8 Tanda Kamu Punya Pola Pikir Dewasa

27 Aug 2021 by Laruan

Kalau sudah bicara soal umur atau usia, setiap orang akan bertambah setiap tahunnya. Hanya saja, setiap pertambahan usia, tidak semua orang punya pola pikir dewasa. Kedewasaan dalam pola pikir bisa terjadi atas pengaruh beberapa faktor. Seperti misalnya pengalaman masa lalu, atau memang karakter yang dimiliki seseorang.

8 Tanda Kamu Punya Pola Pikir Dewasa

Bahkan, lingkungan pun ternyata juga bisa mempengaruhi kedewasaan pola pikir seseorang. Pada dasarnya, seseorang dikatakan punya kedewasaan pola pikir adalah yang mampu mempertimbangkan dulu segala hal yang datang padanya. Dewasa bukan soal usia, namun bagaimana Sobat Pintar menyikapi segala hal yang terjadi di sekitar Sobat Pintar.

Bila Sobat Pintar bingung, memutuskan apakah sudah punya kedewasaan pola pikir atau belum sebetulnya ada tanda-tandanya. Biasanya, main dewasa konsep pola pikir seseorang maka akan makin disukai oleh orang-orang disekitarnya. Mau tahu apa saja tanda-tanda seseorang sudah punya pola pikir dewasa? Berikut ulasan selengkapnya

1. Menghargai Perbedaan

Semakin banyak pengalaman hidup yang dirasakan, biasanya orang akan makin paham, bila tidak semua orang itu sama. Setiap orang pasti punya bagian yang berbeda dengan orang lain. Seseorang yang belum punya kedewasaan cara berpikir, akan selalu menyalahkan orang lain yang tidak sependapat dengannya.

Sedangkan orang yang punya kedewasaan pola pikir justru akan lebih mudah menghargai perbedaan. Tidak boleh memaksakan kehendak orang lain harus sama dengan pemikiran diri sendiri. Sebab telah menyadari setiap orang pasti punya perbedaan. Perbedaan dianggap sebagai salah satu hal yang wajar.

2. Tidak Lagi Menghakimi Orang Lain

Apakah Sobat Pintar sudah mulai berhenti menghakimi orang lain? Jika memang begitu, bisa jadi Sobat Pintar memang sudah punya kedewasaan cara berpikir. Biasanya orang seperti ini sudah mulai menyadari jika tidak ada satu orang pun di dunia ini yang terlahir sempurna. Ketahuilah terlalu sering menghakimi orang lain bisa membuat hidup tidak bahagia. 

Sobat Pintar harus tahu jika ketenangan hidup hanya bisa didapatkan saat Sobat Pintar berhasil menerima kekurangan dan kelebihan orang lain. Kiatnya, berhenti mengatakan pada orang lain untuk melakukan segala sesuatu supaya masuk surga. Selain itu jangan pula Sobat Pintar menyuruh orang-orang untuk tidak melakukan ini itu agar selamat dari neraka.

3. Perbanyak Mendengarkan Dan Lebih Sedikit Bicara

Pernah menyadari maksud Tuhan memberikan manusia dua telinga dan satu mulut? Itu disebabkan karena manusia diciptakan untuk lebih banyak mendengar daripada bicara. Saat Sobat Pintar paham dengan konsep tersebut, bisa dikatakan punya pola pikir yang dewasa. Bertindak seperti itu juga membuat Sobat Pintar menjadi manusia berkualitas. 

Mengapa orang seperti itu dianggap berkualitas? Tentu saja, karena lebih banyak mendengar, jadi punya banyak literasi. Semua yang dikatakannya pasti punya bukti substansial, bukan hanya sekedar basa-basi saja. Orang yang lebih suka mendengar juga dianggap sebagai pribadi serius. Punya kepercayaan diri lebih tinggi daripada orang lain.

4. Berpikir Untuk Tidak Memaksakan Siapapun Untuk Mencintai 

8 Tanda Kamu Punya Pola Pikir Dewasa

Sobat Pintar masih suka sedih karena seseorang yang Sobat Pintar cinta tidak bisa membalas perasaan Sobat Pintar? Jika begitu, Sobat Pintar bisa dikatakan belum punya pikiran dewasa. Berhenti memaksakan orang lain untuk punya perasaan yang sama dengan Sobat Pintar. Cukup teruskan hidup seperti sedia kala, tanpa harus sedih yang berkepanjangan.

Yakinkan pada diri bahwa di luar sana mungkin saja ada lebih banyak orang yang menunggu Sobat Pintar. Punya perasaan yang sama dan punya peluang besar membalas perasaan Sobat Pintar tersebut. Jadikan moment patah hati adalah sesuatu hal yang wajar terjadi dalam kehidupan. Biasanya, insiden patah hati bisa menjadi jalan menuju kedewasaan seseorang.

