7 Ide Bisnis Tanpa Karyawan Berbekal Keahlian

05 Aug 2021 by Laruan

Bisnis memang menjadi sebuah aktivitas yang menantang. Terlebih jika hal tersebut dilakukan seorang diri. Namun tetap saja, berbagai ide bisnis tanpa karyawan masih terus mengalami peningkatan. 

 Ide Bisnis Tanpa Karyawan Berbekal Keahlian

Dengan keahlian yang cukup, bukan mustahil memang untuk menjalankan bisnis tanpa dilengkapi dengan rekan kerja atau karyawan. Bahkan hal ini memiliki kelebihan tersendiri, seperti dapat lebih menghemat pengeluaran dan memudahkan penyusunan anggaran. 

Ide Bisnis Tanpa Pegawai Tambahan

Jika Sobat Pintar tertarik untuk terjun dalam pekerjaan yang satu ini, berikut adalah tujuh ide bisnis tanpa karyawan yang bisa disesuaikan dengan keahlian.

1. Freelancer

Pekerja lepas sepertinya sudah mulai menjadi gaya hidup yang diterima oleh sebagian orang. Fleksibilitasnya membuat pekerja freelance memiliki kebebasan untuk mengatur aktivitas sehari-hari tanpa terkekang dengan aturan jam kerja. Namun tentu saja, dalam melakukan pekerjaan yang satu ini diperlukan kedisiplinan dan konsistensi dalam menjaga kepercayaan pelanggan. 

Terdapat banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan secara freelance. Keahlian yang bisa dimanfaatkan dalam pekerjaan ini seperti penulisan, desain grafis, pemasaran digital, dan masih banyak lagi. Satu hal penting sebelum memulai pekerjaan freelance adalah dengan menyusun portofolio agar pelanggan tertarik untuk menggunakan jasa pekerjaan yang ditawarkan. 

Tergabung dalam komunitas atau memiliki akun di platform pekerja lepas menjadi sarana terbaik untuk segera memperoleh reputasi. Dengan reputasi yang baik, pekerjaan akan lebih mudah dikenal karena kualitas jasa yang diberikan sudah terjamin.

2. Fotografer atau videografer

Keahlian memotret dan merekam video dapat dimanfaatkan sebagai salah satu ide bisnis tanpa karyawan yang menjanjikan. Pekerjaan ini bisa dilakukan secara mandiri dengan hampir tanpa bantuan orang lain. Foto dan video yang diambil dapat diunggah ke situs penjualan foto. Royalti dari setiap foto atau video yang terjual, bisa langsung masuk ke rekening. 

Namun tentu saja pekerjaan ini tidak terbatas pada hal tersebut. Jasa foto dan videografi bisa ditawarkan pada siapa saja, terutama ketika terdapat event-event tertentu yang memerlukan dokumentasi. Hasil foto yang diperoleh dapat dimasukkan ke dalam portofoilio pekerjaan untuk menarik pelanggan yang lebih banyak.

3. Instruktur olahraga atau personal trainer

Gaya hidup sehat yang semakin banyak dimintai tentu memberikan peluang tersendiri dalam membangun sebuah karier. Jika memiliki kemampuan dan pengetahuan di bidang olahraga dan kesehatan, maka pekerjaan sebagai instruktur olahraga atau personal trainer menjadi pilihan terbaik yang bisa dilakukan. 

Dengan menambah kapasitas pribadi melalui pelatihan hingga sertifikasi, pekerjaan yang satu ini dapat dikatakan memiliki masa depan yang cemerlang. Hal ini didukung dengan mulai meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menjalani gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga. Ditambah dengan seseorang yang ingin memulai program diet menurunkan berat badan yang membutuhkan seorang pelatih pribadi. Agar jasa yang ditawarkan bisa lebih cepat dikenal, promosi melalui berbagai dengan memanfaatkan media sosial dapat dilakukan.

4. Tutor atau guru les privat

Bagi yang menyukai dunia pendidikan, maka menjadi tutor atau guru les privat adalah pilihan terbaik sebagai salah satu ide bisnis tanpa karyawan yang bisa dipilih. Dengan memanfaatkan pengetahuan yang telah diperoleh, pekerjaan ini dapat memberikan penghasilan yang menjanjikan apabila ditekuni secara serius. 

Menjadi guru privat juga bisa dilakukan baik secara langsung dengan mendatangi rumah siswa, atau secara online. Terlebih dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini, tentu akan sangat membantu dan dapat dijadikan sebagai peluang dalam mewujudkan bisnis atau pekerjaan idaman. 

5. Content Writer atau Copywriter

Dunia penulisan memang tak pernah ketinggalan zaman. Bagi yang memiliki keahlian dalam merangkai kata, maka bisnis yang satu ini bisa dicoba. Dengan terus mengasah keahlian dan mencoba tantangan baru dalam menulis, pekerjaan sebagai penulis konten atau penulisan iklan menjadi kesempatan berpotensi mendatangkan cuan.

6. Katering rumahan

Khusus bagi yang memiliki hobi memasak, bisnis katering rumahan menjadi peluang yang sangat menjanjikan. Bermodal keahlian dalam meracik masakan, pekerjaan yang satu ini bisa dikembangkan, bahkan walaupun tanpa karyawan.

Menu yang disajikan juga bisa dikreasikan dengan melihat kebutuhan pasar. Promosikan juga bisnis tersebut ke rekan-rekan terdekat agar bisa lebih cepat diketahui. Minta juga ulasan terkait rasa dan tampilan masakan agar lebih meyakinkan pelanggan.

7. Konsultan bisnis

Seorang konsultan bisnis menjadi pekerjaan yang menarik untuk ditekuni, terlebih jika sudah memiliki pengalam mengelola bidang yang sama. Dengan kemampuan manajerial yang baik, seorang konsultan bisnis bisa memberikan arahan dan bimbingan terhadap pebisnis pemula.

Konsultan bisnis juga bisa mengajarkan tentang strategi dalam mengebangkan bisnis, tips iklan yang efektif dan lain sebagainya. Untuk memperluas jaringan, media sosial bisa dimanfaatkan untuk menarik pelanggan potensial yang berkeinginan untuk membangun bisnis. Pemberian testimonial atau referensi dari rekan kerja sebelumnya penting untuk disertakan agar calon pelanggan baru dapat lebih merasa yakin akan jasa yang ditawarkan. 

Dalam membangun bisnis, modal terkadang menjadi sebuah tantangan tersendiri. Pinjaman modal pun dapat dimanfaatkan untuk mendukung terwujudkan bisnis impian. Salah satu perusahaan terpercaya yang menyediakan pinjaman modal adalah Kredit Pintar yang merupakan perusahaan fintech berpengalaman yang siap membantu nasabah dengan berbagai layanan dan produknya. Kredit Pintar juga siap memberikan dana tunai cepat cair untuk segala macam keperluan, termasuk dalam mewujudkan ide bisnis tanpa karyawan agar dapat terus berkembang.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload