Alat Pembayaran Non Tunai Terbaik untuk Anda!

04 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 05 Nov 2021

Sejak mengalami perkembangan zaman, segala sesuatu berubah menjadi semakin mudah. Tidak terkecuali dengan alat pembayaran. Seiring berjalannya waktu alat pembayaran semakin beragam, dan alat pembayaran yang saat ini digemari banyak orang adalah alat pembayaran non tunai terbaik.

Alat pembayaran non tunai adalah alat pembayaran yang tidak melibatkan uang secara fisik, melainkan hanya melalui pengiriman saldo uang dari akun rekening orang yang membayar ke rekening penerima. 

Alat pembayaran non tunai menjadi alternatif pembayaran yang disukai banyak orang karena kemudahannya tidak perlu membawa-bawa uang kertas yang berlembar-lembar. Sebuah kartu atau ponsel sudah dapat digunakan untuk melakukan beragam pembayaran dengan beragam nominal.

Baca juga: 5 Tujuan Rekonsiliasi Bank Bagi Perusahaan

Selain dikenal dengan kemudahannya, alat pembayaran non tunai juga memberikan banyak manfaat lainnya. Yuk, simak kemudahan alat pembayaran non tunai yang dapat Anda nikmati berikut!

Praktis dan Efisien untuk Berbagai Transaksi

Alasan utama alat pembayaran non tunai dipilih sebagai alat transaksi adalah untuk kepraktisan dan efisiensinya. Penggunaannya yang tidak mengharuskan pengguna membawa-bawa berlembar-lembar uang tunai terutama dalam jumlah yang banyak menjadikannya sangat praktis dan efisien.

Ketika akan membeli sesuatu dengan harga yang cukup mahal, kita tidak perlu menenteng segepok uang. Hanya sebuah kartu, atau bahkan sebuah barcode pada layar ponsel, sudah cukup untuk membayar tagihan kita. Kita juga tidak perlu repot menghitung uang yang akan dibayarkan, karena kita dapat dengan mudah menentukan nominal yang akan dikeluarkan dengan menuliskannya.

Dapat Menghindari Tindak Kejahatan

Apakah Anda sering merasa was-was ketika membawa sedang membawa uang banyak, misalnya untuk membeli atau membayar sesuatu dengan nominal yang besar? Kecemasan ini tentu menjadi bagian dari ketidaknyamanan kita ketika harus melakukan suatu transaksi yang melibatkan nominal besar. Anda akan terus merasa tidak aman dengan membawa-bawa tas berisi banyak uang untuk membeli sesuatu yang mahal.

Baca juga: Flashback untuk Membuat Laporan Keuangan Pribadi di 2020, Yuk!

Permasalahan tersebut lah yang berusaha diselesaikan dengan adanya alat pembayaran non tunai sebagai pengganti alat transaksi tunai. Anda dapat dengan mudah menghindari kejahatan karena tidak terlihat membawa banyak uang. Anda tidak lagi perlu merasa was-was membawa banyak uang karena transaksi dengan nominal sebesar apa pun dapat Anda lakukan dengan alat pembayaran yang sama.

Penyimpanan yang Aman

Salah satu contoh fungsi lain yang dapat Anda manfaatkan selain pembayaran yang mudah dan dapat menghindari kejahatan, alat pembayaran non tunai juga memiliki penyimpanan yang lebih aman. Uang para penggunanya menjadi lebih aman karena mereka tidak lagi perlu menyimpan uang mereka yang banyak dalam bentuk fisik. Uang Anda dijamin lebih aman pada saat disimpan oleh Bank atau institusi lain yang menyediakan jasa alat pembayaran non tunai.

Hal ini berkaitan juga dengan poin sebelumnya mengenai menghindari tindak kejahatan. Tanpa terlihat memiliki atau membawa-bawa banyak uang tentu kecil kemungkinan ada oknum yang akan mengincar uang milik kita. Terlebih, tidak mudah untuk mengambil uang yang tersimpan dalam alat pembayaran non tunai. Hanya si pemilik lah yang dapat mengambil dan menggunakan uang tersebut.

Mereka cukup menyimpan bukti yang dapat mereka gunakan sebagai claim uang mereka. Mulai dari akun pada aplikasi di ponsel mereka, kartu debit, cek, dan jenis alat pembayaran non tunai lainnya.

Pencatatan Transaksi yang Lebih Rapi

Pernahkah Anda merasa kesulitan untuk mencatat pengeluaran Anda? Atau kesulitan saat mengingat berapa banyak uang tunai Anda yang tersisa setelah membeli berbagai barang? Anda tidak lagi perlu mengkhawatirkan ini ketika menggunakan alat pembayaran non tunai terbaik.

Alat pembayaran non tunai tidak lagi mengharuskan Anda untuk mencatat setiap kali Anda melakukan transaksi, karena transaksi-transaksi Anda tentu sudah tercatat secara otomatis pada akun Anda. Anda dapat mengecek sisa uang Anda melalui perangkat Anda—terutama untuk alat pembayaran non tunai yang memfasilitasi penggunanya mengecek saldo melalui gadget mereka—dengan mudah tanpa repot berhitung. Ini adalah kelebihan lain dari pembayaran non tunai dibandingkan dengan tunai.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Inklusi Keuangan

Ketika menggunakan uang tunai, Anda harus menghitung sendiri untuk setiap uang keluar masuk ke kantong Anda. Berbeda dengan menggunakan alat pembayaran non tunai, Anda tidak lagi perlu menghitung-hitung jumlah sisa uang Anda. Sisa uang Anda secara otomatis sudah terhitung. Saldo Anda akan tereduksi secara otomatis ketika Anda melakukan transaksi, tanpa repot-repot melakukan perhitungan yang berujung membuat sakit kepala.

Beragam Diskon dan Promo yang Ditawarkan

Keunggulan lain yang ditawarkan dari alat pembayaran non tunai adalah banyaknya diskon dan promo yang ditawarkan. Berbagai penyedia alat pembayaran non tunai banyak menawarkan berbagai diskon dan promo untuk membuat para pengguna tertarik dengan produk mereka. Keuntungan ini jelas hanya didapatkan bagi para pengguna alat pembayaran non tunai, karena hanya para pemegang alat pembayaran tersebut lah yang dapat menikmati diskon-diskon dan promo yang diberikan.

Dapat Digunakan di Berbagai Tempat

Alat pembayaran non tunai adalah alat pembayaran yang sangat fleksibel, dapat digunakan di mana saja dan untuk membayar apa saja. Salah satu contoh alat pembayaran non tunai yang populer adalah m-banking dan e-wallet. Dengan menggunakan kedua metode pembayaran non tunai tersebut saja sudah sangat banyak, mulai dari tagihan listrik, internet, pulsa, air, hingga asuransi.

Belum lagi saat ini banyak tempat yang saat ini sudah menerima beragam pembayaran non tunai. Hal ini menjadikan alat pembayaran tunai memiliki jangkauan yang semakin luas. Semakin mudah bagi para pengguna alat pembayaran non tunai untuk melakukan transaksi.

Membayar Tagihan Tanpa Harus Ribet

Inilah keuntungan yang sangat disukai banyak orang: bayar tagihan anti ribet, sebab Anda tidak lagi perlu pergi jauh-jauh ke konter pembayaran hanya untuk melunasi tagihan. Beragam alat pembayaran non tunai saat ini, seperti e-wallet dan m-banking, sudah mendukung untuk melakukan pembayaran berbagai macam jenis tagihan. Mulai dari tagihan listrik, internet, pulsa, air, asuransi, bahkan cicilan pinjaman online milik Anda.

Baca juga: Transaksi Lebih Mudah dengan Cashless

Salah satu cicilan pinjaman online yang dapat Anda bayar dengan menggunakan alat pembayaran non tunai yaitu Kredit Pintar. Anda tidak perlu repot keluar dari rumah untuk membayar cicilan yang jatuh tempo. Hanya melalui m-banking di ponsel pintar Anda, Anda sudah dapat melunasi cicilan Anda. Kredit Pintar berusaha memberikan yang terbaik bagi para peminjamnya.

Kesimpulan

Bagi Anda yang masih merasa ragu-ragu untuk mulai beralih ke alat pembayaran non tunai, sebaiknya enyahkan perasaan tersebut. Lakukan segalanya lebih mudah dan praktis dengan menggunakan alat pembayaran non tunai terbaik anti repot. 

Dengan beragam keuntungan tersebut, Anda dapat merasakan berbagai manfaat yang tidak Anda temui sebelum menggunakan alat pembayaran non tunai.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

05 Nov 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download