Ada Dan di Mana NFT Marketplace ?

25 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 31 Jan 2022

Tahukah Anda, apa itu NFT? Baru-baru ini seorang pemuda asal Indonesia bernama Ghozali sedang menjadi perbincangan hangat di media sosial. Pasalnya dia berhasil memperoleh uang milyaran dari bisnis NFT marketplace (Non-Fungible Token). 

Ada Dan di Mana NFT Marketplace ?

Pemuda asal Semarang, Jawa Tengah tersebut mengunggah foto selfie-nya di NFT marketplace OpeanSea. Tanpa disangka-sangka banyak yang berminat sampai terjual puluhan juta rupiah. Berita seputar Ghozali mungkin terdengar luar biasa bagi sebagian besar orang tidak terkecuali Anda. 

Bagaimana bisa sebuah foto selfie terjual dengan harga sangat mahal dan apakah bisnis tersebut punya prospek cerah di masa depan? Dari pada Anda penasaran, langsung saja simak ulasan seputar bisnis NFT di sini.

Baca juga: 7 Aset Kripto yang Prospektif Dibeli pada 2022

Sebelum Cari Tahu NFT Marketplace, Sebenarnya Apa Itu NFT?

Non-Fungible Token atau lebih dikenal dengan istilah NFT merupakan aset digital yang bisa diperjualbelikan menggunakan teknologi blockchain dengan mata uang kripto. Blockchain sendiri ialah sistem penyimpanan data digital yang langsung terhubung dengan Bitcoin dan Cryptocurrency. 

Teknologi ini menjadi sistem yang luar biasa bagi para seniman yang berkecimpung di dunia digital. Jika jual beli benda fisik dan digital lainnya memiliki nilai yang sepadan maka tidak dengan NFT ini. Nilai jualnya di NFT marketplace seperti tidak sepadan, itulah mengapa aset digital seperti foto selfie dapat terjual dengan harga miliaran rupiah.

Jika Ghozali menjual foto selfie-nya dan berhasil mendapat profit yang sangat tinggi maka Anda patut mengetahui aset digital lain yang bisa menjadi NFT. Contohnya seperti lahan virtual, item game, musik, meme, akun media sosial, fashion virtual, hingga aksi olahraga. 

Beragam aset digital unik dan aneh tersebut selalu memiliki peminatnya sendiri. Maka tidak heran para kreator digital yang menjadikan karya mereka sebagai NFT berhasil meraup miliaran USD dalam sekali penjualan. 

Ada Dan di Mana NFT Marketplace ?

Baca juga: Apa itu Altcoin? Haruskah Anda Investasi di Mata Uang Kripto Ini?

Mengapa NFT Mahal dan Apa Saja NFT Termahal di Dunia?

Sebelum mengetahui apa saja NFT yang termahal di dunia, sebaiknya kita pahami juga alasan mengapa NFT mahal. Memang ada alasan tersendiri mengapa ada orang yang mau beli produk NFT yang mahal di NFT marketplace. Meskipun bagi masyarakat umum hal itu tidak masuk akal. 

Menurut executive director Yellow Umbrella Ventures di Amerika Serikat, NFT menciptakan suatu kelangkaan digital.  Ketika belum ada NFT, umumnya karya digital bisa tersedia dengan jumlah yang banyak dan hampir tak terbatas. NFT menjadikan sebuah karya digital dijual terbatas, tapi peminatnya tinggi.

Saat terjadi sebuah kelangkaan produk,maka  permintaan meningkat dan harga produk pun jadi naik. Tapi, tetap saja hal tersebut menjadi tanda tanya untuk sebagian orang yang belum mengetahui esensinya. Memang NFT bisa membuat pembeli berhak memiliki versi asli dari kreasi digital tersebut. 

NFT yang berisi otentifikasi bawaan bisa berfungsi menjadi bukti kepemilikan, layaknya sertifikat untuk bangunan. Alasan mahalnya produk NFT juga karena sindrom FOMO (Fear of Missing Out), yaitu ketika orang-orang takut ketinggalan. Karena pemain di NFT marketplace nantinya akan menjual kembali, maka mereka harus pintar-pintar menemukan momen dan strategi untuk jual beli NFT.

Sudah menjadi ciri khas NFT jika barang yang diperjualbelikan memiliki nilai yang tidak sepadan, bahkan ada yang harganya tidak masuk akal. Sebenarnya harga miliaran USD atau setara triliunan rupiah ini sudah menjadi hal yang biasa di NFT marketplace. 

Namun, kebanyakan orang yang asing dengan istilah NFT akan menganggapnya sebagai hal yang tidak masuk akal. NFT termahal di dunia seperti The Merge, Everydays: the First 5000 Days, HUMAN ONE, CryptoPunk #7523, dan lainnya.

E:\ADA APA YA ISINYA\KERJA KARYA\PEKERJAAN\KreeUP\Fastwork\Klien\Klien 1 Kredit Pintar Jakarta\NFT 1.jpg

Baca juga: Mengenal Litecoin, Salah Satu Pesaing Bitcoin

Bagaimana Cara Jual Beli di NFT Marketplace?

Setelah mengetahui apa itu NFT dan macam-macamnya, lalu bagaimana cara jual beli NFT itu sebenarnya? Sama halnya dengan jual beli mata uang kripto, NFT diperjualbelikan melalui platform khusus seperti OpenSea. 

OpenSea sendiri dikenal sebagai tempat jual beli atau NFT marketplace terbaik, platform ini semakin hype sejak popularitas foto selfie Ghozali. Simak ulasan cara jual beli NFT berikut ini!

  • Login ke platform khusus NFT seperti OpenSea melalui dompet MetaMask
  • Pilih Create
  • Kemudian masukkan NFT dari menu dropdown
  • Klik Create di bawah Create New Collection untuk mengunggah NFT Anda
  • Jangan lupa untuk melengkapi nama dan deskripsi NFT
  • Kemudian klik Save dan tunggu pesan konfirmasi
  • Jika Anda ingin membuat NFT baru, klik Add New Item di bawah ikon Collections
  • Upload NFT Anda dengan melengkapi informasi lainnya
  • Pilihlah transaksi melalui MetaMask lalu tunggu NFT disetujui oleh OpenSea
  • NFT milik Anda akan muncul dalam daftar jual beli jika sudah disetujui
  • Kemudian klik salah satu tautan karya Anda dan pilih jual
  • Tentukan harga karya dan ikuti petunjuk selanjutnya
  • Terakhir, NFT Anda sudah tersedia di OpenSea dan publik dapat mengaksesnya 

Di Mana Tempat untuk Jual Beli NFT?

Berikut ini adalah beberapa NFT marketplace terkenal untuk jual beli produk Non-Fungible Token.

1. OpenSea

OpenSea merupakan platform jual beli NFT yang paling populer dan terbesar di dunia untuk saat ini. Terhitung lebih dari 300.000 pengguna dengan NFT sejumlah 34 juta ada di platform ini seperti foto, video, dan lainnya. Penjual dan pembeli di OpenSea menggunakan mata uang kripto berjenis Ethereum saat sedang bertransaksi.

2. Rarible

Rarible ialah platform jual beli NFT berbasis komunitas di blockchain Ethereum (ETH). Platform ini cocok untuk pemula karena memiliki user interface yang sederhana. Selain melakukan jual beli, Anda bisa mencetak berbagai seni digital di Rarible.

3. SuperRare

SuperRare memungkinkan penjual dan pembeli mendapatkan aset digital berkualitas tinggi. User Interface dilengkapi dengan GIF dan lelang secara langsung. Jangan khawatir karena platform ini memungkinkan pengguna mendapat produk terbaik.

4. Nifty Gateway

Marketplace berikutnya untuk jual beli NFT adalah Nifty Gateway. Basis Nifty Gateway berada di New York sehingga jual beli menggunakan mata uang USD. Nifty Gateway memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk mengetahui jadwal rilis sebuah NFT.

5. Foundation

Foundation merupakan platform jual beli NFT yang memungkinkan penggunanya mencetak produk mereka. Banyak penjual terkenal yang berhasil memasarkan karyanya dan memperolah keuntungan ratusan USD.

Demikian informasi seputar apa itu NFT yang bisa menambah wawasan Anda seputar aset digital masa kini. Adanya NFT marketplace dapat menjadi tren bisnis masa kini dengan keuntungan menjanjikan jika Anda mampu mengelolanya. Namun, ingat bahwa setiap bisnis pasti memiliki risikonya sendiri-sendiri sehingga perlu pertimbangan matang sebelum memulainya. Akan lebih baik jika sebelum mencobanya, cari informasi dulu selengkap mungkin dan tidak hanya sekadar ikut tren.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
31 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download