Artikel terbaru: 6+ Cara Mendapatkan Dana Bantuan Pemerintah 2021 

5. Punya Pikiran Terbuka Jadi Tanda Kedewasaan

Ketika Sobat Pintar sudah mulai berpikir terbuka, bisa jadi sudah punya pola pikir dewasa. Sobat Pintar sudah mulai meninggalkan cara berpikir tertutup. Mulai membuka diri, jika ada orang lain yang menganggap jika pemikiran yang selama ini Sobat Pintar pegang adalah salah. Tanda lainnya Sobat Pintar mulai punya pikiran terbuka adalah berusaha tidak ikut dalam perdebatan.

Mengakui kesalahan yang Sobat Pintar lakukan juga merupakan tanda-tanda sudah punya pikiran dewasa. Belajar jika pendapat orang lain pun dapat dipakai untuk perbaikan diri. Bukan terus berkeyakinan hanya pikiran sendiri yang dianggap benar. Semua opini dari orang lain masih dianggap tidak sesuai. Jika itu yang Sobat Pintar lakukan, artinya Sobat Pintar belum punya pikiran dewasa.

6. Pola Pikir Yang Bisa Menerima Rasa Duka

Apa yang Sobat Pintar rasakan saat mengalami masa duka di hidup Sobat Pintar? Misalnya saat patah hati, saat orang yang dicintai meninggal, dan peristiwa menyedihkan lain ternyata terjadi? Apabila Sobat Pintar masih saja dirundung duka mendalam, berhari-hari sampai waktu yang lama, bisa jadi Sobat Pintar belum mencapai kedewasaan alur berpikir.

Lain ketika Sobat Pintar sudah punya kedewasaan pola pikir. Peristiwa sesedih apapun pasti bisa Sobat Pintar handle dengan baik. Sobat Pintar pasti sudah biasa menerima peristiwa yang terjadi pada fase hidup. Mau itu sesuatu yang sedih maupun bahagia pun, semua dapat disikapi dengan baik. Sedih atau bahagia boleh, tapi sesuai porsinya. 

7. Tidak Mengharapkan Kebahagiaan dari Orang Lain

Tanda jika seseorang sudah punya kedewasaan alur berpikir adalah merasa kebahagian hanya berasal dari dirinya sendiri. Apabila Sobat Pintar saat ini masih menggantungkan kebahagiaan pada orang lain termasuk yang paling dekat, artinya belum benar-benar punya pikiran dewasa. Seseorang yang sudah punya pikiran dewasa hanya menganggap kebaikan dari dirinya sendiri.

Sobat Pintar bisa bangun kebahagian dengan alur Sobat Pintar sendiri. Bukan tuntutan atau pemberian cuma-cuma dari orang lain. Sobat Pintar hanya perlu hidup dengan baik, berperilaku sewajarnya, sehingga akan berbuah manis pada diri Sobat Pintar sendiri. Dari sikap baik yang Sobat Pintar tunjukan tersebut, pasti makin banyak yang sayang dengan Sobat Pintar dan membuat bahagia di kehidupan ini.

Lebih Suka Diam Daripada Berdebat

Dalam kehidupan bermasyarakat pasti ada saja yang bisa menjadi bahan perdebatan. Dari mulai hal serius, sampai yang tidak penting bahkan cenderung omong kosong. Perhatikan diri Sobat Pintar sendiri, apakah masih suka ikut campur dalam perdebatan omong kosong tersebut? Apabila masih suka ikut, tandanya Sobat Pintar belum punya kedewasaan alur berpikir.

Saat Sobat Pintar punya pikiran dewasa, yang ada adalah Sobat Pintar lebih suka diam. Berdebat bukan aktivitas yang cocok untuk dilakukan. Terlebih jika lawan bicara sepertinya belum bisa mengerti dengan baik pesan yang ingin Sobat Pintar sampaikan sebenarnya. Daripada Sobat Pintar lelah sendiri, lebih baik diam, dan itu adalah tanda seseorang sudah punya pikiran dewasa.

Itu tadi beberapa tanda seseorang sudah punya pola pikir dewasa. Apakah Sobat Pintar sudah mengalami salah satunya? Dewasa memang tidak melihat usia seseorang. Jangan menjadikan usia sebagai alasan untuk belajar memahami hal-hal baru. Kedewasaan pola pikir akan membuat perubahan seseorang menjadi jauh lebih baik dan lebih tenang dari sebelumnya. 

Artikel terbaru: 3 Cara Dapat Uang 500rb Sehari: Direkomendasikan Oleh Kredit Pintar

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload