9 Tips Menjadi Influencer Sukses dan Terkenal

26 Jul 2021 by Laruan

Di zaman serba digital, semua orang berlomba-lomba untuk meraih popularitas di dunia maya, salah satunya adalah dengan menjadi influencer. Selain terkenal, seorang influencer sukses bisa meraup puluhan juta dari sponsor dan iklan. Ada beberapa tips menjadi influencer yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk membentuk image dan menjadi populer.

9 Tips Menjadi Influencer Sukses dan Terkenal

Mau tahu apa saja?

  1. Temukan hal yang Sobat Pintar minati

Agar memudahkan karier influencer secara jangka panjang, sebaiknya Sobat Pintar membuat konten yang memang Sobat Pintar suka atau pahami. Sehingga, Sobat Pintar tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk belajar dari nol. 

Jika belum menemukan sesuatu yang Sobat Pintar suka, silakan lakukan riset terlebih dahulu. Baca buku, dengarkan musik, nonton film. Cari topik yang menurut Sobat Pintar menarik untuk diulas.

  1. Bangun ciri khas konten sebagai influencer

Hal yang membuat sebuah akun media sosial bisa dikenal khalayak luas adalah konten. Buatlah konten yang menghibur dan edukatif. Beberapa tema besar yang bisa Sobat Pintar pilih adalah travelling, kuliner, dan tutorial.

Tentukan apakah Sobat Pintar ingin mengangkat topik hot news (jumlah klik tinggi, tetapi booming di satu waktu) atau evergreen (jumlah klik sedang, tetapi konsisten).

  1. Jaga kualitas foto dan video

Tips menjadi influencer selanjutnya adalah memastikan kerapian feed semua media sosial Sobat Pintar, baik itu Instagram, Twitter, atau YouTube. Bisa dikatakan bahwa merapikan Instagram cukup menantang karena feed Instagram langsung menampilkan banyak foto.

Rapikan feed Sobat Pintar dengan cara mengunggah foto/video yang saling berkaitan. Selain itu, Sobat Pintar juga bisa mengatur warna foto senada agar feed enak dilihat.

  1. Gunakan business profile

Sobat Pintar dapat mengubah akun Instagram menjadi business profile dengan gratis. Selain terlihat lebih menjanjikan, dengan business profile Sobat Pintar bisa melihat data engagement secara menyeluruh. Data-data seperti jenis kelamin, jumlah komentar, dan jam berapa followers Sobat Pintar aktif tentu sangat bermanfaat untuk analisis bisnis. Pastikan Sobat Pintar menautkan link media sosial yang lain di Instagram.

  1. Lakukan tren terbaru

Tugas seorang pegiat media sosial adalah mampu berlari mengiringi laju zaman. Selalu lakukan tren terbaru, baik itu untuk konten maupun platform. Contohnya adalah podcast. Banyak yang mengatakan bahwa radio akan ketinggalan zaman. Namun, sekarang justru podcast (yang sebenarnya mirip penyiar radio) sedang naik daun. Banyak podcast dari influencer terkenal yang rutin meraih jutaan views.

  1. Jaga networking dan interaksi

Sobat Pintar harus rajin berkomunikasi dengan penonton dan followers untuk menjaga hubungan. Eksekusi tips menjadi influencer ini bisa berwujud sesi Q&A, sharing pengalaman, atau sekadar menjawab pertanyaan followers di kolom komentar.

Selain itu, ada baiknya Sobat Pintar bergaul dan memperluas networking dengan sesama influencer. Salah satu caranya adalah melakukan siaran collab dengan influencer lain.

  1. Posting terjadwal

Jaga ritme postingan Sobat Pintar, jangan terlalu sering atau terlalu jarang. Publish postingan secara terjadwal pada jam yang sama. Namun ingat, meski sering upload, jangan sampai kualitas postingan Sobat Pintar menurun.

  1. Manfaatkan hashtags

Tulis banyak hashtags populer di komentar pertama postingan Instagram Sobat Pintar. Perlu diketahui bahwa Instagram sanggup mengakomodasi hingga 30 hashtags dalam satu komentar. Selain hashtags populer, Sobat Pintar juga bisa menulis hashtags pribadi agar followers bisa mencari Sobat Pintar di kolom pencarian.

  1. Bekerjasama dengan brand

Bisa dibilang ini merupakan tahap dimana seorang influencer mulai memetik hasil jerih payahnya. Jika sudah memiliki lebih dari 5 ribu followers, maka Sobat Pintar sudah bisa mulai mencari brand yang ingin bekerjasama. Mulailah dengan produk yang memang biasa Sobat Pintar pakai. Kenalkan diri pada mereka, jelaskan bahwa Sobat Pintar pengguna produknya sejak lama, dan ingin membuat konten dengan menampilkan mereka sebagai sponsor.

Perlu diingat bahwa influencer bukanlah sebuah pekerjaan instan. Izinkan diri Sobat Pintar untuk selalu belajar dan terapkan tips menjadi influencer secara bertahap. Asah terus kreativitas agar akun media sosial Sobat Pintar bisa menghasilkan konten-konten berkualitas untuk followers.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload