Affiliate Marketing: Pengertian, Cara Kerja dan Tips

07 Oct 2021 by Laruan

Kehadiran teknologi tentu membawa angin segar pada berbagai aspek kehidupan. Di mana, memang saat ini semuanya lebih mudah jika mendapat bantuan dari kecanggihan teknologi. Saat ini, berbisnis pun semakin mudah dilakukan menggunakan internet. Bisa terhubung dengan pembeli di berbagai daerah dan bisa lebih mudah melakukan pemasaran. Tentu saja, pada bidang bisnis online ini pastinya kebanyakan orang sudah mengenal affiliate marketing

Affiliate Marketing: Pengertian, Cara Kerja dan Tips Agar Untung

Teknik marketing tersebut merupakan salah satu metode pemasaran digital. Di mana, Sobat Pintar akan dibayar ketika ada orang yang melakukan pembelian produk pada link promosi yang Sobat Pintar bagikan. Prinsip kerja dari metode ini adalah penjualan berbasis komisi. Jadi, nantinya Sobat Pintar tidak memiliki produk atau jasa yang akan dijual. Hanya saja, Sobat Pintar membantu orang untuk memasarkan atau mempromosikan barang dan jasanya. 

Cara Kerja Affiliate Marketing 

Cara kerja pemasaran yang berafiliasi sendiri cukuplah mudah, Sobat Pintar hanya perlu melakukan pendaftaran pada perusahaan yang memiliki program afiliasi. Nantinya, setelah terdaftar, maka Sobat Pintar bisa langsung saja mempromosikan barang atau jasa yang dijual di perusahaan tersebut. Di sini, Sobat Pintar bisa mempromosikannya melalui blog, instagram, twitter, facebook dan lain sebagainya. 

Biasanya, pada postingan promosi Sobat Pintar aka nada kode referral. Nantinya, kode ini akan dimasukkan oleh para pembeli yang tertarik dengan produk tersebut. Beberapa orang kadang memberikan diskon pada pembeli yang menggunakan kode referral-nya. 

Sementara, untuk Sobat Pintar sendiri akan mendapatkan komisi jika ada orang yang melakukan pembelian lewat kode referral atau link yang Sobat Pintar promosikan. Tentu saja cara kerja pemasaran yang berafiliasi sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. 

Belanja Makin Seru Dengan Promo Shopee 9.9 2021, Simak Selengkapnya di Sini

Sistem Pembayaran Affiliate Marketing 

Setelah berhasil menjual barang atau jasa, tentu pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah bagaimana sistem pembayarannya? Ternyata, metode transaksi yang satu ini memiliki beberapa sistem pembayaran. 

1. Pay Per Click 

Sistem pembayaran pertama yang bisa ditemukan di pemasaran yang berafiliasi adalah pay per click. Pada sistem pembayaran ini, Sobat Pintar harus bisa mengarahkan konsumen dari platform marketing affiliate, ke website merchant-nya. Nantinya, Sobat Pintar akan dibayar berdasarkan pada peningkatan web traffic. Semakin tinggi web traffic, maka semakin besar juga komisi yang akan didapatkan. 

2. Pay per sale 

Kemudian ada juga sistem pembayaran per sale. Sistem pembayaran ini nampaknya sudah tidak asing lagi bagi seluruh affiliate. Pada sistem pembayaran ini, perusahaan akan membayar affiliate sesuai dengan jumlah persentase dari harga penjualan produk yang sudah terjual. Di sini, Sobat Pintar harus mendapatkan perusahan atau merchant yang memang menjual barang siap kirim. Sehingga, bisa dengan mudah mendapatkan komisi. 

3. Pay per Lead 

Terakhir, ada jenis pembayaran per lead. Sistem pembayaran dalam pemasaran yang berafiliasi yang satu ini bisa dibilang paling kompleks di antara dua tadi. Di mana, pada sistem ini Sobat Pintar harus berhasil mengkonversi leads. Maksudnya adalah Sobat Pintar harus bisa mengajak konsumen untuk bisa mengunjungi website merchant.

Selain itu, juga harus membuat konsumen melakukan tindakan tertentu. Seperti misalnya melakukan pendaftaran sebagai anggota, berlangganan newsletter, sampai dengan mencoba salah satu promosi yang tersedia. Nantinya, jika konsumen melakukan salah satu tindakan tersebut, maka Sobat Pintar baru akan mendapatkan komisi. 

Beberapa Kelebihan Affiliate Marketing 

Sebenarnya, ada banyak sekali kelebihan yang bisa ditemukan dari metode pemasaran yang berafiliasi ini. Di mana, berbagai kelebihan tersebut bisa langsung dirasakan setelah mencobanya. Adapun beberapa kelebihan yang dimaksud di sini adalah sebagai berikut. 

1. Bisa Menjadi Passive Income 

Penghasilan pasif atau biasa disebut dengan istilah passive income sering dicari oleh banyak orang. Sebab, passive income ini bisa menjadi tabungan saat dalam keadaan darurat. Biasanya, passive income banyak berasal dari kontrakan. Namun, Sobat Pintar juga perlu tau bahwa metode pemasaran affiliate bisa menjadi passive income. Di mana, dengan hanya satu postingan saja, Sobat Pintar bisa mendapatkan uang. 

2. Prosesnya Mudah 

Kelebihan lain yang bisa ditemukan dari pemasaran yang berafiliasi adalah prosesnya sangat mudah. Meskipun memang setiap syarat yang diberikan perusahaan berbeda-beda, tapi kebanyakan memang mudah untuk dipenuhi. Sobat Pintar hanya perlu melakukan pendaftaran dan langsung mempromosikan barang dan jasa dari perusahaan tersebut saja. 

3. Biaya Murah 

Loh kok ada biaya? Perlu Sobat Pintar ketahui bahwa ada dua jenis perusahaan penyedia program afiliasi. Pertama ada yang tidak memberikan syarat untuk membeli produk terlebih dahulu, kedua ada yang mengharuskan affiliate melakukan pembelian produk ketika mendaftar. Nah, meskipun nanti diharuskan untuk membeli produknya, tetapi biasanya harganya tidak terlalu mahal. 

4. Jam Kerja Fleksibel 

Di zaman seperti ini banyak orang yang ingin mendapatkan uang, tetapi dengan syarat pekerjaannya tidak susah. pemasaran yang berafiliasi bisa menjadi pilihan yang tepat. Sobat Pintar bisa melakukan pemasaran di mana saja dan kapan saja tanpa adanya batasan waktu. Tidak ada jam kerja tetap untuk menjadi seorang affiliate. Hanya saja memang perlu rajin mempromosikan barang atau jasa untuk bisa mendapatkan uang. 

5. Tidak Terbatas Pada Satu Affiliate Marketing Saja

Beberapa orang pasti berpikir bahwa menjadi affiliate harus pada satu perusahaan saja. Tentu hal ini salah besar, Sobat Pintar bisa menjadi affiliate dari beberapa perusahaan, asal bisa disiplin. Maksudnya adalah bisa menyeimbangkan promosi antara dua perusahaan tersebut. 

Tips Menjadi Affiliate Marketing yang Sukses 

Untuk bisa menghasilkan banyak komisi dari pekerjaan ini, tentu saja tidak bisa asal-asalan. Maksudnya adalah tidak hanya mempromosikan barang atau jasa sekali saja. Harus beberapa kali dan disertai dengan caption yang menarik. Untuk Sobat Pintar yang masih bingung bagaimana cara menjadi pemasaran yang berafiliasi sukses, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan. 

1. Mengenal Target Konsumen 

Sangat penting bagi Sobat Pintar untuk mengenal target konsumen terlebih dahulu ketika akan mempromosikan suatu barang atau jasa. Sobat Pintar bisa menggolongkan konsumen berdasarkan minat mereka. Akan lebih baik jika Sobat Pintar menggolongkannya secara spesifik, sehingga bisa mempermudah untuk melakukan promosi. 

2. Menjadikannya Personal 

Tips pemasaran yang berafiliasi yang selanjutnya adalah dengan menjadikan barang atau jasa tersebut menjadi personal. Maksudnya adalah Sobat Pintar berbagi manfaat atau review kepada konsumen. Sehingga, promosi yang dilakukan terlihat natural dan konsumen pun bisa lebih tertarik. 

3. Menggunakan Banyak Source

Tips terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan banyak source. Source yang dimaksud adalah metode yang dipilih untuk memasarkan produk atau jasa tersebut. Akan lebih baik jika Sobat Pintar menggunakan lebih dari satu source. Tidak hanya melalui email campaign saja, tetapi juga bisa melalui blog, media sosial dan lain sebagainya. Lakukan dulu uji coba untuk mendapatkan strategi mana yang lebih tepat. 

Itulah beberapa hal mengenai pemasaran yang berafiliasi yang perlu Sobat Pintar ketahui. Selain memang tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, metode pemasaran ini juga bisa dilakukan di mana saja. Sehingga, akan cocok untuk dilakukan oleh berbagai kalangan. 

Jangan lupa untuk andalkan selalu Kredit Pintar sebagai solusi untuk segala kebutuhan finansialmu, Sobat Pintar!

Cari Tahu Fintech Resmi dari OJK, Agar Terhindar dari Penipuan Fintech Illegal

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload