keuangan

Nah, selain karena kewajiban tersebut, mengapa banyak layanan dan produk keuangan di Indonesia menerapkan proses KYC ini dan apa manfaat penerapan teknologi tersebut lainnya? Sobat Pintar bisa temukan jawabannya dalam artikel berikut ini. 

Apa itu kyc dan manfaatnya dalam teknologi keuangan? KYC, atau Know Your Customer adalah salah satu cara menjaga keamanan. Baca selengkapnya

Apa Itu KYC

KYC merupakan sebuah aturan yang diterapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan di Indonesia sebagai cara untuk mengetahui identitas nasabah. Penerapan KYC dalam alur pendaftaran nasabah adalah hal yang wajib diimplementasikan oleh institusi jasa keuangan untuk memastikan bahwa akun yang dibuat oleh nasabah bukanlah akun palsu maupun akun yang dibuat dengan identitas palsu.

Selain itu, KYC juga diterapkan sebagai salah satu cara untuk mencegah terjadinya pencucian uang, korupsi, dan untuk memastikan keamanan pengguna dengan baik. Dalam teknologi keuangan, segala proses pendaftaran berjalan dengan memanfaatkan KYC.

Apabila sebuah produk atau layanan teknologi keuangan tidak menggunakan fitur KYC, besar kemungkinan adanya berbagai kejadian merugikan disebabkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Seperti Apa Cara Kerja KYC

Apabila Sobat Pintar belum bisa membayangkan KYC, inilah gambaran sederhananya.

Saat pertama kali membuat rekening di suatu bank, tentunya Sobat Pintar harus menemui karyawan CS dari bank terkait untuk melakukan pengisian data diri, foto wajah, dan penyalinan data KTP. 

Proses pendaftaran tersebut merupakan salah satu metode KYC yang cukup umum. Dalam produk maupun layanan yang tergolong dalam teknologi keuangan, umumnya tersedia berbagai macam metode KYC, sebagai berikut:

  1. Upload dokumen identitas diri, seperti e-KTP
  2. Membuat janji pertemuan langsung dengan perwakilan terkait
  3. Melakukan video call
  4. Memeriksa berbagai variabel yang berkaitan dengan penggunaan produk atau layanan teknologi keuangan, misalnya, pendapatan per bulan.

Baca juga: 4 Cara Customer Service Kredit Pintar Bantu Nasabah

Manfaat KYC

Ada banyak manfaat apabila institusi keuangan mengimplementasikan teknologi KYC. Berikut ini adalah detailnya yang bisa Sobat Pintar ketahui:

  1. Sebagai akses bagi lembaga keuangan untuk mengetahui dan memahami para nasabah dan perantara perusahaan.
  2. Mempermudah fungsi pengawasan kegiatan yang dilakukan oleh lembaga keuangan.
  3. Sebagai salah satu cara untuk mencegah terjadinya tindakan korupsi dan pencucian uang.
  4. Mempercepat proses verifikasi pengguna.

Penerapan KYC Dalam Aplikasi Kredit Pintar

Apa itu KYC dalam Kredit Pintar? Sebagai aplikasi pinjaman dana online, Kredit Pintar juga tergolong sebagai teknologi finansial di bidang pembiayaan.

Sebagai perusahaan yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK, Kredit Pintar menerapkan KYC bagi para penggunanya agar proses pengajuan pinjaman bisa berlangsung dengan aman dan nyaman.

Metode KYC yang digunakan oleh aplikasi Kredit Pintar adalah berupa proses upload foto e KTP, pengisian data diri, dan selfie dengan menggunakan KTP.

Dengan penerapan KYC dalam pendaftaran akun dan proses pengajuan pinjaman di Kredit Pintar, Sobat Pintar tidak perlu lagi meragukan keamanan yang terdapat dalam aplikasi Kredit Pintar.

Baca juga: 3 Alasan Kredit Pintar Jadi Fintech P2P Lending Aman

Untuk itu, gunakanlah aplikasi Kredit Pintar yang tersedia di Play Store apabila Sobat Pintar ingin mengajukan pinjaman dana untuk kebutuhan secara online, aman, dan praktis.

Aplikasi Kredit Pintar telah tersedia di Play Store dan dapat diakses di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan mengetahui apa itu KYC dalam pembahasan artikel ini, semoga sekarang Sobat Pintar bisa mengenal manfaatnya dengan lebih mendalam.


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

19 Oct 2021
mobile-closeKredit PintarDownload